July 14, 2024

Saya menolak gagasan mobil yang memiliki jiwa atau kepribadian, tetapi Morgan Super 3 memiliki karakter bahkan berdiri diam.

Itu sebagian dari desainnya, sekaligus tradisional dan ruang-zaman. Di bagian depan terdapat tiga coran aluminium dengan berbagai kegunaan, membantu membuat sepeda roda tiga ini ringkas dan ringan tetapi juga cantik. Mereka memasang suspensi dan mesin dan membelokkan udara ke radiator tetapi juga selesai dengan anggun.

Rekayasa otomotif dibiarkan terekspos menjadi estetik. Ini berlanjut dengan switchgear, deflektor angin, bodywork yang ditekankan, dan roda turbofan itu.

Mengemudi Super 3 menyegel tempatnya sebagai mobil paling menawan tahun 2022. Bukan yang terbaik secara objektif, bukan yang tercepat, nilai terbaik, paling mewah atau paling nyaman. Tapi kendaraan itulah yang membuatku tersenyum lebar.

Mesin Ford tiga silindernya melaju dengan gaya setengah Porsche, roda belakang mengirimkan semua 635kg ke jalan dengan putaran kecepatan yang sepenuhnya memadai. Kemudinya bisa mengejar cambers, tapi Morgan terasa hidup dan waspada, perpindahan giginya tepat, remnya kencang dan progresif.

Sungguh luar biasa bertemu dengan kendaraan yang memutuskan apa yang benar-benar dibutuhkan pengemudi adalah berpegang pada teknik yang indah saat menggerogoti di sepanjang jalan B, di mana ia membawa sedikit understeer saat menuju sudut dan dorongan oversteer pada jalan keluar, semua dengan nomor speedo yang dimulai dengan ‘2’ yang tidak mengancam atau, astaga, ‘3’.

Begitu banyak mobil yang mendapat nilai kualitas terukur, jadi senang menemukan satu yang tumbuh subur di ranah tak terukur.