Lamborghini Huracán Sterrato terungkap | PistonHead Inggris

Jika Anda menyukai rahasia, Anda tidak akan menyukai ini. Ini adalah rahasia dunia yang paling dirahasiakan, karena kami telah melihatnya, membacanya, dan mungkin satu atau dua dari Anda bahkan memiliki kausnya. Tetap saja, itu tidak menghentikan kami untuk menulis tentangnya lagi sekarang kami memiliki deet resmi tentang Lamborghini Huracán Sterrato yang baru. Ya, dan kami mengutip:

“Mobil sport super pertama yang dirancang untuk kenikmatan berkendara yang maksimal bahkan jauh dari aspal pada permukaan yang tidak rata atau tanah, menafsirkan kembali konsep sporty dan menekankan prinsip-prinsip merek yang berani, otentik, dan tak terduga.”

Itulah kata-kata Stephan Winkelmann, Ketua dan CEO Lamborghini. Singkatnya, itu saja. Turunan Lamborghini Huracán, yang disebut Sterrato, yang agak off road. Dan dibangun di sebuah pabrik dengan salah satu tanda di pintu bertuliskan, ‘Kamu tidak perlu gila untuk bekerja di sini, tapi itu membantu’. Hanya saja itu bukan hal yang sangat basi jika berbicara tentang Lamborghini – itu memang benar.

Lalu, apa yang membuat supercar paling fantastis ini? Nah, seperti yang Anda bayangkan, evolusi utama dari Huracán Evo ada di bagian suspensi. Ground clearance telah ditingkatkan sebesar 44 mm dibandingkan dengan Evo, dan itu dipasangkan dengan lengkungan roda yang lebih lebar untuk mengatasi peningkatan trek Sterrato: +30 mm di depan dan +34 mm di belakang. Ini jelas masih tidak setinggi mobil Dakar, jadi jika menemui beberapa hambatan yang lebih besar dari yang diperkirakan, pelindung bagian bawah bodi depan aluminium dicangkokkan, bersama dengan kusen yang lebih besar.

Bagian bodi lainnya adalah campuran aluminium dan komposit, dan karena masih berjiwa supercar, diffuser belakang harus tetap ada. Mungkin tidak banyak digunakan untuk off-road, tapi seperti yang dikatakan Lamborghini, ini adalah mobil untuk jalanan dan tanah. Ada juga asupan udara bergaya STO di atas penutup mesin untuk memberi makan V10 5,2 liter yang disedot secara alami dengan udara bersih saat Anda membajak alur melalui tanah. Untuk Sterrato, tenaga maksimum ditetapkan pada 610hp pada 8.000rpm (Lamborghini, terima kasih untuk itu) dan ada torsi 413lb ft saat diputar pada 6.500 rpm. Akselerasi biasanya epik, dengan Sterrato mencapai 62 dari posisi diam dalam 3,4 detik, tetapi kecepatan tertinggi dipatok pada 162mph yang relatif rendah.

Mencapai tingkat akselerasi itu akan tergantung pada permukaan apa yang Anda jalani, tentu saja, tetapi untuk menjaganya tetap konsisten, torsi disalurkan melalui gearbox dual-clutch tujuh kecepatan ke keempat roda. Ini bukan mobil yang dikotori oleh all-wheel drive. Untuk membantu memaksimalkan traksi, ada juga diferensial belakang yang mengunci secara mekanis. Membagi roda mana yang digerakkan juga dilakukan secara elektronik melalui kontrol penggerak empat roda, dan garis dasarnya diatur melalui sistem Lamborghini Integrated Vehicle Dynamics. Seiring dengan mode Strada dan Sport biasa, Sterrato menawarkan mode Rally untuk mengoptimalkan berkendara di permukaan dengan cengkeraman rendah. Ini pertama kalinya kami melihatnya di Huracán, tetapi bukan pertama kalinya di Lamborghini – itu juga bagian dari paket Urus Performante.

Performa pengereman harus di atas sana dengan Huracán lainnya. Sterrato hadir dengan kaliper monoblok di setiap sudut (depan enam piston dan belakang empat piston) yang bekerja pada cakram karbon-keramik berventilasi dan bor silang (diameter 380 mm di depan dan 356 mm di belakang). Ini duduk di belakang roda 19 inci dengan ban run-flat Bridgestone Dueler AT002 yang dikembangkan secara khusus berukuran 235/40 dan 285/40. Mereka juga memiliki ‘yang inovatif [tread] desain pola dan senyawa canggih yang memberikan cengkeraman sempurna baik pada kerikil dan aspal sambil mempertahankan penanganan yang sangat baik dan kinerja kecepatan tinggi ‘.

Di dalam, ada pelapis eksklusif Alcantara Verde Sterrato dan pembaruan perangkat lunak khusus Sterrato. Layar sentuh, misalnya, memiliki grafik baru tetapi juga sejumlah widget mengemudi off-road, termasuk inclinometer, kompas, indikator koordinat, dan indikator sudut kemudi. Sebaliknya, itu juga dilengkapi dengan Amazon Alexa. Aplikasi Lamborghini UNICA menambahkan fitur jarak jauh, seperti kemampuan memantau kecepatan mobil dan mengirim tujuan langsung ke navigasi. Dan Perekam Drive Lamborghini juga dapat merekam kejenakaan Anda saat mengemudi, sementara pengguna Apple Watch dapat memantau detak jantung mereka dari telemetri on-board.

Itu semua adalah garis samping dari acara utama. Apa yang dibuat Lamborghini di sini adalah jenis mobil yang sebagian besar tidak berguna, di luar sana yang, kami senang melihatnya. Ini tidak sendirian, tentu saja, dengan Porsche 911 Dakar menjadi berita utama di acara LA, tetapi Huracán Sterrato adalah plus steroid. Jika Anda menginginkannya – dan mengapa tidak – cepatlah. Proses produksi dibatasi hanya 1.499 unit dan akan dimulai pada Februari 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *