July 18, 2024

Itu adalah akhir pekan yang baik bagi duo Ford Focus dari rekan setim NAPA Racing UK Dan Cammish dan Ash Sutton, karena pasangan itu masing-masing meraih kemenangan di putaran Thruxton BTCC dan mencetak finis satu-dua pertama untuk tim.

Itu berarti juara bertahan Sutton hanya terpaut enam poin dari pemimpin kejuaraan Colin Turkington dengan hanya enam balapan tersisa.

Cammish kembali ke atas

Setelah Cammish mengambil satu musim keluar dari BTCC tahun lalu, dia tidak cukup menikmati kesuksesan lari pertamanya di seri tetapi menempatkan semua itu di belakangnya dengan kemenangan light-to-flag di balapan pertama di Thruxton.

Ada banyak sekali drama di balik Cammish. Jake Hill, Sutton dan Josh Cook melakukan kontak ke chicane pertama sebelum lebih banyak cat bertukar kemudian di lap yang sama berarti Cook keluar dari pertarungan.

Tom Chilton dan Ricky Collard juga mengalami benturan pada lap pembuka, sehingga Honda Civic Type R milik Gordon Shedden muncul di posisi kedua. Sutton akhirnya berhasil menempati posisi ketiga, mendapatkan podium karir BTCC ke-60 dari hanya 199 start.

Cammish membiarkan Sutton lewat

Cammish kembali mendominasi balapan kedua dengan rekan setimnya Sutton mengikuti di belakangnya. Namun dengan kejuaraan yang dipertaruhkan, tim NAPA Racing memerintahkan para pembalap untuk berganti posisi dengan sisa dua lap. Shedden mengikuti mereka pulang di urutan ketiga.

Dalam sedikit simetri yang bagus, ini adalah balapan BTCC ke-200 Sutton dan ke-400 Shedden.

Usai balapan, Cammish dan Sutton jelas senang mengantongi poin berharga.

Seperti yang ditunjukkan Cammish: “Kami mendapatkan podium ganda pertama, jadi ini adalah awal yang baik untuk akhir pekan. Kami menjalani balapan kedua yang fantastis dengan start bagus lainnya. Kami memimpin dari depan dan saya tidak ragu kami akan membawa pulang itu, tetapi itu adalah pilihan yang tepat dan jika ini membuat perbedaan maka semuanya akan sepadan.”

Ash Sutton berkata: “Jika Anda membutuhkan rekan setim, maka Dan [Cammish] adalah orang untuk itu. Dia baru saja menunjukkan bahwa dia mendukung kampanye dan mudah-mudahan segera saya bisa membalas budi.”

Maestro Thruxton menyerang lagi

Ini statistik yang bagus untuk Anda – Josh Cook memiliki total 18 kemenangan balapan di BTCC, dengan 10 di antaranya datang di Thruxton setelah keberhasilannya di final reverse-grid.

Bukan berarti itu berlayar biasa baginya. Pembalap Honda Civic Type R harus melewati duo Tim BMW Turkington dan Stephen Jelley, tetapi dari sana tidak pernah melihat ke belakang, akhirnya menyelesaikan 2,6 detik yang mengesankan di depan Turkington yang berada di posisi kedua, dengan Jelley di posisi ketiga.