July 14, 2024

Sebagai makhluk yang bernyawa pada hakikatnya kita semua akan mengalami kematian dan meninggalkan dunia yang fana ini. Oleh karena itu, kita harus banyak mengingat kematian dan berupaya dengan keras untuk mengumpulkan bekal.

Ada banyak ayat di Al Quran yang menjelaskan tentang kematian,

Dalam Surat Al Ankabut ayat 57 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”

Di ayat lainnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya : “Katakanlah, ”Sesugguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al-Jumu’ah : 8).

Orang yang sudah meninggal dunia sudah tidak bisa beramal lagi seperti masih di dunia, sehingga kita yang masih hidup harus mendoakannya.

Nah, kali ini akan coba memberikan doa-doa untuk orang yang sudah meninggal dunia sebagai berikut:

1. Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Berikut ini lafaz doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal:

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi  Wa’fu anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu. Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan khairan Min Ahlihi Wa Zawjan khairan Min Zawjihi. Wa Adkhilhul jannata Wa A’idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

2. Doa Ziarah Kubur

Allahumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin rawa’atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghni bihaa ‘an rahmatin min siwaak, wa alhiqhu biman kaam yatawallaahu.

Artinya:

“Ya Allah, kasihi keterasinggannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatitannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengan dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.”

3. Doa Ziarah Kubur

Adapun lafaz doa ziarah kubur adalah sebagai berikut:

Assalamu ‘allaikum dara qaumin mu’munin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya Allahu bikum laahiquun.

Artinya : “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.”

4. Doa Ziarah Kubur

Assalamu’alaikum ahlad diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. Yarhamuloohul mustaqdimiina minnaa wal mustakh’khiriin. Wa inna insya allahu bikum la laahiquun wa as alullaha lana walakumul ‘aafiyah.

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (HR.Ahmad no. 25855).