July 14, 2024

Pelacakan bagian depan pengangkut mobil Cazoo Mercdes Sprinter

Cazoo akan kembali fokus pada operasinya di Inggris setelah keluar dari daratan Eropa

Cazoo telah mengumumkan akan menghentikan bisnisnya di daratan Eropa di tengah kekeringan keuangan

Pengecer mobil bekas online Cazoo menandai bahwa mereka mungkin perlu menarik diri dari operasinya di Eropa daratan pada bulan Agustus, tetapi masih mengejutkan mendengar perusahaan mengumumkan akan keluar dari pasar yang baru saja mulai berdagang.

Keputusan Cazoo untuk meninggalkan Jerman, Spanyol, Prancis dan Italia (dengan dua yang terakhir masih dalam konsultasi dengan karyawan) menggambarkan skala runtuhnya iklim investasi untuk pra-profit start-up.

Dan betapa demamnya sebelum keruntuhan itu. Cazoo terdaftar pada akhir 2020, ketika minat pada saham untuk bisnis yang mengganggu – terutama di bidang otomotif – baru saja memuncak. Dalam satu momen gila Februari lalu, nilainya $7 miliar, berdasarkan harga sahamnya.

Uang mengalir masuk, dan Cazoo menghabiskan banyak uang berdasarkan ukuran yang memberi Anda banyak keuntungan, mulai dari visibilitas hingga skala ekonomi. Apa yang disesali oleh tim, yang dipimpin oleh pengusaha Alex Chesterman, sekarang adalah langkah untuk mereplikasi bisnis Inggrisnya di daratan Eropa dengan mendirikan perusahaan rintisan serupa, misalnya ritel mobil online Italia Brumbrum seharga € 80 juta awal tahun ini.

Pada bulan Mei, Cazoo diluncurkan di Spanyol dan pada bulan Juni diikuti di Italia, tetapi pada bulan Agustus Cazoo mengumumkan bahwa mereka sedang meninjau bisnis daratan Eropa dan hari ini dikatakan bahwa mereka akan keluar dari mereka. Ada supercar yang tidak bisa bersaing dengan 0-100-0 kali seperti itu.

Alasannya adalah penghematan uang tunai. Valuasi $7 miliar itu sekarang hanya di bawah $0,5 miliar, dan jika Cazoo ingin mengumpulkan lebih banyak uang, itu harus mengunci penilaian itu. Langkah ini akan menghemat £100 juta dan memungkinkannya beroperasi dengan cadangan uang tunai yang dimilikinya, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Ini mengikuti keputusan perusahaan pada bulan Juni untuk memangkas jumlah pekerjaan dan keluar dari bisnis langganannya.

Apa yang tidak memberi kita banyak wawasan adalah apakah model bisnis pengiriman Cazoo pada akhirnya akan berhasil. Perusahaan mengatakan telah menjual lebih dari 90.000 mobil sejak didirikan pada Desember 2019, dan ulasan dari pembeli umumnya bagus. Kritikus, bagaimanapun, mempertanyakan apakah itu dapat mencapai angka target laba kotor per mobil sebesar £ 3000.

Apa yang diungkapkan pengumuman terbaru ini adalah bahwa ini adalah waktu yang buruk untuk menjadi perusahaan rintisan pra-laba yang membutuhkan uang tunai investor. Kecuali dapat mengatasi kekeringan finansial ini, Cazoo akan melewati saingannya Carzam dan pengganggu gagal lainnya dalam dunia ritel mobil bekas Inggris yang sangat tradisional.