July 18, 2024

Volkswagen telah mengungkapkan mobil konsep off-road punchy yang disebut ID Xtreme, berdasarkan ID 4 GTX, untuk menguji opini publik untuk jajaran mobil ID yang lebih berani.

Secara visual, ban banteng di depan, ban off-road yang tebal dan lampu LED yang dipasang di atap menandai ID Xtreme sebagai off-roader dibandingkan dengan ID 4 GTX yang bias jalan yang menjadi dasarnya.

Di bawah kulit, kekuatan ID Xtreme telah ditingkatkan oleh 87bhp di atas GTX menjadi 382bhp, berkat motor belakang yang ditingkatkan dan revisi perangkat lunak. Dikombinasikan dengan perubahan visual, ini kemungkinan akan mengurangi jangkauan ID Xtreme dengan margin yang mencolok – meskipun seberapa signifikan tidak diketahui, mengingat konsepnya menggunakan baterai bekas.

Ini karena ID Xtreme menggunakan kembali mobil uji ID 4 lama (daripada mengonversi contoh baru) untuk meminimalkan jejak karbon. Undertray aluminium sepenuhnya menutup bodi untuk melindungi baterai tersebut, yang terletak di bawah kabin di platform MEB.

Sebuah pembuat kebisingan yang dikembangkan secara khusus juga telah dipasang ke dalam rumah roda untuk memberikan ID Xtreme beberapa kehadiran akustik. Bagaimana cara kerjanya tidak jelas, tetapi perangkat serupa diuji pada Hyundai Kona EV dari pembalap Kiwi Hayden Paddon, menghasilkan tanda suara yang agak mengingatkan pada mobil Formula 1 era V10.

Teknologi ini dapat digunakan di mobil VW masa depan – atau di seluruh industri – untuk menjaga keselamatan pejalan kaki dengan mempertahankan suara ‘mesin’, meskipun pada tingkat kebisingan yang lebih ramah daripada di mobil reli Paddon.

Silke Bagschik, kepala lini produk MEB, mengatakan: “Bagi banyak pelanggan kami, kendaraan lebih dari sekadar alat transportasi. Dengan ID Xtreme, kami meningkatkan mobilitas listrik dari VW ke level performa baru.”