2022 VW T-Roc R vs Ford Puma ST Edisi Emas

Tidak ada perlawanan: SUV kompak super sporty tidak akan kemana-mana. Kejatuhan Fiesta tiga pintu adalah buktinya. Tentu saja ada faktor lain yang terlibat, tetapi meningkatnya popularitas Puma tentu saja ada di antara faktor-faktor tersebut. Tidak lama lagi, Focus kemungkinan juga akan dihentikan. Tidak peduli efektivitas biaya atau efisiensi bawaan yang lebih baik dari hatchback konvensional; publik telah berbicara. Dan siapa kita untuk berdebat?

Keuntungan dari selera rakus ini adalah bahwa pembuat mobil telah menginvestasikan banyak waktu dan usaha untuk membuat konsep crossover cepat bekerja dengan baik. Siapa pun yang tidak senang dengan upaya awal industri sampel (Nissan Juke NISMO, siapa saja?) akan tahu seberapa jauh kelas kompak telah datang dalam satu dekade – tidak peduli dari ujung pasar mana Anda memilih untuk memasukinya.

Jika iterasi Volkswagen T-Roc R dan Ford Puma ST saat ini tampak familier, itu sebagian besar karena memang demikian. VW telah diperbarui untuk tahun 2022 dengan revisi kecil di dalam dan luar, sementara Puma di sini dalam format Edisi Emas, produksi 999 mobil yang dijalankan dengan spesifikasi yang dipilih oleh penggemar Ford melalui kompetisi online. Jadi, ya, itu adalah Puma hitam dengan garis-garis emas, roda emas, dan kaliper merah – agak mirip dengan logamnya juga. Namun, pada akhirnya, ini secara mekanis identik dengan peluncuran beberapa tahun yang lalu. T-Roc R yang lebih mahal melakukannya tanpa tenaga tambahan dan kemampuan vektor torsi Mk8 Golf R, yang berarti tetap pada 300hp dan dengan penggerak semua roda Haldex depan-ke-belakang konvensional – meskipun, dengan DSG tujuh kecepatan wajib, itu berarti 0-62mph dalam waktu kurang dari lima detik dan 155mph.

Ford juga melewatkan beberapa pembaruan yang menguntungkan model supermini – khususnya coilover KW yang ditemukan di Edition Fiesta STs – meskipun itu mungkin bukan hal yang buruk mengingat betapa kuatnya Puma pada awalnya. Masih menghasilkan 200hp dari triple turbo 1,5 liter, dan dengan manual enam kecepatan standar akan melesat hingga 62mph dalam waktu kurang dari tujuh detik. Kesenjangan harga dan kinerja berarti VW dan Ford bukanlah rival yang sejajar, tetapi mereka adalah mobil yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan terbaik di kelasnya.

Selain itu, jika dilihat dari ukurannya saja sebenarnya tidak jauh berbeda, VW hanya 10mm lebih panjang dari Ford 4.226mm. T-Roc sedikit lebih tinggi dan lebih lebar juga, dengan ruang kepala yang lebih baik untuk penumpang kursi belakang, defisit kepraktisan Puma mencakar kembali dengan lebih banyak ruang boot berkat MegaBox. Tentu saja ini menempatkan mereka di stadion baseball ramah keluarga yang sama, jika itu menjadi perhatian. Tapi jelas kita di sini untuk mencari tahu mana yang memotong mustard di departemen mengemudi – karena itulah yang kita pasti akan menyematkan medali ‘PH direkomendasikan’.

Seperti yang sering terjadi dengan hal-hal ini, tidak ada yang seperti VW cepat sebagai dasar dalam hal perbandingan berbasis kelas. Begitu meyakinkannya kinerja T-Roc secara menyeluruh sehingga tidak benar-benar membuat kesalahan di dunia nyata. Model terbaru bahkan memiliki interior yang tidak akan mengalihkan perhatian Anda, desain lama yang logis hanya diperbarui dengan tombol haptic daripada membuang grosir. Akan sulit untuk menyebut ini peningkatan dari apa yang mendahuluinya, tetapi interior T-Roc lebih baik daripada Golf – yang merupakan keuntungan besar langsung dari kelelawar. Ada banyak hal lain yang dipikirkan dengan baik juga, dengan kursi yang mendukung dalam posisi mengemudi yang layak, roda kemudi yang enak dipegang (jika tombolnya agak berat) dan dayung perpindahan gigi yang besar. Mungkin beberapa plastik terasa gatal, tetapi T-Roc tetap menjadi tempat duduk premium yang menyenangkan.

