July 14, 2024

Britishvolt diharapkan memasuki administrasi hari ini, setelah gagal dalam upayanya untuk mengamankan investasi penting.

Mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini, BBC melaporkan bahwa pemberitahuan akan diajukan ke pengadilan kepailitan hari ini. Ditambahkan bahwa start-up akan mengadakan pertemuan semua staf pada pukul 12:00 hari ini untuk menyampaikan kabar kepada karyawan, sebelum membuat pengumuman publik.

Itu terjadi setelah dewan dilaporkan memutuskan bahwa tidak ada tawaran yang layak untuk mempertahankan perusahaan. Britishvolt minggu lalu mengadakan pembicaraan untuk menjual saham mayoritas di perusahaan tersebut, dalam upaya untuk mengamankan keberlanjutan jangka panjang dan pendanaan yang diperlukan untuk membangun R&D sel baterai dan bisnis manufaktur di Inggris.

Pembicaraan ini sebelumnya dilaporkan telah diadakan dengan tiga kelompok investasi: satu terkait dengan Indonesia, tanpa kaitan dengan manufaktur menurut laporan BBC sebelumnya; satu terdiri dari investor yang ada; dan satu tawaran menit terakhir dari konsorsium Inggris.

Setiap upaya pembelian – diperkirakan menelan biaya sekitar £30 juta – harus mendapatkan dukungan dari 75% pemegang saham agar berhasil.

Mengajukan administrasi akan mengakhiri masalah jangka panjang untuk start-up baterai, yang nyaris runtuh pada November setelah mendapatkan beberapa juta pound dalam pendanaan dari perusahaan pertambangan Glencore. Dikombinasikan dengan pemotongan gaji sukarela untuk hampir 300 stafnya, ini memberi Britishvolt dana yang cukup untuk bertahan hingga awal Desember.

Pada titik kebangkrutan, Britishvolt akan menghentikan perdagangan dan tim manajemennya akan dibebaskan dari kendali oleh administrator. Britishvolt masih dapat dibeli dari administrasi oleh pihak ketiga, meskipun tidak ada calon pembeli yang mengajukan minat.

Perusahaan ini sebelumnya bersiap untuk memasuki administrasi setelah pemerintah Inggris menolak permintaan dana muka sebesar £30 juta untuk mencegah keruntuhannya. Itu telah dijanjikan £ 100 juta untuk membangun gigafactory baterai £ 3,8 miliar melalui Dana Transformasi Otomotif, tetapi belum mencapai tonggak konstruksi yang diperlukan untuk membuka uang tunai.

Permintaan berulang untuk pendanaan – nilainya semakin berkurang setiap saat; dari £30 juta menjadi £11,5 juta dan kemudian £3 juta – menimbulkan keraguan di Pemerintah atas kelangsungan hidup perusahaan, lapor BBC.

Seperti dilaporkan sebelumnya, salah satu masalah utama yang mempengaruhi Britishvolt adalah kehilangan sekitar £3 juta per bulan untuk gaji staf, namun diperkirakan tidak akan menghasilkan pendapatan hingga tahun 2025. Eksodus 25 staf sejak November – kebanyakan manajer senior – dilaporkan oleh start publikasi pelacakan -up Sifted dapat membantu Britishvolt untuk memotong pengeluarannya. Juru bicara Britishvolt mengakui kepada Autocar bahwa telah terjadi “beberapa pengurangan staf”; angka dari LinkedIn menunjukkan pengurangan 12% dalam jumlah karyawan selama enam bulan terakhir.