July 18, 2024

Cukup banyak orang yang menekuni bisnis properti, baik itu jual beli ataupun juga hanya sekedar disewakan sebagai penginapan sampai dengan kos-kosan. Karena sebenarnya menginvestasikan uang untuk aset properti ini sendiri juga terbilang paling untung, dimana harganya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun menjadi semakin mahal. hanya saja pemasarannya juga harus tepat jika ingin keuntungan yang maksimal, Anda bisa melakukan teknik pemasaran digital diantaranya adalah memakai Instagram, banyak ide konten Instagram bisnis yang bisa dicoba untuk mendongkrak penjualannya.

Ingat bahwa hal pertama yang Anda butuhkan ketika ingin mendongkrak penjualannya adalah membuat produk Anda tersebut terkenal dulu, sehingga nantinya audience sendiri akan lebih mengenal brand tersebut dan tidak ragu lagi untuk menggunakannya. Hal ini dapat dimulai dengan sebuah konten yang menarik, apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia juga menghabiskan waktu luang mereka untuk berselancar di dunia maya, khususnya adalah dengan membuka media sosial yang dimiliki.

Nah berikut ini diantaranya ada beberapa ide konten Instagram bisnis penginapan yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Tips dan trik travelling, ide konten yang satu ini patut untuk Anda coba, yaitu dengan pembuatan tips serta trik seputar travelling, karena kebanyakan orang yang nantinya akan mencari akomodasi penginapan atau tempat tinggal adalah mereka yang sedang jalan-jalan. Jadi seseorang yang ingin mengunjungi sebuah tempat baru biasanya membutuhkan informasi yang detail atau lengkap terkait dengan tempat wisata tersebut. Disini nantinya Anda juga bisa ikut menambahkan promosi atau merekomendasikan penginapan yang dimiliki tersebut. Hal ini akan sangat membantu audience untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan, bahkan mungkin mau menginap di tempat Anda.

  1. Merekomendasikan destinasi wisata lokal, destinasi wisata yang pastinya tidak begitu jauh dengan lokasi usaha Anda. Tunjukkan kepada followers tersebut bahwa ada banyak pilihan wisata menarik yang tidak begitu jauh dari tempat Anda tersebut, wisata lokal yang pastinya juga tetap menarik untuk dikunjungi sekaligus tidak memakan terlalu banyak biaya. Bahkan jika seandainya mereka tengah mencari properti sebagai tempat menginap maka bisa sekalian di rekomendasikan bukan.

  1. Berikan fakta unik terkait dengan daerah wisata yang ada di sekitaran sana, fakta-fakta menarik ini nyatanya juga bisa menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian wisatawan yang nantinya akan datang berkunjung ke tempat Anda. Mulai dari sejarahnya, tradisi masyarakat yang ada disana sampai dengan ikon-ikon menarik yang sudah terkenal disana. Bisa juga dengan memberikan ide tempat liburan di sekitaran sana sampai rekomendasi penginapan yang nyaman.

  1. Rekomendasi wisata kuliner lokal, bukan hanya tempat wisata saja, melainkan juga bisa dalam bentuk wisata kuliner yang ada di sekitaran sana. Karena kebanyakan orang yang datang untuk liburan tidak sekedar menikmati datang ke sebuah tempat rekreasi saja, melainkan mereka juga ingin icip-icip makanan khas yang ada disana. Jangan lupa juga beritahu followers beberapa list tempat makan yang ada di sekitaran penginapan Anda tersebut.

  1. Bekerjasama dengan influencer, Anda juga bisa endorse influencer untuk nantinya merekomendasikan bisnis Anda tersebut. Tentunya dalam budget yang sesuai dengan kemampuan, tak harus langsung influencer yang punya jutaan followers, karena sudah pasti fee mereka juga mahal, sesuaikan dengan budget saja.

  1. Repost ulasan tamu, cara yang lainnya bisa dengan me-repost ulasan dari tamu, khususnya adalah ulasan yang bersifat positif, karena memang ini akan ikut meningkatkan kepercayaan dari konsumen juga agar nantinya mau untuk menggunakan penginapan Anda.

  1. Informasikan jika ada promo istimewa, selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menginformasikan kepada followers Anda jika ada tawaran istimewa seperti diantaranya adalah potongan harga di tanggal-tanggal tertentu, jangan sampai mereka melewatkannya.

Dapat langsung dicoba ide konten Instagram bisnis penginapan tersebut, sebenarnya apapun jenis bisnisnya dapat dioptimalkan dengan upaya digital marketing, apalagi di era teknologi seperti sekarang ini. Belajar lebih banyak tentang ilmu digital marketing ini juga bisa diantaranya dengan ikut program pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI, lembaga pelatihan terbaik yang ada di Indonesia.