July 14, 2024

Nissan GT-R telah memperoleh beberapa perubahan gaya yang halus untuk tahun 2023, bersama dengan dua model edisi khusus, salah satunya adalah GT-R produksi paling bertenaga yang pernah dibuat.

Diungkapkan di atas panggung di Tokyo Motor Show oleh bos Nissan Ashwani Gupta, GT-R baru terlihat sangat mirip dengan mobil sebelumnya, kecuali desain gril depan baru.

Perubahan penting telah dilakukan di bawah kap mesin, dengan penyesuaian yang dilakukan pada rem dan transmisi, serta pengurangan kebisingan dan getaran, serta peningkatan kenyamanan berkendara.

Dua level trim baru, T-Spec dan Nismo, telah ditambahkan ke jajaran GT-R, menjadikan jumlah total spesifikasi menjadi delapan.

Semua mobil digerakkan oleh mesin V6 3,8 liter twin-turbocharged yang sama, dengan output 562bhp dan torsi 469 lb ft sebagai standar. Sementara itu, mobil Nismo dengan jajaran teratas menghasilkan 591bhp dan 414lb ft – mirip dengan angka yang dihasilkan oleh Nismo sebelumnya.

Nissan mengatakan tambahan baru pertama, T-spec, telah terinspirasi oleh “tren dan traksi”, dengan cengkeraman yang lebih baik, suspensi yang disetel khusus, dan rem karbon yang semuanya berkontribusi pada dinamika berkendara yang lebih baik.

Tambahan kedua adalah GT-R Nismo baru, yang menampilkan teknologi yang diambil dari olahraga motor dan balap. Aerodinamika telah ditingkatkan dengan beberapa modifikasi pada bagian depan GT-R, menambahkan intake serat karbon, kap mesin serat karbon, dan lengkungan roda yang lebih ramping.

Downforce telah ditingkatkan di bagian belakang dengan sayap belakang yang lebih kuat, berasal dari mobil balap Nissan GT500. Serat karbon tambahan yang ditambahkan di bagian belakang berkontribusi pada peningkatan 13% downforce belakang.

Semua mobil dilengkapi penggerak empat roda, transmisi kopling ganda GR6, dan jok sport Recaro yang dirancang khusus. Perusahaan juga telah memodifikasi catatan knalpot GT-R untuk mematuhi peraturan suara yang ketat.

Di bawah kulit, Nissan mengatakan GT-R Nismo mendapat manfaat dari bagian-bagian mesin yang seimbang bobotnya, termasuk poros engkol baru, ring piston, dan batang penghubung.

GT-R baru akan mulai dijual di Jepang pada musim semi tahun ini sebelum versi Nismo yang lebih bertenaga bergabung di musim panas nanti.

Namun, sepertinya kita tidak akan melihatnya di Inggris. Pada Maret tahun lalu, Nissan mengumumkan mobil sport yang dijuluki ‘Godzilla’ itu akan dihapus dari penjualan di Eropa karena peraturan kebisingan baru yang ketat.

GT-R telah dijual selama 13 tahun di benua itu. Namun, kecil kemungkinan kita bisa melihatnya di pantai kita, mengingat perusahaan telah menyesuaikan catatan knalpot.