July 14, 2024

Zeekr milik Geely telah meluncurkan model produksi ketiganya: X, sebuah crossover listrik yang akan diperkenalkan ke pasar Eropa setelah debut publik di pameran motor Shanghai pada bulan April.

Peluncuran EV baru memulai apa yang dikatakan pejabat Zeekr akan menjadi dorongan pemasaran global yang agresif oleh pembuat mobil China, yang bertujuan untuk menggandakan penjualan tahunannya menjadi lebih dari 140.000 unit pada tahun 2023.

Dikenal dengan nama kode internal BX1E, Zeekr X baru didasarkan pada platform Scalable Electric Architecture (SEA) perusahaan induk Geely – struktur yang sama yang digunakan oleh merek untuk dua model produksi pertamanya, rem tembak Zeekr 001 dan MPV 009.

Ditata oleh tim internal yang bekerja dengan kedok direktur desain Geely Stefan Sielaf, crossover lima pintu kompak melanjutkan reputasi Zeekr dalam menghadirkan mobil dengan gaya kontemporer dan detail modern.

Termasuk di dalamnya adalah lampu penggerak LED tipis yang terintegrasi di dalam garis penutup kap mesin dan lampu depan yang dipasang secara horizontal – tampilan yang mengingatkan pada perawatan yang digunakan oleh merek Lynk&Co milik Geely pada berbagai model.

Lampu belakang horizontal yang khas dengan grafik LED sederhana yang ditempatkan di dasar jendela mendominasi gaya di bagian belakang, memberi tampilan lebar visual yang luas pada mobil ini. Unit reflektor vertikal juga dipasang di tepi luar bumper belakang. Tailgate membanggakan bibir pemuatan tinggi, dan Zeekr juga telah memberikan model terbarunya yang mungkin merupakan wiper kaca belakang terpendek yang pernah diterapkan pada mobil produksi.

Panjang, lebar, dan tinggi masing-masing ditetapkan pada 4450mm, 1836mm, dan 1572mm. X mengendarai wheelbase berukuran 2750mm.

Zeekr menahan informasi yang berkaitan dengan driveline listrik X sampai lebih dekat dengan pengenalan model baru. Namun, kemungkinan akan berbagi sistem RWD motor tunggal dan 4WD motor ganda dengan Smart #1. Volvo EX30 juga diharapkan menjalankan pengaturan serupa.

Zeekr telah mengkonfirmasi versi performa utama dari X akan memiliki waktu 0-62mph di bawah 4,0 detik, menunjukkan kemungkinan untuk menerima driveline 422bhp yang sama di Smart #1 Brabus.

Zeekr didirikan pada 2021. Pada tahun pertama produksinya, pada 2022, pembuat mobil yang dimiliki dan dioperasikan Geely, yang berbasis di kota Huangzhou, menjual 72.000 mobil.

Sebagai bagian dari rencana globalisasinya, Zeekr secara rahasia mengajukan penawaran umum perdana (IPO) di AS pada bulan Desember. Rincian belum diungkapkan, meskipun pembuat mobil Cina, yang akan dipisahkan dari Geely untuk menjadi entitasnya sendiri, diklaim bertujuan untuk mengumpulkan lebih dari $1 miliar (£819 juta) melalui debut bursa sahamnya berdasarkan penilaian. menempatkan lebih dari $10bn (£8.2bn).