Luar Angkasa, Rahmat, I-Pace | Catatan kaki PH

Pengungkapan penuh sejak awal: Saya sangat menyukai Jaguar I-Pace. Selalu dilakukan. Sedemikian rupa sehingga I-Pace bekas mungkin akan menggantikan 335i sebagai bus keluarga Bird dalam waktu dekat. Oleh karena itu, mobil uji yang Anda lihat di sini – ya, Jaguar benar-benar memilih pers I-Pace menjadi Santorini Black dengan roda hitam 22 inci – dipesan sebagian untuk waktu yang lebih lama daripada yang dapat diberikan oleh dealer. Jadi kita jelas dari awal.

Tapi itu juga diminta untuk penilaian tindak lanjut yang tepat. Dan itu sebelum kepergian Thierry BollorΓ©. Tampaknya hilang dalam kecemasan seputar masa depan Jaguar dan kegembiraan obsesif industri untuk SUV listrik adalah fakta bahwa I-Pace masih ada. Entah dari mana di tahun 2018, Jaguar memproduksi mobil listrik yang benar-benar mengubah permainan, progresif, dan mumpuni. Kisarannya, jangan lupa, terdiri dari sedan, F-Pace, dan F-Type; lalu datanglah pesawat ruang angkasa bertenaga baterai yang memenangkan setiap penghargaan dan membuat pembuat Jerman terlihat sedikit gila – atau paling tidak lamban. Itu bahkan tampak sepenuhnya betah di barisan yang ada juga. Peluang Jaguar mengeluarkan pepatah di masa depan tampaknya jauh lebih menguntungkan ketika Anda mempertimbangkan I-Pace secara panjang lebar, karena itu benar-benar (dan) bagus. Tentu saja, lanskap mobil listrik akan terlihat agak berbeda pada tahun 2025. Dan itu tidak lama lagi.

Berada di depan waktunya hampir berhasil untuk keuntungan Jaguar – atau mungkin itu baru saja tanggal lebih lambat dari kebanyakan mobil yang diluncurkan empat tahun sebelumnya. Tentu saja, itu selalu menjadi model yang sulit untuk diabaikan. Tapi itu menjelaskan banyak tentang apa yang dicapai pada putaran pertama, dengan sedikit lebih dari peningkatan infotainmen pada tahun 2020, itu tetap kompetitif pada tahun 2022. Dan juga patut dicatat.

Ini masih merupakan EV yang tampak hebat, memanfaatkan sepenuhnya arsitektur yang dipesan lebih dahulu untuk mendorong roda keluar dan memaksimalkan ruang tetapi tanpa menumbangkan desain yang relatif ramping. Itu tidak sering terjadi. Interiornya, apalagi, masih terlihat kontemporer, meski beberapa detail pasti sudah ketinggalan zaman. Tombol knurled tebal untuk ventilasi adalah anugerah setelah begitu banyak layar, tombol mode dan drive tebal, dan Pivi Pro berfungsi dengan baik di sini seperti di tempat lain. Meskipun di layar yang lebih kecil. Akan bagus untuk memiliki fitur EV tertentu seperti Desain Suara Aktif dan pengereman regeneratif yang lebih mudah diakses, tetapi, sekali lagi, kita berbicara tentang mobil yang tidak banyak berubah sejak 2018. Ini masih berfungsi lebih baik daripada banyak mobil yang jauh lebih baru. Dan itu adalah Jag cepat dengan ruang kabin untuk lebih dari dua orang dewasa, ditambah banyak hal, yang masih terasa seperti keajaiban kecil.

Ada nuansa Jaguar yang tepat untuk itu, bahkan tanpa supercharger yang melengking atau V8 yang bergemuruh. Atau keduanya. Isyaratnya lebih halus tapi pasti ada, mulai dari cara menyetir hingga cara berkendara (keluar kota), bahkan di roda terbesar. Semuanya merespons dengan sangat apik, dan dengan polesan seperti itu, Anda tahu orang-orang mobil telah menghabiskan waktu untuk memikirkan detailnya. Karena tidak semuanya dalam jangkauan dan waktu pengisian dan membuat orang muak mencapai 60 mph ketika datang ke kendaraan listrik.

Tapi mereka memang membuat perbedaan, dan ada bagian dari paket EV yang sedikit menua I-Pace. Ini masih sangat cepat – terutama karena Jaguar tidak pernah menawarkannya dengan apa pun kecuali 400hp dan penggerak semua roda. Namun, hanya mampu menerima muatan 100kW (paling banter) ketika mobil seperti Kia EV6 dapat mengambil 350kW pasti membuat Jag terasa agak tua. Itu kemajuan untukmu. Dan hanya ada begitu banyak kue yang harus Anda makan dalam 40 menit. Tidak diragukan lagi, pengisian yang lebih cepat akan membuat perbedaan besar untuk perjalanan jauh. Namun, sekali lagi, perlu diingat seberapa jauh teknologi EV telah berkembang hanya dalam beberapa tahun yang singkat – 100kW sudah cukup.

Menjadi membosankan mendengar orang meminta rentang yang lebih jauh di EV, karena solusi jangka panjang yang masuk akal adalah lebih banyak pengisian daya dan bukan lebih banyak bobot dari lebih banyak baterai. Tapi I-Pace tidak cukup jauh untuk keluarga dengan orang-orang yang sering berkunjung ke sisi lain negara. Jarak dari rumah kami ke rumah ibu mertua saya adalah 155 mil, perjalanan yang cenderung kami lakukan setiap bulan. Dengan istirahat muatan pada perjalanan siang hari, umumnya baik-baik saja – tetapi dengan I-Pace kami memilih untuk melakukannya dalam satu pukulan (seperti yang Anda inginkan pada Jumat malam). Dengan 235 mil yang ditampilkan saat keberangkatan, ada kurang dari 40 yang ditampilkan begitu kami tiba di rumah, bahkan dengan mode Eco yang digunakan untuk sebagian perjalanan, AC dimatikan jika memungkinkan, dan kecepatan jelajah sekitar 65 mph. Itu membuat kunjungan akhir pekan menjadi stres karena Anda pasti jatuh ke dalam perangkap stres tentang jangkauan, dan pedesaan Suffolk tidak diberkati dengan pengisi daya. Bahkan perjalanannya lebih sulit karena Anda mencemaskan jarak bermil-mil di nav dibandingkan bermil-mil dalam jangkauan.

Jelas, ini bukan masalah yang unik untuk I-Pace, dan ada beberapa cara untuk mengatasinya – menggunakan rute yang lebih menguntungkan untuk mengemudi EV akan menjadi permulaan. Namun terkadang – cukup sering sebenarnya – perjalanan hanya perlu dilakukan dengan cepat, tanpa henti agar tidak membangunkan bayi yang sedang tidur. Anda tidak ingin khawatir dengan regen, mil per kilowatt jam dan berapa banyak energi yang ditarik oleh tambahan. Anda ingin merangkul apa yang terbaik dari I-Pace: yaitu berkendara dengan penuh percaya diri dan kepanikan yang seharusnya dimiliki oleh Jaguar modern.

Memang, itu adalah frustrasi terbesar dari beberapa ratus mil dengan satu-satunya kendaraan listrik Jaguar – saya dan mitra saya senang mengendarainya. Tapi karena kotak dinding dipasang di bungalo ibunya juga di rumah kami sendiri, I-Pace belum layak sebagai mobil keluarga. Kasihan. Namun, kabar baiknya adalah I-Pace tetap menjadi iklan hebat tentang apa yang dapat dilakukan Jaguar dengan penggerak listrik. Ini adalah mobil yang akan berusia lima tahun pada tahun 2023, namun masih dapat mengajari banyak EV lain tentang gaya, penanganan, dan rasa kesempatan. Yang pada akhirnya berarti masih ada harapan untuk Project Reimagine, dengan asumsi perusahaan dapat memanfaatkan semangat perintis yang terlihat di I-Pace. Bisa dibilang, itu tidak perlu merusak cetakan: mobil seperti ini yang bisa melangkah lebih jauh dan mengisi daya sedikit lebih cepat akan sangat fantastis. Tapi kami – dan pasar yang lebih luas – mengharapkan lebih banyak dari Jaguar listrik baru dari itu. Tidak kurang dari pemecah tanah lain akan melakukannya. Tidak ada tekanan, teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *