July 14, 2024

Dalam pengelolaan sebuah bisnis, branding menjadi sebuah strategi yang sangat penting untuk dilakukan. Branding adalah upaya untuk membangun sebuah citra bagi perusahaan atau brand di mata publik. Mari kenali lebih jauh apa sebenarnya branding itu dan bagaimana cara untuk melakukannya.

Pengertian dari Branding

Branding merupakan strategi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau pebisnis untuk mendapatkan citra positif di kalangan masyarakat. Terutama di kalangan target pasar yang menjadi jangkauan mereka. Melalui proses branding ini, perusahaan berharap bisa dikenal oleh lebih banyak orang dan produk mereka lebih mudah untuk diminati.

Branding juga bisa diartikan sebagai sebuah proses pencitraan melalui berbagai aktivitas promosi dan pemasaran sebuah produk. Melalui langkah ini, perusahaan juga berusaha untuk menunjukkan identitas mereka di hadapan publik. Mulai dari nama perusahaan hingga logo yang mereka gunakan.

Semakin kuat branding yang mereka miliki maka akan semakin bagus dan bisa memberikan efek positif bagi angka penjualan. Branding yang kuat akan membuat minat masyarakat juga tumbuh semakin besar. Pada akhirnya produk yang dipromosikan tadi akan lebih mudah dikenali dan dibeli oleh masyarakat.

Cara Melakukan Branding

Strategi branding ini harus dijalankan dengan tepat dan tidak boleh asal-asalan. Apalagi persaingan bisnis di zaman sekarang ini begitu ketat jadi sangatlah penting untuk melakukan branding secara efektif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat branding bisnis Anda:

1. Lakukan Riset Pasar dan Tentukan Target

Pertama-tama cobalah untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Branding hanya bisa berjalan dengan baik dan lancar apabila Anda memahami siapa target pasar yang ingin dijangkau. Jadi lakukan riset dulu dan tentukan siapa kelompok masyarakat yang paling sesuai dengan tujuan atau konsep bisnis.

2. Buatlah Nama dan Logo yang Menarik

Selanjutnya Anda bisa mulai membuat nama dan logo yang menarik. Kedua hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena nama dan logo adalah sarana branding yang utama. Bisnis Anda bisa dikenal baik oleh banyak orang jika memiliki nama dan logo yang menarik sekaligus terlihat unik.

3. Tentukan Ciri Khas dari Brand Anda

Selain membuat logo dan nama yang menarik, Anda juga harus menyusun sebuah ciri khas dari bisnis yang dijalankan. Anda harus bisa menciptakan ciri khas yang membuat bisnis tersebut bisa dikenal oleh banyak orang. Ciri khas inilah yang nantinya akan menempel kuat pada bisnis Anda dan membuatnya diminati oleh masyarakat luas.

4. Buatlah Strategi Campaign

Selanjutnya Anda bisa mulai menyusun strategi campaign untuk branding bisnis. Strategi campaign ini bisa menyesuaikan dengan target konsumen. Pastikan campaign yang dijalankan bisa menarik perhatian dan memang sesuai dengan tren pasar saat ini sehingga dapat lebih mudah meningkatkan perhatian publik terhadap bisnis Anda.

5. Manfaatkan Platform atau Media Sosial

Di zaman digital seperti sekarang, Anda sangat disarankan untuk melakukan branding lewat platform atau media sosial. Platform digital atau media sosial memiliki efektivitas yang tinggi dan bisa membantu bisnis Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Apalagi sekarang fitur yang ditawarkan juga semakin beragam dan benar-benar memfasilitasi para pelaku bisnis dalam melakukan branding.

Bagi Anda yang saat ini sedang menyusun rencana branding dan butuh tambahan modal usaha, langsung saja dapatkan di BFI Finance. Melalui BFI Finance, Anda bisa mendapatkan akses pinjaman modal usaha yang memadai. Prosesnya pun tidak sulit dan sudah terjamin aman sehingga bisa dipercaya.