Di jalan, R sepertinya sangat familiar. Terhadap Mk8 Golf R mungkin tidak berbagi kekuatan baru dari teknologi yang lebih canggih, tetapi ini masih merupakan mobil penanganan yang sangat cerdas. Roda besar 19 inci yang didorong sejauh mungkin sangat bagus untuk kuda-kuda T-Roc, dan itu berarti R terasa stabil dan gesit. Untuk menyebutnya menarik tetaplah sulit, namun R memuaskan untuk dibawa di sepanjang jalan karena semuanya tetap selaras dengan harapan Anda; tidak ada yang menebak-nebak upaya apa yang dibutuhkan kemudi atau apa yang akan dilakukan ujung depan, dan menjadi begitu kecil membuatnya tampak sangat kuat di jalan B. Daya tariknya, tentu saja, tidak dapat disangkal. T-Roc bukanlah mobil untuk belajar bagaimana mendapatkan yang terbaik dari waktu ke waktu, meskipun itu adalah salah satu yang telah diuntungkan dari lebih dari sekedar mesin besar yang dijatuhkan dan lapisan cat Lapiz Blue lainnya yang dioleskan. Bahkan dengan mode berkendara yang paling agresif, versi R mempertahankan kesopanan dan ketenangan, yang menurut memori tidak selalu demikian – jadi mungkin ada lebih banyak facelift ini daripada yang VW biarkan. Atau kita sudah terbiasa dengan mobil yang dikendarai dengan kasar…

Sayang sekali bahwa powertrain tidak lagi merasa mendapatkan yang terbaik dari sasis yang layak. Memang, VW memiliki banyak tempat untuk menghabiskan uang pengembangannya sekarang, dan kombinasi ceruk yang semakin meningkat dari mesin pembakaran empat silinder yang berapi-api dan mobil tujuh kecepatan bukanlah prioritas utama – tetapi terlihat sejauh mana yang terakhir sekarang ditemukan ingin. DSG hanya terasa agak lamban pada tahun 2022, tidak pernah cukup mendesak untuk dibiarkan sendiri atau dengan kontrol manual, membuat mobil terasa lebih lambat dari yang sebenarnya karena responsnya tumpul. Perubahan itu sendiri sebenarnya cukup cepat (dan parp upshift dari knalpot Akrapovic masih menghibur kekanak-kanakan), namun mereka cenderung tiba pada saat yang tidak tepat. Yang memalukan mengingat kesediaan mobil di sekitarnya.

Namun, kemauan itu relatif. Mengganti VW untuk Ford seperti mengganti tag rugby untuk Aturan Australia; di atas kertas mereka sebenarnya cukup dekat, tetapi pengalamannya sangat berbeda dalam hal adrenalin. Puma mengemudi seperti mobil yang dikendalikan dari jarak jauh, melesat ke sana kemari seolah-olah Anda menjentikkan batang pengontrol. Namun begitulah kewaspadaan sasis sehingga hiperaktivitasnya terasa alami setelah beberapa menit yang hiruk pikuk, pertarungan front-end dan semuanya. Selain itu, di luar ketegasan awal, ada rasa kualitas nyata pada roda gigi yang berjalan – persis seperti yang menyoroti kekurangan VW.

Di mana T-Roc dapat menjadi bingung karena gundukan berturut-turut atau perubahan arah yang cepat, Ford melakukan perlakuan kasar, mendorong Anda ke kecepatan sedikit lebih dan sedikit kurang hati-hati saat Anda melayang dari sudut ke sudut. Bahkan dengan peredamnya yang sekencang mungkin, VW bisa merasakan mengejar ketertinggalan dengan gerakan roda dan bodi, sedangkan Puma tampaknya tidak pernah terganggu oleh apa pun yang dilontarkan jalan – atau oleh sikap Anda terhadapnya. Ini dilakukan dengan sangat, sangat cerdik, jauh lebih dari sekadar kekakuan sporty demi itu, dan berarti Ford tidak jauh lebih lambat di jalan daripada yang mungkin ditunjukkan oleh angka kinerja di atas kertas.

Berat badan, Anda tidak akan terkejut mendengarnya, memainkan peran penting dalam semua ini. Sistem penggerak empat roda VW dan DSG (dan interior yang lebih bagus) berkontribusi pada bobot kerb DIN 1.575kg, yang tanpa penumpang. Ford mengutip 1.358kg dengan pengemudi, yang merupakan perbedaan besar mengingat mobil secara harfiah dipisahkan oleh satu sentimeter panjangnya. Oleh karena itu, cara Puma menjalankan bisnisnya, menampilkan kelincahan seperti Fiesta yang hampir sama dengan generasi penerus VW yang lebih berat, saat mengerem, menikung, atau berakselerasi. Pertukarannya, dapat diduga, adalah mengunyah mil yang lebih halus saat dibutuhkan. ST tidak bisa masuk ke alur jalur luar seperti T-Roc. Crossover atau tidak, stereotip merek tetap ada.

Bukan berarti Ford buruk dalam jarak jauh, dan – dari tempat kami duduk – perilaku jalan tolnya yang sedikit kurang dewasa tampaknya merupakan trade off yang adil untuk hiburan yang ditawarkan. Faktanya, semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan Puma, semakin Anda cenderung berpikir bahwa menjaga agar tetap dekat dengan tingkat kesenangan Fiesta mungkin merupakan pencapaian teknik yang unggul untuk membuat palka begitu bagus di tempat pertama. Berbeda dengan VW, powertrain tetap menjadi suguhan juga. Tentu saja, triple 1,5 liter pasti lebih lambat daripada EA888 2,0 liter di VW, tetapi ini dihargai dengan beberapa turbo nyata lebih jauh di sekitar dial, dan soundtrack yang jauh lebih memuaskan. Tampaknya tiga silinder jauh lebih mudah untuk ditingkatkan ke efek yang baik daripada empat. Bahkan manual yang buruk akan memuaskan setelah DSG yang sedikit lamban, tetapi Ford sangat baik: lemparan pendek, berbobot baik, akurat dan licin – bahkan jika itu memasang tungau lebih rendah dari yang ideal.

Tentu saja, semua ini tidak mengancam untuk menaungi T-Roc sepenuhnya. Cara VW dinilai terlalu baik untuk itu. Tidak ada yang bisa membantah bahwa itu tidak tepat: untuk sebagian besar pembeli itu akan cukup cepat, cukup sporty dan cukup menarik untuk terjun pertama mereka ke SUV cepat. Bukan untuk apa-apa, tetapi rasanya sangat mirip Golf R lama, dan kami tahu betapa populernya itu – meniru pengalaman itu dalam bodi yang lebih modern sangat masuk akal saat baru, dan masih berlaku sampai sekarang.

Tetapi beberapa hal tidak pernah berubah. Kami tidak selalu mewakili mayoritas, dan dengan tidak melakukan kesalahan, T-Roc juga tidak benar-benar memenangkan Anda. Untuk semua kekurangan Golf R saat ini, R-Performance Torque Vectoring menambahkan dimensi baru pada penanganan yang tidak ada di sini. T-Roc bagus, tetapi hanya sebagus – mungkin sedikit lebih baik – seperti hot hatch pada tahun 2015. Puma tidak dapat mengklaim untuk meniru persuasifnya yang lebih luas dan kancing, tentu saja tidak dalam spesifikasi ini, bagaimanapun juga – tetapi keunggulannya yang lucu hanya akan membuatnya lebih memikat bagi segelintir orang yang berkomitmen.

Jelas Anda harus mengorbankan beberapa kemampuan segala cuaca (yang terasa kurang mengkhawatirkan mendekati titik balik matahari musim panas daripada musim dingin), sepotong kecepatan langsung dan sedikit ruang kepala, tetapi trade-in tidak cukup signifikan untuk membalikkan keunggulan dinamis Puma atau penghematan hampir Β£10k pada harga stiker. Ada juga beberapa daya tarik gagasan bahwa Ford belum mencapai target crossover kompak cepat tepat seperti VW; bagi banyak orang, jika bukan sebagian besar, gagasan tentang SUV tiga pedal, kemudi torsi ringan yang rusak, non-AWD, tidak luas akan menjadi sedikit masuk akal. Yang hanya menegaskan bahwa, melawan segala rintangan – dan mungkin kasus bisnis yang unggul – Blue Oval telah berusaha dengan setia untuk mentransplantasikan apa yang membuat resep ST istimewa sejak awal. Hasilnya mungkin tidak untuk semua orang. Tapi kami belum mencoba contoh yang lebih baik dari jenisnya.

SPESIFIKASI | 2022 VOLKSWAGEN T-ROC R

Mesin: 1.984cc, empat silinder turbo
Penularan: Kopling ganda otomatis 7 kecepatan, penggerak semua roda
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected]
0-62mph: 4,9 detik
Kecepatan tertinggi: 155mph
Bobot: 1.578kg (berat tanpa muatan)
MPG: 33.2 (32,1 pada roda 19 inci)
CO2: 194g/km (199g/km pada roda 19 inci)
Harga: Β£41.750 (harga standar; harga saat diuji Β£50.725 terdiri dari cat Lapiz Blue seharga Β£825, sunroof Panoramic seharga Β£1.150, velg Estoril 19 inci seharga Β£765, paket musim dingin (kursi depan berpemanas dan jet mesin cuci) seharga Β£295, Kontrol Chassis Dinamis seharga Β£975, Kamera tampak belakang seharga Β£275, knalpot titanium Akrapovic seharga Β£3,545, Discover Pro nav seharga Β£640, Meta Trak S5 VPS Tracker (termasuk berlangganan satu tahun) seharga Β£505)

SPESIFIKASI | FORD PUMA ST EMAS EDISI 2022

Mesin: 1.497cc, turbocharged 3-silinder
Penularan: Manual 6 kecepatan, penggerak roda depan
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected]
0-62mph: 6,7 detik
Kecepatan tertinggi: 137mph
Bobot: 1,358kg
MPG: 41.5 (WLTP digabungkan)
CO2: dari 155g/km (WLTP)
Harga: Β£32.595 (harga saat diuji Β£33.195 terdiri dari Paket Bantuan Pengemudi seharga Β£600)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *