Aston Martin One-77 kedua dari belakang untuk dijual

Rangkaian produk Aston Martin dibagi menjadi dua kategori yang sangat berbeda. Di satu sisi, Anda memiliki memar mesin depan seperti DB11, Vantage, dan DBX. Dan meskipun mereka datang dalam berbagai kondisi nada, mereka semua adalah mobil GT. Kemudian, di ujung spektrum yang berlawanan, ada monster mid-engine seperti Valkyrie dan Valhalla yang akan datang.

Namun, putar kembali waktu ke akhir tahun 2000-an, dan Aston Martin benar-benar pembuat GT. Jadi, ketika saatnya tiba untuk memproduksi unobtanium dalam jumlah terbatas untuk orang terkaya di dunia, itu hanya akan menjadi mesin terdepan. Dan bisa dibilang salah satu era terhebat sepanjang masa. Di luar, sepertinya Vanquish pada steroid. Gril raksasa, segelintir ventilasi, dan lintasan sepanjang dua meter dengan bodywork aluminium terbentang di atas roda. One-77 entah bagaimana berhasil memadukan proporsi supercar dengan siluet penjelajah benua – dan ini adalah desain yang sepertinya semakin baik seiring bertambahnya usia.

Itu semua bisnis juga. Sementara hypercar saat ini penuh dengan sayap, desain One-77 mengutamakan kehalusan. Diffuser belakang yang sangat besar membantu menghasilkan downforce untuk stabilitas yang lebih besar pada kecepatan yang lebih tinggi, seperti halnya sayap pop-up kecil yang menyatu dengan rapi ke dalam bodywork saat tidak digunakan. Sebuah pemandangan umum hari ini, kurang begitu di tahun 2009. Rupanya, Aston Martin menahan keinginan untuk menumpuk lebih banyak downforce karena akan membutuhkan roda yang lebih berat dan suspensi yang lebih kaku, yang merupakan hal terakhir yang Anda inginkan dari sebuah GT. Untuk mencegah mobil berkubang di tikungan, sasis dibuat dari serat karbon untuk kekakuan struktural yang lebih baik dan menjaga bobot tetap minimum. Oke, jadi 1.630kg tidak terlalu ringan, tapi mengesankan untuk turis mewah sepanjang 4,6m.

Itu, dan itu membawa V12 yang besar. Secara khusus, unit aspirasi alami 7,3 liter yang disetel Cosworth menghasilkan 760hp dan torsi 553lb ft. Itu adalah mesin produksi paling kuat dari jenisnya pada masa itu, meskipun Cosworth sejak itu mengalahkannya dengan perpindahan yang lebih kecil dengan Valkyrie. Satu-satunya hal yang tidak menonjol tentang One-77 adalah kotak persnelingnya yang, tampaknya, sangat menyedihkan. Kritikus mengatakan manual otomatis enam kecepatan menahan persneling terlalu lama dan ketika memutuskan untuk mengganti, menunggu roda gigi berikutnya berbunyi klik akan terasa seperti selamanya. Tetap saja, dengan V12 besar di depan, memegang persneling bukanlah hal terburuk di dunia, bukan?

Seperti namanya, Aston Martin hanya membuat 77 unit (pikirkan ‘satu dari 77’), masing-masing dibandrol dengan harga sekitar Β£1,4 juta. Ini kemungkinan akan terjual habis jika diluncurkan hari ini, tetapi pada tahun 2009 – di tengah salah satu kehancuran finansial terbesar yang pernah dialami dunia – One-77 adalah penjualan yang sulit. Dikatakan demikian, semua 77 contoh menemukan pemilik dan, diduga, semuanya masih ada – meskipun ada shunt yang aneh.

Mobil yang sangat langka untuk orang yang sangat kaya. Pembeli tampaknya menyukainya, karena mereka jarang menghiasi iklan baris PH. Ini adalah satu-satunya yang saat ini dijual, dan ini juga salah satu yang terakhir diproduksi. Nomor 76 dari 77 sangat memukau, dengan cat Cobalt Blue dan velg yang serasi melengkapi interior blue-on-tan dengan indah. Faktanya, mobil ini telah melakukan putarannya dengan pers, baru-baru ini ditampilkan di halaman Top Gear. Itu tidak mungkin membuat label harga Β£ 1,75 juta lebih mudah untuk ditelan, tapi itu sedikit lebih murah daripada Valkyrie baru. Jika One-77 pernah ada di radar Anda, sekaranglah kesempatannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *