July 18, 2024

Tesla telah memangkas harga sebanyak £8.000 dalam perpanjangan drastis dari insentif penjualannya, setelah gagal memenuhi perkiraan Wall Street pada tahun 2022.

Diskon mempengaruhi sedan Tesla Model 3 dan crossover Tesla Model Y, dengan yang terakhir terkena dampak yang lebih signifikan.

Pengurangan terbesar telah diterapkan pada Performa Model Y, yang sekarang dihargai £59.990, £8.000 lebih murah dari sebelumnya. Model Y Long Range telah didiskon sebesar £5.000 menjadi £52.990. Dan Penggerak Roda Belakang Model Y level awal telah dipotong harganya sebesar £ 7.000 menjadi £ 44.990.

Pengurangan terbesar dalam jajaran Model 3 memengaruhi model Long Range, harganya dipotong £6.500 menjadi £50.990. Harga untuk Penggerak Roda Belakang Model 3 telah dikurangi sebesar £5.500 menjadi £42.990, sedangkan Kinerja Model 3 telah didiskon sebesar £3.500 menjadi £57.990.

Seorang juru bicara Tesla memberi tahu Autocar bahwa semua pesanan yang tidak terkirim akan diperbarui harganya secara otomatis untuk mencerminkan perubahan, asalkan biaya aslinya lebih tinggi.

Gelombang diskon baru – juga dibuat di AS – datang seminggu setelah pengurangan serupa diumumkan untuk China dan pasar Asia lainnya. Hal ini ditanggapi dengan protes dari pemilik di China, yang memilih berbagai ruang pamer dan pusat pengiriman, lapor Financial Times.

Skema tersebut mendapat tanggapan beragam di Inggris di tengah kebingungan tentang siapa yang akan menerima diskon.

Salah satu anggota grup Tesla Owners Club UK di Facebook menulis: “Saya mendapatkan milik saya [Model] Kinerja Y Rabu depan, kehilangan £3k pada kesepakatan itu, saya akui itu tidak cocok dengan saya…” Namun, seperti yang dijelaskan di atas, semua pesanan yang tidak terkirim akan dikenakan harga baru.

Komentator lain lebih positif tentang perubahan tersebut: “Meskipun menyakitkan bagi mereka yang melakukan pembelian baru-baru ini, ini adalah hal yang baik secara keseluruhan. Harga terlalu tinggi [in my opinion].”