Manual Lamborghini Gallardo | Pil Pemberani

Ini adalah waktu dalam setahun untuk membuat daftar dan memeriksanya dua kali – dan siapa yang tidak ingin melihat Lamborghini oranye cerah mengenakan busur di bawah pohon Natal yang sangat tinggi? Tapi Brave Pill minggu ini melanggar aturan kronologi musiman Desember dengan mengambil inspirasi dari perayaan boozier yang datang seminggu setelah ulang tahun Yesus. Karena 2023 akan menandai peringatan 20 tahun Gallardo, yang memberikan semua alasan yang diperlukan untuk merayakan contoh termurah yang saat ini ada di iklan baris.

Gallardo mungkin tidak mendapatkan sanjungan yang diberikan kepada Countach atau Diablo, atau tampil di banyak poster kamar tidur, tetapi tidak sulit untuk menyatakan bahwa itu sebenarnya adalah mobil Lamborghini yang paling signifikan. Lebih murah dan lebih baik untuk dikendarai daripada saudara perempuan V12-nya, membawa perusahaan ke tingkat kesuksesan penjualan yang baru dan membuka jalan untuk ekspansi selanjutnya. Total produksi 14.000 Gallardos selama satu dekade penjualan mungkin tidak terdengar mengesankan dibandingkan dengan kesuksesan yang lebih baru – Lambo mengirimkan 5.000 contoh SUV Urus saja tahun lalu. Tetapi Gallardo meningkatkan volume perusahaan lebih dari dua kali lipat ketika mulai dijual dan mendatangkan pembeli generasi baru, banyak dari mereka menginginkan mobil untuk dikendarai dan tidak hanya untuk berpose.

Ini mungkin mengapa sejarah berbaik hati kepada Gallardo, dan bahkan saat memasuki dekade ketiganya, dewa depresiasi terus tersenyum penuh kebaikan padanya. Satu-satunya Gallardo lain yang ditampilkan sebagai Pill yang dijalankan pada November 2020. Itu adalah contoh tahun 2007 – jadi lebih baru dari Pill 2005 minggu ini – tetapi juga menampilkan transmisi e-gear kopling tunggal otomatis yang kini ditentang oleh pasar bekas. dalam preferensi untuk manual. Dengan jarak tempuh yang sama, sebut saja daya tariknya. Pil terakhir dijual seharga Β£59.995 dan yang ini ditawarkan seharga Β£61.990. Inflasi jelas terjadi sejak saat itu, tetapi hal itu menunjukkan bahwa Gallardo awal masih menghasilkan lebih dari sekadar rekening tabungan. Dan, di puncak ulang tahunnya yang ke-18 dan telah menempuh jarak 67.000 mil, Pill kami masih mempertahankan lebih dari setengah nilai aslinya.

Ini, tentu saja, jenis matematika manusia yang tidak tahan pemeriksaan forensik mengingat besarnya biaya operasional untuk Gallardo mana pun. Ini kurang menakutkan bagi Lamborghini V12 – yang menjatuhkan tagihan cukup besar untuk menjadi tanjung di West Sussex – tetapi masih cenderung meninggalkan bekas luka di dompet setiap pemilik supercar pertama kali. Untuk indikasi betapa borosnya hidup dengan Gallardo dapat dipertimbangkan pengakuan biasa dari dealer yang menjual Pill kami bahwa ia memiliki mesin baru pada jarak 25.000 mil. Beberapa motor awal diganti dengan garansi karena konsumsi oli yang berlebihan, jadi mungkin ada salah satunya – tetapi jika tidak dibayar oleh pabrik, seseorang akan mendapatkan tagihan yang pasti akan membeli merek mobil sport yang lebih rendah- baru.

Namun, meski sudah bertambah tua, Gallardo tidak pernah berjuang untuk menemukan korban yang rela, dan tidak pernah sulit untuk melihat daya tariknya. Lamborghini ingin membuat mobil yang lebih kecil dan lebih murah selama bertahun-tahun, dan bahkan memasukkan Silhouette dan Jalpa bertenaga V8 ke dalam produksi, meskipun dengan keberhasilan yang sangat terbatas. Gagasan penawaran junior tidak hilang, dan pada tahun 1995 Lambo menugaskan Italdesign untuk membuat versi konsep dari model yang lebih kecil, ini ditampilkan di Geneva Motor Show 1995 dengan nama CalΓ  dengan mesin V10 yang dipasang di tengah dan inovasi yang sangat baru dari bodi serat karbon. Ini tidak menghasilkan produksi, tetapi ketika Volkswagen mengambil alih Lamborghini pada tahun 1998 segera mengeluarkan dana untuk memulai pengembangan sesuatu yang ditujukan pada bagian pasar yang sama – mobil yang menjadi Gallardo.

Sebenarnya, meskipun telah ditulis oleh Giorgetto Giugiaro sendiri, CalΓ  bukanlah desain yang sangat berani, tetapi produksi Gallardo benar-benar radikal. Ditata oleh Luc Donckerwolke, yang saat itu masih muda, mobil ini memulai debutnya dengan versi baru bahasa linier Lamborghini dengan tepi lurus, bukan kontur yang lebih melengkung dari supercar lain di era itu. Itu tampak, sejujurnya, spektakuler – dan meskipun gaya terus berkembang selama satu dekade kehidupan Gallardo dan segudang edisi khusus, tidak ada yang memiliki dampak visual lebih dari mobil aslinya.

Peninjau sebelumnya kurang memuji pengalaman berkendara Gallardo. Ia menggunakan mesin V10 5.0 liter yang disedot secara alami yang menghasilkan 500hp, dan yang menggerakkan setiap sudut melalui sistem penggerak semua roda standar. Performanya dapat diprediksi dengan pasti, tetapi mesin tidak memiliki harmonik top-end yang menarik dan rasio kotak roda gigi yang tinggi berarti tidak secepat yang seharusnya. Gallardo sangat cepat, tetapi iterasi awal bukanlah mobil yang tampaknya menunjukkan kenikmatan luar biasa saat didorong ke tepi. Dalam beberapa tahun telah diberikan V10 5,2 liter yang direvisi dengan tenaga lebih besar dan urutan pembakaran yang berbeda, persneling yang lebih pendek, dan suspensi yang lebih baik.

Terlepas dari upaya terbaik Enzo the Hamster, kami belum dapat melacak pendaftaran untuk Pill minggu ini – tetapi ini adalah mobil awal yang mungkin memiliki mesin 5.0 liter yang sedikit kurang disukai. Tapi, di sisi lain skala, itu menampilkan opsi yang sangat diinginkan dari gearbox manual. Seperti perusahaan lain dengan robo-box berteknologi tinggi di tahun sembilan puluhan, eksekutif penjualan Lambo melakukan yang terbaik untuk mengarahkan calon pelanggan agar memilih dayung. Pemindah gigi manual dengan gerbang terbuka menjadi semakin langka sepanjang umur mobil, dengan Lambo terakhir dengan pedal kopling adalah Gallardo 2014. Hari-hari ini pasar pasti lebih menyukai daya tarik analog dari shifter DIY, jadi Pill kami pasti menang dalam hal itu.

Tanpa catatan MOT untuk dipilih, kami hanya memiliki gambar dan deskripsi iklan. Dealer penjualan berjanji bahwa mobil tersebut memiliki 10 stempel di buku servisnya dan masih segar dari yang utama, dan juga duduk di atas ban baru. Itu semua untuk kebaikan. Gambar interior menunjukkan lebih banyak bukti keausan, dengan roda kemudi yang sangat mengkilap dan tampaknya ada perubahan warna pada konsol tengah. Switchgear Audi di konsol tengah, dan layar navigasi MMI yang kecil, juga bertindak sebagai pengingat berapa banyak wadah komponen korporat yang digunakan di dalamnya; kemudian Lambos menjadi jauh lebih baik dalam menyembunyikan asal-usulnya.

Pill kami mungkin bukan Gallardo yang akan Anda dapatkan jika diberi pilihan bebas dan anggaran tidak terbatas, tetapi harganya memang terlihat wajar untuk apa adanya – versi yang dapat digunakan dari apa yang tetap menjadi mobil yang benar-benar istimewa. Ia bahkan memiliki penggerak semua roda, bagi siapa saja yang mencari supercar junior sepanjang tahun yang cocok untuk kondisi musim dingin. Gallardo mungkin semakin tua, tetapi daya tariknya jelas tidak memudar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *