Opel Monza 3.0 GSE yang dipulihkan untuk dijual

Ada mobil yang Anda inginkan, lalu ada beberapa model langka yang Anda inginkan ingin, ingin. Keinginan yang tampaknya muncul dari lubuk jiwa Anda dan mengambil alih seluruh keberadaan Anda. Semacam keinginan purba, pada tingkat yang sama dengan kebutuhan untuk bernapas, makan, dan tidur. Ya, saya ingin Ferrari 250 SWB dan Aston Martin DB5, dan segala macam ikon terkenal lainnya, tetapi saya lebih menginginkan Opel Monza GSE ini. Satu-satunya pertanyaan adalah, apakah harga ginjal menutupi harga permintaan Β£27.495? Jika ya, daftarkan saya.

Saya sedang melakukan percakapan culun dengan beberapa jurnalis otomotif lainnya tempo hari tentang mobil yang dulunya relatif biasa yang kita semua dambakan sekarang. Mobil seperti Peugeot 405 Mi16 dan sepupu Prancisnya, Citroen BX GTI 16v – mobil yang sekarang sangat langka sehingga Anda akan menemukan lebih banyak ayam bergigi daripada contoh ras tersebut. Yah, kita semua melupakan Opel Monza dalam pertemuan pikiran kecil itu.

Saya menyukainya karena berasal dari masa yang lebih sederhana, ketika coupe besar dan gagah tidak harus memiliki lencana BMW atau Mercedes untuk mengesankan. Ini adalah mobil yang menimbulkan kekaguman pada siapa pun yang berakal sehat, meskipun berasal dari kandang General Motors. Monza memulai hidup sebagai model A1 yang diproduksi dari tahun 1977 hingga 1982. Ini adalah mobil yang bersaing dengan Mercedes C123 dan BMW Seri 6, dan merupakan mobil yang tampan sejak awal. Itu juga luas di dalamnya, dengan ruang untuk empat orang di interiornya yang relatif kelas atas.

Bukan hanya itu, tetapi juga mobil yang rapi untuk dikendarai. Platform dasar yang dibagikan dengan Senator dan Rekord adalah platform yang layak, dengan penyangga MacPherson di depan dan suspensi lengan belakang independen di belakang. Itu menganugerahkan Opel besar (atau Vauxhall Royale seperti yang juga diberi lencana pada waktu itu) penanganan yang gesit dan pengendaraan yang nyaman. Selain itu, ada rangkaian motor enam lurus yang dapat diandalkan sekaligus mulus.

Pada tahun 1982 mobil tersebut telah menerima facelift dan menjadi A2. Bentuk keseluruhannya sama mempesona, siluet tetesan air mata, tetapi dengan hidung yang lebih ramping dengan lampu depan yang lebih besar. Di bagian belakang, pelat nomor diturunkan dan diintegrasikan ke dalam bemper dan ruang diisi untuk membuat lampu belakang tampil fitur lebar penuh. Itu sangat sering, begitu pula dengan bumper plastik one-piece depan dan belakang yang tampak jauh lebih modern. Seiring dengan tampilannya yang lebih segar, perubahan tersebut juga meningkatkan aerodinamika dan, pada gilirannya, membantu penghematan bahan bakar – hingga saat itu bukan salah satu kekuatan Monza.

Bantuan lain untuk efisiensi adalah pemasangan injeksi bahan bakar elektronik Bosch ke ‘sixes’ 2.5E dan 3.0E. Dan pada pertengahan tahun 1983, model 3.0 GSE diperkenalkan. Ini datang dengan tambahan olahraga seperti kursi Recaro, yang bagus, tapi tidak semenarik instrumen digital yang membuat anak kecil (dan lebih dari beberapa orang dewasa) terpaku di pameran motor. GSE juga memiliki suspensi yang lebih kencang, limited-slip diff dan, tentu saja untuk model sporty di tahun 80-an, terdapat spoiler boot.

GSE mengembangkan 180hp yang sangat praktis, yang cukup baik untuk 0-62mph dalam waktu sekitar 8,5 detik dengan kotak manual Getrag lima kecepatan. Namun, mobil ini tidak memiliki kotak manual. Ini otomatis – tetapi sebelum Anda semua mengeluh (memang, itu juga bukan pilihan saya) lihat tambahan lainnya. Kemenangan mudah cocok dengan mesin Carlton GSi 3000 24-katup nanti karena itu adalah pertukaran langsung, dan itulah yang kami miliki di sini. Dan kepala twin-cam dan pernafasan dual-ram berarti bagus untuk 204hp.

Menurut iklan tersebut, mobil ini telah menghabiskan Β£ 100.000 yang hampir tidak dapat dipercaya untuk memulihkannya. Itu tentu membuktikan bahwa bukan hanya saya yang terkepung oleh keinginan purba dari Opel Monza. Iklan itu mengatakan ada tagihan untuk membuktikan pembelanjaan, tetapi tidak sulit untuk percaya bahwa banyak uang telah diberikan kepada Monza ini hanya dengan melihat kondisinya. Mobil ini tampil luar biasa dalam warna biru tengah malam dengan antrasit dua warna dan velg palang 15 inci berwarna perak.

Jika, seperti saya, Anda sangat menyukai ikon tahun 80-an dan perlu diingatkan a) tentang Monza yang tampak fantastis dan b) keberadaannya sama sekali, maka saya harap Anda menghargai yang ini sama seperti saya. .

Spesifikasi | Opel Monza 3.0 GSE (bentuk standar)

Mesin: 2.969cc, lurus enam, disedot secara alami
Penularan: manual lima kecepatan, penggerak roda belakang
Tenaga (hp): [email protected]
Torsi (lbΒ·ft): [email protected]
CO2: T/A
MPG: T/A
Jarak tempuh yang tercatat: 86.000
Tahun terdaftar: 1984
Harga baru: T/A
Milikmu untuk: Β£27.495

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *