Porsche Cayenne (E1) | Pahlawan PH

Ini masih terasa seperti perdebatan, bukan? Terlepas dari kenyataan bahwa semua orang sekarang membuat SUV, bahwa Cayenne selalu sangat bagus dan banyak PH yang memilikinya, memberikan status Pahlawan pada Porsche 4×4 asli masih terasa seperti memicu beberapa. Tetapi jika pernah ada waktu untuk menilai signifikansi Cayenne dengan benar, itu adalah selama 20 tahunth tahun ulang tahun. Dan dengan kesempatan untuk mengendarai versi spek darat yang keren.

Menyebut generasi pertama ‘E1’ penyelamat Porsche mungkin berlebihan, tetapi tidak diragukan lagi bahwa itu adalah katalis untuk ekspansi dramatis pabrikan. Saat ini kami mengasosiasikan Porsche dengan segalanya, mulai dari pembalap LMDh hingga Formula E, dan 911 dengan hampir satu ton downforce dan bisa dibilang mobil listrik paling diinginkan di dunia. Dan itu memiliki sedikit Bugatti. Pasar terbesarnya saat ini adalah China, yang telah dibantu difasilitasi oleh Cayenne – terbukti tidak diragukan lagi ada permintaan atau Porsche empat pintu, yang (jangan lupa) belum pernah ada sebelumnya mobil ini. Ide untuk memperluas, yang muncul sejak tahun 1990-an, adalah ide yang cerdas. Jadi Panamera, Macan dan Taycan mengikuti dalam waktu singkat, dan mereka juga tidak melakukannya dengan buruk. Pencapaian sejuta unit telah dilewati Cayenne pada tahun 2020.

Untuk beberapa gagasan tentang bagaimana hal-hal telah berubah dengan Cayenne yang memimpin muatan, Anda dapat mempertimbangkan GT3. Kembali ketika SUV pertama kali diluncurkan pada tahun 2002, hanya 106 Gen 1 996 GT3 yang dipasok ke Inggris pada pergantian milenium. Sekarang ada hampir sebanyak 991 GT3 yang dijual di PH. Cayenne, meskipun tidak sendirian, telah mendorong kehadiran pasar semacam ini, dengan Porsche mampu memperluas penawarannya ke ibu-ibu yang dikelola sekolah dan direktur perusahaan yang kuat sambil tetap menyenangkan mereka yang menyukai flat sixes dan gearbox manual. Yang merupakan trik yang cukup rapi (dan menguntungkan) untuk dilakukan, dan jauh dari duo 996/986 yang ada sebelum pengenalan mobil ini.

Tapi ada banyak mobil yang menguntungkan selama bertahun-tahun yang tidak layak dipuji. Apa yang membuat Cayenne berbeda – dan apa yang terus menandainya, sebenarnya – adalah seberapa mampu sebenarnya itu. Suspensi udara, diff pusat penguncian penuh, kotak transfer jarak rendah dan penggerak empat roda variabel menunjukkan hal itu. Tinjauan kontemporer tercengang melihat bagaimana upaya pertama Porsche pada mode utilitas olahraga telah menggabungkan kemampuan off-road dengan sangat baik dengan dinamika on-road yang disortir dengan benar. Clarkson sendiri menyarankan itu lebih baik off-road daripada di atasnya, untuk beberapa gagasan tentang apa yang telah dicapai. Dan meskipun sulit untuk bergerak untuk SUV cepat hari ini, Cayenne Turbo 450hp sangat mencengangkan ketika BMW X5 maupun Mercedes ML tidak dapat mengumpulkan lebih dari 350hp. Cayenne, dari mana pun platformnya berasal, adalah mobil yang benar-benar inovatif. Sekarang, mungkin itu bukan dasar yang ingin dilanggar oleh beberapa orang di awal tahun 2000-an, tetapi ketika Anda memperhitungkan semua hal yang dibayar oleh Cayenne, sulit untuk membayangkan banyak keluhan tentang di mana Porsche berakhir.

Sayangnya, Cayenne ini bukan Turbo, melainkan S yang telah dirombak ringan oleh Porsche Classic di Inggris untuk menunjukkan apa yang sekarang mungkin dilakukan dengan mobil-mobil ini. Baru berusia 12.000 mil dan baru disiapkan untuk tugas hari jadi, tidak mengherankan jika bus tua itu menyenangkan untuk dikendarai. Mereka pasti tidak semuanya seperti ini. Jika ini yang dirasakan mobil segar pabrik 20 tahun lalu, sanjungan itu masuk akal. Seperti Cayenne sekarang, nyatanya terasa seperti Porsche yang lebih megah daripada SUV dengan kepura-puraan yang sportif. Karenanya, ini hampir terasa terkait dengan 911 dan Boxster saat itu. Ada kejernihan dan ketepatan yang sama pada kemudi (bahkan memungkinkan untuk ban off-road), bobot pintar yang sama pada kontrol, dan antusiasme dan kemauan yang sama dari mesin atmosfer yang hebat. Meskipun agak lumpuh oleh Tiptronic jadul (tombol shift yang dipasang di roda dan semuanya) V8 4,5 liter, yang baru dikembangkan untuk pemasangan ini, jangan lupa, memberikan torsi yang layak sepanjang putaran dan masih terasa cepat. pengisian cukup melewati 6.000rpm. Bahkan ada lebih banyak guntur Mad Max dalam yang satu ini, juga, dengan bagian belakang yang dilucuti, dan itu jelas bagus.

