July 18, 2024

Ferrari telah secara resmi mengungkapkan pembalap 296 GT3, yang akan menggantikan Ferrari 488 GT3 yang sangat sukses – juara bertahan di Spa dan mobil balap perusahaan yang paling sukses sepanjang masa.

Berdasarkan Ferrari 296 GTB, mobil balap baru ini ditenagai oleh mesin bensin enam silinder, tanpa teknologi elektrifikasi yang terlihat pada model produksinya.

Ini menghasilkan sekitar 594bhp – 224bhp kurang dari mobil jalan 296 GTB. Torsi berdiri di 523lb ft, penurunan kecil pada 546lb ft yang ditawarkan oleh mobil produksi.

Penghapusan sistem hybrid mobil itu berarti powertrain sekarang lebih ringan. Ferrari telah memposisikannya lebih rendah dan lebih jauh ke depan daripada di mobil standar, memberikan pusat gravitasi yang lebih rendah dan kekakuan torsi 10% lebih tinggi.

296 GT3 mendapatkan gearbox sekuensial enam kecepatan transveral yang dipesan lebih dahulu dengan aktuasi kopling elektronik, yang, kata Ferrari, membantu menjaga bobot tetap rendah karena konstruksinya.

Mobil ini juga dilengkapi suspensi yang ditingkatkan untuk “membatasi tekanan” pada ban, satu set rem yang ditingkatkan dan roda yang dirancang khusus untuk Rotiform.

Meskipun desain umum 296 GTB tetap tidak berubah, mobil ini memperoleh jarak sumbu roda yang lebih besar daripada model standar serta sayap belakang berleher angsa yang besar, side skirt yang diperbesar, dan diffuser yang besar.

Ini, ditambah penambahan beberapa ventilasi udara, berarti mobil balap memberikan downforce 20% lebih banyak daripada 488 GT3. Tanpa bahan bakar dan pengemudi, beratnya 1250kg.

Di dalam kabin, 296 GT3 diuntungkan dengan setir yang terinspirasi dari kursi tunggal, pedal yang dapat disesuaikan, dan AC.

Meskipun telah dirancang seluruhnya di Maranello HQ Ferrari, 296 GT3 akan dikembangkan dengan bantuan tim balap Oreca, yang bertanggung jawab untuk membangun dan membalap sejumlah mobil GT yang sukses. Tim Prancis akan memproduksi mobil tersebut dan memberikan dukungan kepada tim yang menjalankannya di berbagai kejuaraan.

Mobil itu awalnya dipratinjau dengan serangkaian sketsa, yang menunjukkan desain aero-berat yang agresif, dengan ujung depan yang didesain ulang menampilkan splitter yang jauh lebih menonjol dan dua canard besar di setiap sisi bumper.

Produksi mobil pengembangan pertama sudah berlangsung di pabrik Signes Oreca, dengan pengujian trek akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang. Debut balapan dijadwalkan pada 2023.