July 18, 2024

Tokopedia paylater adalah salah satu metode pembayaran kredit yang tersedia di Tokopedia. Bedanya dengan kartu kredit bank, rata-rata layanan paylater berasal dari perusahaan teknologi finansial, belum banyak yang berasal dari atau merupakan produk keuangan dari bank.

Dengan adanya opsi paylater di Tokopedia, artinya Tokopedia menjalin kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan finansial teknologi ini agar bisa menyediakan cicilan pakai paylater bagi konsumennya.

Walau layanannya sudah tersedia, mungkin masih banyak orang yang bingung: sebenarnya cara mengaktifkan Tokopedia paylater itu gimana, sih? Bisa nggak langsung dari website atau aplikasi Tokopedia-nya sendiri?

Kadang-kadang, pertanyaan sejenis ini juga bisa menjadi celah bagi berbagai modus penipuan untuk masuk dan mengelabui calon pengguna paylater di Tokopedia. Kalau kamu termasuk yang tertarik pakai Tokopedia paylater tapi bingung harus gimana daftarnya, jangan khawatir!

Berikut ini ada 5 langkah dan panduan lengkap yang bisa kamu coba:

Ini dia daftar paylater yang bermitra dengan Tokopedia

Saat ini, ada tiga aplikasi atau layanan paylater yang bisa digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia. Yang pertama adalah GoPay Later. Di mana kamu bisa bertransaksi di Tokopedia pakai GoPay Later dan bayar nanti tagihannya paling lambat di akhir bulan melalui aplikasi Gojek.

Yang kedua adalah BRI Ceria. Di mana opsi paylater ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah terdaftar sebagai nasabah Bank BRI dan memiliki akun BRI Ceria yang aktif.

Yang ketiga adalah Kredivo. Bedanya dengan BRI Ceria yang opsi pembayarannya tersedia langsung di halaman pembayaran Tokopedia, untuk bisa menggunakan Kredivo, kamu perlu pakai fitur “Belanja di Tokopedia” yang ada di aplikasi Kredivo dan mengeklik menu Bank Transfer pakai BRIVA di halaman pembayaran Tokopedia. Barulah, transaksi bisa dilakukan.

Ketiga aplikasi paylater ini memiliki syarat dan ketentuan masing-masing untuk proses pendaftaran, transaksi, dan pembayarannya. Kamu bisa memilih salah satunya untuk bisa dipakai di Tokopedia.

Daftar langsung melalui aplikasi atau website resmi paylater tersebut

Ketiga opsi paylater di atas cara daftarnya tidak bisa melalui aplikasi atau situs Tokopedia. Kamu harus daftar melalui website atau aplikasi masing-masing paylater tersebut sesuai pilihanmu.

Kalau tertarik pakai Kredivo misalnya, kamu bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Aplikasi Kredivo adalah platform resmi untuk bisa daftar akun Kredivo secara langsung. Begitu juga jika kamu memilih GoPay Later atau BRI Ceria. Kamu bisa daftar via aplikasi GoPay atau daftar di BRI secara langsung kalau sudah menjadi nasabah BRI.

Periksa syarat dan ketentuan paylater sebelum daftar

Selain punya kanal atau platform yang berbeda-beda untuk pendaftaran, ketiga paylater di atas juga punya syarat pendaftaran yang berbeda-beda. Kamu harus memastikan bahwa kamu sudah sesuai syarat sebelum daftar aplikasi paylater pilihanmu.

Jika memilih Kredivo, artinya kamu harus memenuhi 3 syarat berikut ini sebelum daftar:

  1. WNI berusia 18 – 60 tahun.
  2. Punya pekerjaan dan penghasilan tetap minimal sebesar Rp3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Indonesia.
  4. Untuk tipe akun Premium yang limitnya bisa lebih besar, maksimum sampai Rp 50 juta, maka kamu harus berdomisili di salah satu dari wilayah cakupan layanan Kredivo ini: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara.

Makin sesuai syaratnya dengan kondisimu saat ini, akan makin besar juga peluang pendaftaran akun paylater kamu untuk disetujui. Sebelum bisa bertransaksi di Tokopedia dengan menggunakan paylater di atas, kamu perlu menunggu sampai pendaftaran kamu disetujui lebih dulu.

Nantinya, jika sudah disetujui dan akunmu aktif, barulah transaksi bisa dilakukan di Tokopedia.

Pelajari cara transaksi yang benar jika kamu sudah punya akun aktif

Bukan hanya syaratnya yang berbeda, setiap paylater di atas juga memiliki ketentuan transaksi yang berbeda-beda. Misalnya BRI Ceria yang bisa digunakan secara langsung di halaman pembayaran Tokopedia.

Tapi untuk Kredivo, kamu harus mengeklik atau memilih opsi pembayaran dengan “Bank Transfer” lebih dulu di Tokopedia lalu pilih “BRIVA”. Saat muncul nomor Virtual Account, salin nomor tersebut dan kamu bisa lanjut ke aplikasi Kredivo.

Di aplikasi Kredivo, pilih menu “Belanja di Tokopedia”. Setelah itu, masukkan nomor Virtual Account BRI yang sudah kamu salin sebelumnya, pilih kategori transaksi, periksa jumlah transaksimu dan pastikan sudah sesuai. Kemudian, pilih tenor yang kamu inginkan yang tersedia di Kredivo dan selesaikan transaksi dengan memasukkan PIN dan OTP.

Ada tiga opsi pembayaran dan cicilan yang bisa kamu pilih di Kredivo:

  1. Bayar dalam 30 hari tanpa dikenakan bunga.
  2. Cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan plus ada biaya admin sebesar 1% per bulan.
  3. Cicilan 6-12 bulan, dengan suku bunga 2.6% per bulan, tanpa uang muka.

Untuk opsi cicilan nomor 2 dan 3, kamu harus memastikan sudah bertransaksi minimal Rp500.000. Kalau nominal transaksi kurang dari jumlah tersebut, maka opsi cicilan nggak akan muncul.

Pastikan login ke akun Tokopedia kamu sebelum transaksi dengan paylater

Supaya memudahkan transaksi dan historinya bisa terekam dengan baik, pastikan login ke akun Tokopedia kamu lebih dulu sebelum bertransaksi. Dengan begitu, kamu bisa transaksi dengan lebih cepat dan memilih opsi pembayaran paylater dengan mudah!