July 14, 2024

Prototipe Renault 5 adalah model listrik saja, dengan desain yang menampilkan banyak referensi ke berbagai versi 5 asli, termasuk versi klasik Supercinq dan R5 Turbo, meskipun diberi sentuhan EV modern. Lampu depan dimodelkan pada desain aslinya, sementara ada port pengisian EV yang dipasang di depan yang terletak di mana gril radiator ditempatkan pada aslinya.

Kepala desain Renault Gilles Vidal mengatakan: “Desain Prototipe Renault 5 didasarkan pada R5, model kultus dari warisan kami. Prototipe ini secara sederhana mewujudkan modernitas, kendaraan yang relevan dengan zamannya: urban, elektrik, atraktif.”

Showcase ini menampilkan lengkungan roda belakang yang lebih lebar dan corak garis merah yang mengacu pada hot hatch R5 Turbo, mengisyaratkan prospek versi performa tinggi dari model baru. Memang, baru-baru ini, merek performa Alpine mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan versi 5 sendiri, yang akan tiba segera setelah mobil standar, menggunakan powertrain 215bhp yang sama dengan Mégane E-Tech Electric.

Digambarkan sebagai mobil kota, model ini akan menggantikan Zoe EV yang sangat sukses sebagai mobil listrik kompak perusahaan.

Sejarah Renault 5

Renault 5 asli diluncurkan pada tahun 1972, dirancang untuk mengisi kesenjangan yang cukup besar antara Renault 4 dan Citroën 2CV di pasar mobil kecil Prancis. Para insinyur Renault diberi pengarahan singkat untuk mengembangkan mobil kecil yang akan memenuhi kebutuhan sebanyak mungkin pembeli mobil Prancis.