Austin Ambassador 2.0 HLS | Pil Berani

Kita hidup di zaman yang aneh. Tidak lama lagi mobil seperti Brave Pill minggu ini dapat dengan mudah dibeli dengan harga sepersepuluh dari harga yang diminta £5.995. Kadang hanya seperseratus. Saya melihat itu terjadi. Sebagai mahasiswa miskin di tahun sembilan puluhan, saya biasa menghadiri pelelangan mobil di Manchester utara di mana para pedagang lokal biasa menjual barang-barang yang tidak memiliki harapan. Itu adalah malam yang murah, selama Anda menyimpan tangan Anda di saku Anda, meskipun saya pernah melanggar aturan itu dan akhirnya memiliki Ford Capri. Tapi mobil termurah yang pernah saya lihat lemas melalui ring adalah Austin Ambassador antik yang serupa dengan pil kami, meskipun dalam spesifikasi dasar 1.7L, kondisi lelah dan selesai dalam warna yang sangat tidak menarik dari apa yang tampak seperti British Rail Blue.

Ini adalah waktu sebelum nilai memo berubah menjadi negatif, jadi bahkan orang yang paling jahat sekalipun masih akan mendapatkan beberapa ratus pound jika sisa MOT lebih dari sebulan. Tapi tidak Duta Besar ini, yang meskipun masih memiliki tiket (itu adalah salah satu dari beberapa aturan lelang) tidak menarik minat karena duduk di sana di awan asap knalpot. Juru lelang adalah karakter yang keras yang sering berbicara kepada penonton ketika mereka tidak menunjukkan antusiasme yang cukup untuk barang-barangnya yang pudar, tetapi dengan Austin dia segera dikurangi menjadi memohon – jelas itu harus dijual. Ketika tidak ada bunga pada £100, kemudian £50 dia membalikkan keadaan: “oke, apa yang akan Anda berikan untuk saya?” “Satu lima!” seseorang berteriak dan palu itu jatuh. Bahkan jika pemilik barunya membawanya langsung ke tempat pembuangan sampah dan menimbangnya, dia akan mendapat untung.

Hampir tiga dekade kemudian dan banyak hal telah berubah, paling jelas karena malaikat maut itu sibuk dengan mesin penghancur mobilnya. Berapa Banyak Kiri menganggap hanya ada 16 Duta masih di jalan, dengan 68 di SORN. Dibandingkan dengan total produksi 43.427 yang mewakili tingkat kelangsungan hidup hanya 0,2 persen. Yang berjalan beberapa cara untuk menjelaskan harga yang diminta untuk yang satu ini – jenis nu-klasik yang bisa Anda goyang ke Festival of the Unexceptional dengan peluang yang adil untuk mengantongi roset.

Tentu saja, itu mobil yang mengerikan. Biasanya saya mencoba untuk tidak terlalu kasar tentang salah satu Pil kami, atas dasar sebagian besar menjadi biadab di komentar. Tapi saya tidak bisa menahan diri untuk yang satu ini, setelah mengalami berbagai contoh dan penangguhan mereka yang membuat mual sebagai seorang anak. Namun kelangsungan hidup yang satu ini, yang tampaknya benar-benar sebaik yang pernah mereka dapatkan, telah memberinya daya tarik sesuatu yang semakin langka. Dan juga mengubahnya menjadi dokumen sejarah yang berharga untuk membuktikan betapa putus asanya Inggris Leyland di awal tahun delapan puluhan.

Mustahil untuk menceritakan kisah Duta Besar tanpa mempertimbangkan mobil yang terkait erat dengannya, ‘ADO71’ yang dijual dalam berbagai versi Austin, Morris dan Wolseley, tetapi yang paling dikenal sebagai Austin Princess. Ini telah diluncurkan pada tahun 1975 dengan keriuhan yang cukup besar dan prediksi akan segera bersaing dengan Ford Cortina untuk volume penjualan. Ini menampilkan suspensi Hydragas, penggerak roda depan – masih merupakan kebaruan segmen – dan bentuk wedgy yang cukup cocok dengan era itu. (Kebetulan awalnya dikembangkan dengan nama model ‘Diablo’.)

Di sisi lain, sang Putri lambat, bahkan versi 2.2 liter enam silinder dengan kisaran tertinggi membutuhkan waktu 13,5 detik untuk memecahkan 60mph. Itu juga mengalami masalah kualitas yang umum terjadi pada pabrik BL yang terkena serangan. Penjualan segera merosot ke bawah prediksi. Masalah lain para Putri adalah, meskipun terlihat seperti hatchback, sebenarnya itu adalah sedan dengan kaca belakang tetap. Karena palka semakin populer, kurangnya kepraktisan ini disalahkan atas beberapa kegagalan, sehingga keputusan diambil untuk membuat versi hatchback bersama facelift yang berat.

Masalahnya adalah bahwa perusahaan itu hampir bangkrut, jadi semuanya dilakukan dengan anggaran £29 juta yang sangat ketat bahkan untuk standar awal tahun delapan puluhan. Selain bak truk setinggi penuhnya, mobil baru ini mendapatkan bodi yang didesain ulang dengan jendela samping ekstra di bagian belakang, yang berarti bahwa hanya kulit pintu depan yang benar-benar dibawa dari sang Putri. Banyak dari revisi lain sebenarnya membuatnya kurang bagus daripada mobil yang digantikannya, dengan trim interior kelas cracker, kursi dan lampu yang lebih murah dan kurang mendukung yang sama dengan Morris Ital. Nama baru Duta Besar adalah hal yang paling berkelas tentangnya.

Reaksi kritis hampir tidak hangat, dan volume penjualan jauh di bawah prediksi suram BL. Duta besar diluncurkan ke dunia di mana pembeli dapat memilih antara semakin banyak hatchback baru yang cerdas, dan hanya sedikit yang dapat terpikat oleh sesuatu yang jelas-jelas murah dan jahat: itu bahkan tidak mendapatkan gearbox lima kecepatan, meskipun Austin sebelumnya memiliki menawarkan ini dengan Maxi dan bahkan Allegro yang lebih murah. Ini adalah salah satu Ambassador yang pasti tidak memanjakan siapa pun, dan BL bahkan tidak pernah peduli dengan versi drive kiri untuk ekspor. Penerus Montego yang mengikutinya tampak seperti pesawat roket berusia luar angkasa jika dibandingkan.

Tetapi jika Anda memang harus memiliki Duta Besar, melalui masokisme, kegilaan, atau kecanduan kitsch otomotif yang tidak biasa, maka pil kami membuat kasus yang sangat baik untuk dirinya sendiri. Ini bukan puncak jangkauan – ada versi Vanden Plas di atasnya – tetapi sebagai 2.0 HLS itu duduk dekat dengan bagian atas pohon. Itu artinya ada – tolong drumroll – jendela depan elektrik. Sementara merek BL mewah seperti Jaguar dan Rover telah menawarkan kaca bertenaga selama bertahun-tahun, Duta Besar adalah Austin pertama yang menampilkannya. Itu juga mendapat power steering, trim velour dan jam digital yang tampaknya telah dipasang ke dasbor dengan palu. (Yang, seperti yang dibangun di Cowley, adalah mungkin.) Anehnya itu tidak memiliki penghitung putaran, seperti yang tidak dilakukan oleh Duta Besar. Yang sebenarnya bukan masalah mengingat preferensi O-Series untuk menggerutu daripada menyanyi; dari memori versi yang lebih baru, benar-benar sulit untuk membujuk mereka untuk melewati 5.000rpm.

Dealer yang menjual pil kami mengklaim memiliki mesin 100hp, yang akan membuatnya menjadi model twin-carb. Gambar di bawah kap mesin menunjukkan hanya menggunakan satu SU, menunjukkan bahwa itu sebenarnya versi 90hp yang sedikit kurang kuat; sepertinya ini tidak akan membuat banyak perbedaan pada kinerja secara keseluruhan. Mobil telah disimpan dalam kondisi timewarp melalui 48.000 milnya, atau dengan penuh cinta dikembalikan ke sana, membual apa yang tampak seperti stiker Austin Rover asli dan baterai Unipart asli di bawah kap mesin.

Mengingat itu telah terbukti tidak dapat dibunuh selama hampir 40 tahun, bagian paling berani dari hidup dengan Duta Besar mana pun adalah kesediaan untuk terlihat di dalamnya. Risiko terbesar untuk setiap produk BL di era ini kemungkinan adalah korosi dan kesulitan dalam mengganti suku cadang yang lebih jarang, tetapi riwayat MOT Pill kami menunjukkan hasil yang baik pada bulan Maret dan tidak ada perhatian utama dalam saran sebelumnya – pelaporan ini tentang tidak berfungsinya sesekali lampu, knalpot karbon monoksida yang berlebihan dan berbagai niggles lainnya. Tidak akan sulit untuk mempertahankannya, meskipun pertanyaan yang lebih besar adalah apakah ada orang yang bersedia membayar hampir lima ribu dolar untuk hak istimewa melakukannya.

Namun, antusiasme Inggris untuk underdog berarti tampaknya ada adegan sosial yang sangat aktif di luar sana, dengan sebuah video di situs web Enthusiasts’ Club yang menunjukkan bahwa tidak kurang dari lima mobil yang selamat muncul ke pesta ulang tahun ke-40 Duta Besar di Gaydon pada tahun April, itu lebih dari sepertiga dari para penyintas hukum jalanan, tingkat dedikasi yang sulit dibayangkan oleh klub supercar mana pun. Mungkin John Shuttleworth akan muncul lain kali, ciptaan komedi Graham Fellows telah menyusun lagu cinta yang menarik untuk contoh Y-reg-nya. Jangan klik tautan itu atau Anda akan menyenandungkannya sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *