Land Rover Defender 130 2022 | Ulasan PH

Saat Anda sedang dalam mood, tidak ada yang lebih baik dari drive besar. Saatnya mengejar podcast, mungkin melakukan panggilan telepon yang aneh, dan jelas menunjukkan kepada semua orang di M1 cara menggunakan jalan raya dengan benar. Sekalipun rutenya tidak terlalu indah, mungkin ada sesuatu yang sangat memuaskan hanya tentang Anda, kendaraannya, dan tidak ada yang lebih untuk dipusatkan selain beberapa ratus mil.

Tentu saja, skenario alternatifnya adalah Senin malam yang menyedihkan setelah akhir pekan yang melelahkan, ketika prospek 239 mil ke tempat tidur dan hanya menunggu KFC sekitar setengah jalan bukanlah hal yang menarik. Jenis situasi ketika apa pun kecuali empat jam di belakang kemudi terdengar sebagai pilihan yang lebih baik. Dan tahukah Anda? Dengan caranya sendiri yang tak ada bandingannya, Defender 130 membuatnya menyenangkan. Dan 239 mil kembali keesokan paginya juga.

Untuk semua yang kami suka mengolok-olok SUV yang hanya populer untuk posisi mengemudi yang lebih tinggi, ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk naik ke Defender, mengintip dari balik kap mesin yang besar dan melihat sekeliling interior yang dinilai sempurna. Rasanya mewah dan tangguh, dengan kelonggaran yang cukup untuk membuatnya terasa Defendery – detail baut, tombol tebal, font – dan rasa kesempatan yang cukup untuk mobil yang lebih dari Β£ 85k saat diuji. Kursinya juga besar. Anda senang mengemudi jauh karena itu berarti tidak meninggalkan lingkungan ini dan menghadapi dunia luar yang suram. Sayang sekali tidak mungkin menguji Defender dengan lebih banyak penumpang, karena kabinnya juga sangat besar. Masih ada 290 liter dengan delapan kursi terpasang, meski ini ruang yang tinggi daripada yang panjang. Masih cukup untuk memasukkan beberapa tas, setidaknya. Tak pelak baris terakhir juga tidak terasa kelas satu seperti dua baris pertama, jadi sebaiknya bertahanlah untuk Defender Minibus jika Anda membutuhkannya.

X-Dynamic Defender 130 ini ditenagai oleh diesel hybrid ringan D300, dan sulit untuk memikirkan powertrain yang lebih cocok untuk tugas yang ada. Ini halus, kuat dan halus, dengan otomatis delapan kecepatan yang cukup tajam untuk menendang pada saat itu juga untuk menyalip tetapi juga ingin naik ke atas dan mempertahankan pelayaran yang tenang, 30mpg-plus. Tidak ada performa di sini dari model Range Rover yang lebih bertenaga, meskipun 479lb ft tidak pernah membuat Defender menginginkan potongan dan daya dorong (dan kebodohan yang luar biasa) dalam berkendara di jalan raya. Apakah itu akan sama dengan delapan kursi yang terisi, atau bahkan hanya beberapa kursi lagi, masih harus dilihat. Mungkin tidak akan kurang dari ini, mengingat beratnya 2.589kg tanpa satu orang pun di dalamnya, apalagi seorang pembalap dan tim netball.

Hanya satu dan dengan apa-apa selain CarPlay untuk perusahaan (bermain dari stereo Meridian yang sangat besar), Defender adalah kapal penjelajah luar biasa yang tak terduga. Pasti ada suara angin – pasti ada dengan siluet ini. Tapi itu teredam, sungguh, tidak pernah menjadi gangguan dari pekerjaan Anda sebagai komandan, memandu kapal besar ini, aman karena mengetahui bahwa tugas apa pun yang dilemparkan ke mobil itu akan lebih dari mampu untuk menanganinya. Panjang tambahan tampaknya tidak ada bedanya dengan tata krama jalan raya yang bagus (ini memiliki jarak sumbu roda yang sama dengan 110), meskipun mungkin sedikit lebih kaku untuk mengatasi bobot tambahan. Itu tenang, tenang, dan sangat santai.

Versi XXL ini – panjang 5.376mm dengan roda 20 inci di belakang! – pasti masih berkendara seperti Defender, yang bisa dikatakan sangat baik. Anda tidak akan tahu perbedaan dari belakang kemudi dengan 110 (90 pasti akan terasa sedikit lebih spritelier), dengan akurasi, kontrol, dan prediktabilitas yang sama dari setiap Defender baru. Itu akan menggelinding dan akan miring, tentu saja, tetapi tidak pernah terhuyung atau terhuyung-huyung tak terkendali atau berantakan. Kemudinya memiliki konsistensi dan kohesi yang sama dengan mobil JLR mana pun, artinya mudah (dan memuaskan) untuk menempatkan sesuatu yang begitu besar. Bahkan pedal menawarkan resistensi yang tepat. Tak lama kemudian Anda menghemat momentum sebanyak mungkin untuk berlarian melintasi bundaran, mengagumi betapa utuhnya Uluru roda empat ini. Hanya karena ujung depan terlalu banyak diminta dan bantuannya menangkapnya, sepatu bot menjadi dingin. The Defender adalah cornerer yang sangat mengesankan.

Hanya ada kesempatan untuk memercikkan beberapa genangan air dalam pengujian ini, daripada menguji kredensial 130 dengan benar. Tentu saja, itu mengabaikan tes off-road paling lama yang mungkin dilakukan tanpa menyadarinya. Menurut statistik, ini bisa terjadi di mana hampir di mana-mana kaleng 110 dengan suspensi udara, dengan sudut pendekatan yang sama (37,5 derajat dengan suspensi udara disetel pada ketinggian off road) dan sudut ramp breakover, pada 27,8 derajat dengan mobil lagi di off- ketinggian jalan. Tak pelak lagi, overhang belakang itu melanggar sudut keberangkatan, pada 28,5 derajat melawan 40 – harus ada kompromi untuk kenyamanan di suatu tempat. Ini masih akan sampai ke tempat yang tidak bisa dilakukan oleh mobil lain. Dan itu cara yang sangat memuaskan untuk bepergian, mitos tak terkalahkan yang ingin dicapai setiap SUV menjadi nyata. Dikelilingi oleh teknologi dan kemewahan, meski tidak cukup untuk sekadar merasa seperti Range Rover lainnya, percaya diri dengan pengetahuan bahwa setiap tantangan yang menghadang Anda dapat diatasi. Bahkan jika itu hanya orang lain yang tidak mau pergi.

Terlebih lagi, seiring waktu, proporsi 130 yang awalnya ganjil masuk akal. Bisa dibilang 110 tetap menjadi bagian terbaik dari desain Defender (dengan permintaan maaf kepada 90 penggemar Hard Top), tetapi Defender sama sekali tidak canggung seperti yang terlihat pertama kali setelah beberapa hari. Terlihat masif dan juga terlihat bagus. Faktanya, seluruh jajaran – tidak mungkin ada banyak mobil lain di luar sana yang dapat menyesuaikan dengan begitu banyak gaya tubuh.

Oleh karena itu, itu tidak bisa apa-apa selain keputusan yang sangat positif untuk Defender 130. Kritik yang sama yang ditujukan pada model lain masih berlaku di sini – lebih mahal dan lebih berat dari sebelumnya – jadi ini bukan model untuk meyakinkan para pencela. Namun dalam menyatukan kualitas dan keinginan 90 dan 110 dengan lebih banyak ruang, 130 memang membuat alasan yang sangat meyakinkan untuk dirinya sendiri. Ini terasa sebagai tambahan yang logis untuk jangkauan, daripada hanya berada di sana karena Land Rover dapat melakukannya, karena hanya ada sedikit penalti untuk membayar manfaat kepraktisan. Pasti tidak akan banyak orang di luar sana yang perlu membawa tujuh secara teratur, bahkan jika itu adalah mobil keluarga yang perkasa. Namun pembeli membenarkan Defender 130, tidak ada keraguan bahwa mereka akan sangat terkesan. Selama itu pas di drive, tentu saja.

SPESIFIKASI | LAND ROVER DEFENDER 130 D300

Mesin: 2.997cc, mild hybrid, straight six diesel
Penularan: Otomatis 8 kecepatan, penggerak semua roda
Tenaga (hp): [email protected]
Torsi (lbΒ·ft): [email protected]
0-62mph: 7,5 detik
Kecepatan tertinggi: 119mph
Bobot: 2.589kg (DIN)
MPG: 31.6
CO2: 234g/km
Harga: Β£81.365 (‘biaya dasar’; harga saat diuji Β£86.785 terdiri dari biaya pendaftaran Β£55, VED seharga Β£2.015, cat Eiger Grey seharga Β£895, roda ‘Style 6011’ 20 inci dalam Gloss Black seharga Β£525, Gloss Black Grafis Tanda Tangan (dengan penyimpanan interior) seharga Β£155, Paket Eksterior Hitam Diperpanjang seharga Β£975, Wi-Fi diaktifkan dengan paket data seharga Β£460, Secure Tracker Pro seharga Β£340)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *