2022 Ford Focus ST | Ulasan PH

Ini tentu merupakan ukuran berkurangnya minat Ford pada hot hatch konvensional bahwa Anda hanya dapat memiliki Focus ST terbaru dalam satu trim, dan dalam berbagai warna yang tidak lagi menyertakan Tangerine Scream. Belum lama berselang, opsi biaya persis seperti jeruk Ford yang pernah Anda kunjungi membantu transisi Focus dari keluarga yang ada di mana-mana menjadi kelas ASBO. Ya, menjadi baik untuk mengemudi jelas merupakan landasan bagi popularitas ST – tetapi saingan Ford GTI jarang tampak terganggu dengan daya tarik Golf yang cerdas dan tanpa kelas. Itu memiliki sikap sebagai gantinya.

Bahkan dalam Mean Green yang semarak, versi facelift dari ST saat ini telah kehilangan beberapa tonjolan dagu yang lama. Agar adil, tweak styling sederhana umumnya menguntungkan – beberapa terbawa dari pembaruan model yang lebih luas – tetapi Focus generasi keempat selalu tampak sangat jinak ketika diukur dengan pendahulunya yang sering kali sempurna. Paduan Matt Magnette 19-inci standar membantunya sedikit menonjol di tempat parkir McDonald’s, meskipun Anda akan menunggu dengan sia-sia untuk pandangan kedua yang tersisa.

Mungkin itu akan baik-baik saja jika ST mempertahankan harga yang diunggulkan, tetapi dengan varian unggulan tunggal sekarang di atas kisaran, Ford telah mengorbankan kelonggaran yang dibutuhkan untuk menghasilkan versi yang lebih hemat biaya. Ini berarti Anda akan membayar Β£34.960 untuk manual enam kecepatan standar – hanya Β£1.225 lebih murah dari harga awal Mk8 Golf GTI entry-level. Hyundai i30 N, mobil yang dibuat khusus dari bawah ke atas untuk merebut posisi ST di hati bangsa, mulai dari Β£34.095.

Namun, hal-hal yang tidak dapat disangkal datang sedikit di dalam. Sebaiknya jangan terlalu banyak membahas tentang layar sentuh Sync4 13,2 inci baru yang jauh lebih besar yang memonopoli dasbor Focus yang didesain ulang, karena ia telah mewarisi sebagian besar kontrol HVAC – dan kami telah melampiaskan tentang masalah yang terlalu umum itu di tempat lain. Tapi sejujurnya, penataan tersebut telah melakukan keajaiban tidak hanya untuk tampilan interior, tetapi juga suasananya – terutama ketika dipadukan dengan bahan trim yang lebih bagus yang digunakan dalam model top-range, dan jok sport baru dan lebih baik di depan.

Untuk semua kesombongannya, ST tidak selalu menjadi tempat yang paling menarik untuk duduk. Versi terbaru mungkin yang terbaik sejauh ini dalam hal itu, dan itu adalah peningkatan yang signifikan untuk hot hatch yang kemungkinan akan bertahan dalam penggunaan berat. Ford belum tentu memakukan beberapa tombol fisik keras yang tersisa di dasbor, tetapi sulit untuk mengeluh karena memiliki akses langsung ke tombol pemutus ESC. Anda bahkan dapat mematikan start-stop, yang tampaknya seperti hal baru akhir-akhir ini; begitu pula dengan keputusan untuk terus membuat keributan sekecil mungkin dari mode berkendara ST – bahkan dengan pengaturan Track sekarang ditambahkan ke daftar.

Tentu saja, ketidakhadiran yang paling menonjol di mobil uji kami adalah tuas persneling. Di antara hot hatch modern, ST tidak dikaitkan secara bebas dengan dua pedal; mungkin karena di mana para pesaingnya telah berinvestasi dalam transmisi kopling ganda yang tajam, Ford telah puas dengan konverter torsi tujuh kecepatan. Ini tidak langsung menunjukkan semangat dinamis, tetapi sebenarnya 2,3 liter empat-pot yang dibawa adalah foil yang cukup baik untuk sebuah mobil. Unit ini selalu lebih tentang 310lb ft di tengah daripada 280hp di puncaknya, dan Anda mungkin tidak akan menginginkan semangat dalam berkendara sehari-hari. Hal-hal yang baik tampaknya di tekan saat Anda menginginkannya, dan lebih dekat bagian atas perjalanan pedal akselerator daripada di beberapa saingan.

Masalahnya, agak bisa ditebak, adalah tidak ada yang menyembunyikan kekurangan komparatif gearbox jika Anda berusaha mencarinya. Sama setujunya dengan ST dalam mode D, Anda akan ingin mengelola perpindahan gigi sendiri di beberapa titik, dan sementara tidak ada hot hatch yang secara realistis dapat mengklaim sebagai kata terakhir dalam keterlibatan atau kepositifan ketika datang ke bisnis mengklik dayung , Focus tertinggal dari yang menggunakan DSG atau DCT. Itu tidak kurang sampai mengganggu, hanya saja kurang tajam. Dan ketika mesin bukanlah kata terakhir dalam putaran tinggi di atas 5.000rpm, itu memberikan dorongan yang lebih sedikit dari yang seharusnya.

Beruntung bagi ST, ia masih terikat dengan sasis penggerak depan yang dijamin khas. Focus jarang menyimpang dalam hal ini, dan versi terbaru menyeimbangkan ketenangan dan ketajaman dengan kepercayaan merek Ford yang familiar. Sebagian besar tenaga ada di kemudi, yang mempertahankan kecepatan dan antusiasme yang kuat untuk kembali ke posisi tengah. Bobot dan akurasinya sesuai dengan kapasitas ST untuk perubahan arah yang sangat mendesak; mobil tidak pernah tampak sangat tegang atau tegang. Itu pergi ke mana Anda menunjuk dengan semacam tujuan naluriah.

Hal yang sangat luar biasa tentang itu adalah membuat Focus paling mahal tampak seperti hot hatch sepanjang waktu, daripada mengandalkan pandangan ke depan Anda untuk menekan tombol. Dan lebih baik lagi, itu mengekstrak harga dinamis yang rendah untuk kesenangan. Audi S3 saat ini mendahului ST dalam siklus uji mobil, dan tampaknya instrumen tumpul dibandingkan dengan kualitas berkendara canggih Ford. Gangguan kecil – yaitu yang dihadapi sepanjang waktu, di mana-mana – umumnya tertahan di kemudi, yang membuat sebagian besar jalan A dan B sedikit lebih menyenangkan untuk diturunkan.

Memang, kadang-kadang ada momen kaku, dan Anda mungkin tidak akan mencari lubang untuk jatuh di sekitar kota, tetapi sebagian besar ST terbaru melanjutkan tren yang sudah berjalan lama: tanpa terlihat berusaha keras, itu meyakinkan Anda bahwa ini adalah salah satu hot hatch FWD terbaik yang dapat Anda beli. Bahkan, dikendarai secara eksklusif di tempat kering, ia melakukan pekerjaan yang dapat diprediksi dengan baik untuk meyakinkan Anda bahwa penggerak empat roda adalah kemewahan yang tidak benar-benar Anda butuhkan juga.

Anda pasti menginginkan versi manual. Masalah dengan otomatis tidak buruk, hanya saja dengan hanya dua pedal yang perlu dikhawatirkan, Golf GTI (atau faksimilinya) dibuat tampak lebih baik – atau setidaknya punchier. Jatuhkan kopling kembali, dan tidak ada banyak kontes dalam hal kenikmatan berkendara. Tetapi Anda masih harus berdamai dengan Focus ST yang lebih mahal dan lebih mewah. Karena pilihan lainnya adalah i30 N yang lebih murah, lebih konyol, dan sekarang lebih murah. Ford mungkin harus menganggap dirinya beruntung karena Anda juga tidak bisa mendapatkan mobil berwarna oranye itu.

Spesifikasi | 2022 Ford Focus ST

Mesin: 2.261cc, turbocharged empat silinder
Penularan: Otomatis tujuh kecepatan, penggerak roda depan
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected],000-4,000rpm
0-62mph: 5,7 detik
Kecepatan tertinggi: 155mph
Bobot: 1,529kg (DIN)
MPG: 35.8
CO2: 180g/km
Harga: Β£36.410 (seperti yang diuji: Β£39.385)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *