July 18, 2024

Pengiriman Lamborghini Huracán melonjak pada tahun 2022 karena pabrikan supercar tersebut mencetak rekor baru untuk penjualan tahunan.

Itu menjual total 9233 mobil tahun lalu, meningkat 10% dari rekor sebelumnya 8405 yang ditetapkan pada 2021.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Lamborghini Urus adalah model teratas merek tersebut, terhitung sebanyak 5367 pengiriman. SUV tersebut menambahkan dua varian baru ke jajarannya akhir tahun lalu, Urus S – yang secara efektif merupakan pembaruan dari model yang ada – dan Urus Performante yang lebih bertenaga.

Huracán mengikuti dengan 3113 pengiriman, meningkat 20% dibandingkan dengan tahun 2021. Penjualannya kemungkinan besar didukung oleh peluncuran Huracán Tecnica, varian penggerak roda belakang yang ditempatkan di antara model dasar Evo dan Huracán yang berfokus pada trek. STO.

Supercar, yang diperkenalkan pada tahun 2014, akan mundur pada tahun 2024, ketika akan digantikan oleh model hybrid plug-in baru. Varian terakhirnya adalah Sterrato, versi off-road dramatis yang terbatas pada produksi 900 unit.

Tahun lalu juga menandai tonggak penting lainnya untuk Lamborghini karena model andalannya, Aventador, berhenti diproduksi pada bulan September, mengakhiri produksi selama 11 tahun. Merek mengirimkan 753 contoh sepanjang tahun. Seperti Huracán, Aventador juga akan digantikan oleh model hybrid plug-in – powertrain listrik yang memungkinkannya mempertahankan nilai jual uniknya, mesin V12.

Marque saat ini memiliki daftar tunggu pesanan selama 18 bulan, memungkinkannya untuk “melihat ke masa depan dan tujuan yang akan datang dengan percaya diri”, menurut ketua dan CEO Stephan Winkelmann.

Winkelmann berkata: “Tren pertumbuhan dan perkembangan kami terus berlanjut, dan ini menunjukkan bahwa arah kami tepat dan pilihan kami tepat sasaran.

“Ini adalah produk dari penilaian dan strategi kolektif yang terdefinisi dengan baik yang dapat menghasilkan hasil yang konsisten dan konkret.

“2023 akan menjadi tahun tantangan dan perubahan yang siap kita hadapi dengan selalu mendorong diri kita sendiri.