July 14, 2024

Raksasa Cina BYD akan mulai menjual mobil listrik di Inggris dalam beberapa minggu mendatang, menyusul peluncuran ruang pamer pertamanya di negara tersebut.

Perusahaan tersebut telah bermitra dengan Arnold Clark, Lookers, LSH Auto dan Pendragon, dengan rangkaian awal dealer yang dijadwalkan diluncurkan di “wilayah kritis” pada akhir Maret.

Peluncuran di Inggris mewakili kembalinya BYD ke Inggris, setelah sebelumnya menjual crossover listrik e6 dalam volume terbatas – terutama untuk armada persewaan pribadi.

Ini adalah langkah selanjutnya dalam rencana ekspansi BYD di Eropa – mulai bergerak tahun lalu dengan peluncuran di Belgia, Denmark, Luksemburg, Swedia, Belanda, dan Norwegia – dan hadir saat perusahaan menargetkan empat juta penjualan pada tahun 2023.

Awalnya, hanya BYD Atto 3 yang akan dijual di Inggris. Model pertama yang menggunakan arsitektur e-Platform 3.0 baru perusahaan, crossover penggerak roda depan 201bhp adalah proposisi yang mirip dengan MG ZS EV, baik dalam ukuran maupun performa. Atto 3 menawarkan jangkauan 261 mil pada siklus gabungan WLTP, mengisi daya hingga 80kW dan dengan waktu 0-62mph 7,3 detik.

Energi disimpan dalam baterai lithium-besi-fosfat 60,5kWh (tidak mengandung kobalt) yang oleh BYD disebut Blade. Dikatakan 50% lebih padat energi daripada unit lithium ion konvensional, Baterai Blade telah dikembangkan untuk “menyelesaikan masalah keamanan baterai sekaligus mendefinisikan ulang standar keselamatan untuk seluruh industri”.

Pada peluncuran paket daya tahun lalu, BYD menunjukkan bagaimana ia dapat menahan penetrasi paku tanpa mengalami pelarian termal dengan cara yang sama seperti bahan kimia baterai yang lebih umum digunakan, sehingga mengurangi risiko kebakaran.

BYD telah mulai menawarkan baterai tersebut ke pabrikan lain, termasuk Toyota, yang akan menggunakannya di sedan bZ3 pasar Cina. BYD juga akan menggunakan baterai pada model dari merek mewah barunya, Yangwang.

Di Eropa, Atto 3 akan dijual bersama BYD Han, sedan eksekutif saingan Tesla Model 3, dan BYD Tang, SUV tujuh kursi yang telah ditawarkan dalam volume terbatas di Norwegia sejak Juli 2021. Han dan Tang tidak direncanakan untuk datang ke Inggris, meskipun BYD Seal baru, saingan Model 3 yang kompak, belum dikesampingkan.