Skotlandia mendorong kembali larangan penjualan mobil bensin dan diesel baru hingga 2032

Pemerintah Skotlandia telah menunda tanggal kapan mobil bensin dan diesel baru akan dilarang dijual hingga tahun 2032.

Sekretaris energi Michael Matheson mengatakan kepada anggota parlemen di Holyrood hari ini bahwa para menteri khawatir tentang lambatnya kemajuan infrastruktur pengisian daya negara, ditambah dengan betapa mahalnya sekarang untuk menjalankan mobil listrik, mengingat harga listrik yang tinggi.

Seperti dilansir Autocar, rata-rata biaya pengisian cepat EV kini melonjak di atas bensin, dengan harga naik lebih dari 50% menjadi 70,32p per kWh hanya dalam delapan bulan.

Ini, The Times melaporkan, berarti target 2030 sebelumnya untuk menghapuskan kendaraan bertenaga pembakaran dianggap tidak layak.

Keputusan terbaru ini muncul sebagai bagian dari dokumen baru setebal 194 halaman yang menguraikan rencana dekarbon Skotlandia, yang mencakup dorongan pada energi terbarukan untuk menggerakkan negara sambil membuang bahan bakar fosil. Ini akan menciptakan ribuan pekerjaan di seluruh negeri, kata Matheson.

Berita tersebut bertentangan dengan tren di seluruh Inggris Raya, yang masih berfokus pada pelarangan penjualan mobil baru dengan pembakaran murni pada akhir dekade ini, karena mendorong target hukum untuk memotong gas rumah kaca menjadi nol bersih pada tahun 2050. Larangan plug-in dan full hybrid akan menyusul pada tahun 2035.

Undang-undang Uni Eropa yang baru, yang menjanjikan pengurangan emisi CO2 sebesar 100% dari mobil baru, secara efektif berarti negara-negara anggota juga akan mengikutinya pada tahun 2035 – meskipun beberapa negara, seperti Jerman, menolak untuk mendukungnya.

Pelarangan keseluruhan penjualan mobil bensin dan diesel baru, termasuk powertrain berbantuan hibrida, adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengurangi emisi pemanasan planet.

Menjelang pelarangan, peraturan emisi Euro 7 baru juga telah disusun untuk membuat mobil bertenaga pembakaran yang dirilis mulai Juli 2025 “sebersih mungkin”. Ini termasuk e-katalis baru yang dipanaskan dengan listrik untuk mengurangi emisi cold-start, dan pemantauan polutan utama secara langsung di kapal.

Tinggalkan komentar