Selain itu, meskipun ini terdengar gila untuk mobil dengan panjang hampir 4,8 meter dan berat dua seperempat ton, SUV telah berkembang seperti mobil sport. Jadi Cayenne pertama tampaknya hampir kokoh dan kompak menurut standar tahun 2022. Ini lebih pendek dari M3 baru dan hanya selebar Macan; dikombinasikan dengan begitu banyak kaca dan kontrol yang akurat, jauh lebih mudah ditempatkan di jalan daripada yang diperkirakan, kebalikan dari ketidakjelasan yang mungkin Anda kaitkan dengan SUV dari era yang baru lahir. Atau mungkin harapannya rendah. Anda bahkan mungkin berani menyebutnya menyenangkan, membutuhkan sedikit kesabaran tetapi menghargai usaha. Ini juga seimbang. Tentu saja, mudah untuk melihat mengapa ini terasa sangat menyenangkan dua dekade lalu. Cayenne hanya mengemudi seperti mobil besar yang disortir dengan sangat baik.

Off-road yang masih layak juga, meskipun mobil ini dilengkapi untuk pengujian yang jauh lebih keras daripada yang dilakukan. Ada ground clearance yang layak, akses mudah ke locking diffs, dan tidak ada derit atau erangan yang tidak diinginkan saat berada di luar jalur. Tentu saja Range Rover akan melangkah lebih jauh daripada Cayenne, tetapi ketika model tersebut sekarang lebih baik dikaitkan dengan Turbo GT dan E-Hybrid, senang mengetahui bahwa Cayenne dapat melakukannya dengan kasar saat diperlukan.

Semua ini benar ketika mobil itu masih baru, tentu saja, tetapi daya tariknya – setidaknya untuk media mobil yang lebih luas – dirusak oleh gayanya. β€œSaya telah melihat luka gangren yang lebih menarik daripada ini”, ulasan Clarkson menyimpulkan. β€œTerus terang, saya lebih suka berjalan kembali ke studio daripada mengemudi satu halaman lagi di dalamnya”, tambahnya, agar pesannya tersampaikan. Bagaimana waktu telah berubah, eh? Kini keberadaan Cayenne di mana-mana, dan evolusi desain yang drastis di seluruh segmennya, membuat mobil pertama ini terlihat sangat biasa. Hampir polos, sungguh, dengan siluet yang sederhana dan wajah yang sudah biasa bagi kita semua. Masih tidak akan menyebutnya terlihat (ketika X5 asli terlihat lebih baik diselesaikan dari hari ke hari) tetapi Cayenne tidak lagi menyinggung. Apa pun yang Anda pikirkan tentang Cayenne, atau SUV secara lebih umum, kita semua setuju bahwa industri telah melakukannya jauh, jauh lebih buruk dari ini sejak tahun 2002. Untungnya, Cayenne ini juga merupakan bukti lebih lanjut dari teori bahwa setiap SUV terlihat lebih baik jika dipasangkan. petualangan. Dan pantas mengenakan perlengkapan seperti G4 Land Rover atau sejenisnya – jangan lupa Cayennes yang menang di Reli Transsyberia adalah model S.

Berkendara seperti Porsche, terdengar seperti Porsche, menang seperti Porsche – lihat? Sangat mudah untuk memahami mengapa Cayenne begitu antusias dirayakan oleh pembuatnya, bahkan sebelum mempertimbangkan kesuksesan komersial yang nyata. Dan meskipun Porsche klasik tidak akan pernah bisa disimpan dan disimpan untuk hari Minggu terbaik, mudah untuk memahami daya tarik bangunan seperti mobil khusus ini, memaksimalkan kemampuan off-road sambil tetap dapat digunakan (dan menyenangkan) di jalan. . Dan membuatnya terlihat lebih keren. Semua itu mungkin berarti ada lebih banyak hal yang salah – tetapi, hadapi saja, ada banyak SUV yang kurang sempurna yang telah dicintai dan dinikmati sebelum ini. Selain itu, ada Cayennes yang tampaknya rapi di luar sana dengan harga Β£5rb. Dan jika Anda masih tidak menyukai tampilannya, cara apa yang lebih baik untuk menyamarkannya selain lumpur di kaca spion?

SPESIFIKASI | PORSCHE CAYENNE S (E1)

Mesin: 4.511cc, V8Penularan: Otomatis 6 kecepatan, penggerak empat rodaTenaga (hp): [email protected]Torsi (lbΒ·ft): [email protected]0-62mph: 7,2 detikKecepatan tertinggi: 150mph
Bobot: 2.245kg (DIN)MPG: 19CO2: 361g/kmDijual: 2003-2009Harga baru: Β£44.530 (2003)Milik Anda untuk: dari Β£5k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *