Honda Civic Tipe R 2023 | Ulasan PH, ambil dua

Tidak ada yang bisa dihindari, jadi sebaiknya urus dulu. Dari sekian angka menarik seputar Honda Civic Type R baru, hargalah yang paling menarik perhatian. Di Inggris, harganya £46.995. Warna apa pun selain abu-abu adalah tambahan £650. Tambahkan Paket Karbon dan Paket Penerangan dan Civic akan berharga lebih dari £50k. Pengurangan 25 persen pada kelembaman flywheel, ban depan lebih lebar 20 mm, dan penurunan suhu bantalan rem 60 derajat setelah lima lap panas, semuanya tidak begitu penting jika disajikan dengan kenyataan Tipe R £46.995. Ini £10k lebih untuk tambahan 9hp, masukkan paling blak-blakan, bahkan jika Tipe R ini adalah pembaruan yang jauh lebih signifikan dari itu. Namun, itu tetap merupakan angka yang tak terhindarkan – uang muka £ 11rb dan £ 499 sebulan selama tiga tahun tidak lagi enak – meskipun permintaan cenderung melebihi pasokan di masa-masa sulit ini untuk mobil cepat. Mungkinkah permintaan itu berkurang ketika disajikan dengan Civic yang harganya sama dengan Cayman? Atau akankah ada terlalu banyak kegembiraan seputar pembaruan hot hatch hebat – dan apa yang mungkin menjadi ICE Type R murni terakhir – sehingga harganya menjadi pertimbangan?

Untuk diungkapkan, mungkin. Pasti ada beberapa PHer dengan deposit di dealer mereka – maukah Anda melanjutkan? Bagaimanapun, ke mobil, dan bukan hanya harga mobil. Pembeli Inggris akan mendapatkan Civic 329hp, menggunakan mesin turbo 2.0 liter yang sama seperti yang ditemukan di mobil JDM 330hp tetapi dengan tenaga kuda yang diambil oleh filter partikulat bensin. Torsi hingga 310lb ft; dengan lebih banyak karet pada poros penggerak sekarang juga (Michelin Pilot Sport 4S 265 bagian), Honda memperkirakan ini akan mencapai 0-62mph dalam 5,4 detik dan 170mph. Cepat, kalau begitu, jika mau tidak mau tidak lebih cepat dari sebelumnya. Namun, FL5 jauh lebih dari sekadar kecepatan. Honda menggambarkan filosofi pengembangan sebagai ‘Ultimate Sports 2.0’, yang terdengar seperti lisensi Gran Turismo tetapi mencerminkan pendekatan evolusioner (karena FK8 lama dirancang dengan ‘Ultimate Sports’). Ini berarti hampir tidak ada yang tidak tersentuh dari perangkat keras yang sudah dikenal dalam mengejar surga hot hatch, mulai dari perekat yang lebih struktural dalam konstruksi hingga mengurangi permainan lateral pada perpindahan gigi, menambahkan lebih banyak turbin (dengan bentuk berbeda) ke turbo dan mengurangi bagian belakang. tekanan knalpot dengan meluruskannya. Ketika Honda mengatakan bahwa bukaan throttle telah ditingkatkan sebesar 10 persen, bahwa resolusi kemudi tenaga listrik (apa pun itu) telah ditingkatkan enam kali dan titik pinggul adalah 8mm, jelas ini adalah perombakan yang sangat menyeluruh (dan obsesif) – bukan hanya wajah yang lebih cantik.

Mungkin perubahan dinamis yang paling signifikan, trek Civic yang lebih lebar (depan 26mm, belakang 30mm dibandingkan dengan FK8) dan jarak sumbu roda yang lebih panjang, juga berkontribusi banyak pada tampilan baru yang segar. Ini benar berarti dari depan sekarang, rendah dan lebar seperti mobil touring. Yang terpenting, juga, tidak ada yang menyinggung, meskipun mengalami masalah Civic standar yang agak canggung berkat ukurannya yang tipis. Di mata ini, Civic memberikan kesan mobil cepat klasik Jepang, di mana yang sederhana dan biasa – pikirkan Impreza atau Evo standar – dibuat luar biasa dengan perombakan andalan yang berarti. Dan bukan ventilasi palsu yang terlihat. Tidak ada yang perlu dibenci dan bahkan sedikit yang disukai tentang penampilan Civic ini, yang pasti merupakan hal yang baik. Sama untuk bagian dalam: jok masih bagus, begitu pula setir dan posisi mengemudi, hanya sekarang semua yang Anda sentuh dan tekan terasa sedikit lebih berkualitas.

Lintasan mengemudi di Estoril adalah sedikit bencana, sejujurnya, hujan deras memotong sesi pertama. “Jika ini adalah hari perlombaan, tidak akan ada yang dimulai” adalah pandangan instruktur. Untuk kredit Civic, ia menangani kondisi musim hujan dengan sangat baik, menawarkan traksi yang luar biasa dan kemampuan pengereman yang luar biasa untuk mobil penggerak depan dalam kondisi tersebut. Tapi begitu Anda melakukan aquaplaning dengan gigi kelima di lubang lurus, sulit untuk berkonsentrasi lebih dari sekadar kembali dengan selamat dan mengeluarkan hati.

Ini mengering sedikit kemudian, jika tidak pernah mematikan wiper sepenuhnya, dan Civic terus mengesankan. Remnya luar biasa, baik untuk rasa dan kemampuan untuk menarik mobil dalam waktu singkat dengan stabilitas mutlak; mereka pasti merasa hampir seperti dunia lain di jalur yang kering. Komunikasi batas melalui kursi dan roda juga terasa lebih baik, meski mungkin tidak sebasah ini saat mengendarai mobil lama. Anda segera percaya diri untuk mengerem sedikit lebih lambat di sini dan menambah throttle lebih cepat di sana, karena Civic sangat mumpuni dan mudah dibaca. Menyenangkan juga – sepertinya tidak pernah begitu responsif terhadap lift sebelumnya, memperketat jalurnya dengan tajam hanya dengan sedikit oversteer. Tapi, lagi-lagi kondisi mendorong itu. Tetap saja, jika hari trek Inggris basah – kemungkinan besar – Civic akan tetap menjadi bagasi. Pergeseran manual benar-benar lebih baik dari sebelumnya, gerbang tampak lebih kompak di segala arah, pencocokan putaran tidak terlalu salah, bantuannya tidak terlalu nannying, belokan sangat presisi dan kemampuan untuk mendapatkan 320hp ke aspal berminyak benar-benar luar biasa. Setiap paket kecil yang telah diurutkan sebelumnya telah diperbaiki secara nyata di sini, untuk mengetahui seberapa bagus Civic di sirkuit. Terlepas dari kebisingan di +R; entah bagaimana itu bahkan lebih buruk, bernada tinggi dan nyaring.

Sedihnya, tidak ada momen pengungkapan yang luar biasa di jalan, berkat lalu lintas, kesulitan navigasi, dan, tentu saja, lebih banyak hujan. Bagi mereka yang cenderung lebih ramah, itu mungkin menguntungkan untuk pendekatan evolusioner yang halus, dipaksa untuk memperhatikan detail daripada meronta-ronta dalam kobaran lampu shift sambil bertanya-tanya dari mana £ 50k dapat diminta, dipinjam atau dicuri. Pada roda 19 inci sekarang, Civic berkendara mungkin sedikit lebih nyaman daripada mobil tua di usia 20-an, meski tidak sebanyak yang diharapkan. Sport dan +R masih terasa lebih kencang dari yang Anda butuhkan. Nyatanya Kenyamanan menjadi settingan default di jalan raya, jadi diurutkan dengan baik adalah redaman standar, kemudi, suara, dan perilaku mesin. Individu baru di sini, bagaimanapun, dan tidak diragukan lagi diterima. Karena meskipun tidak ada keinginan untuk mengubah pengaturan tersebut, throttle Sport yang sedikit lebih tajam dan dial +R yang lebih tajam cocok untuk dicocokkan dengan bit biasa di tempat lain. Mungkin itu akan berubah pada rute yang lebih kering dan lebih jelas, tetapi FK8 sebelumnya juga bersinar dalam Comfort lama.

FL5 ini tidak dapat disangkal lebih baik di jalan, tidak diragukan lagi. Apa pun yang terjadi di belakang roda BBS itu (evolusi dari yang lama Terbatas) sangat pintar, Tipe R memberikan lebih banyak traksi dengan Michelin yang lebih lebar tetapi tidak ada bobot kemudi yang tidak diinginkan, sensitivitas camber, atau kemudi torsi. Tumit dan jari kaki di jalan bahkan lebih memuaskan sekarang dengan respons throttle yang lebih kuat (bobot turun untuk flywheel serta inersia), pedal rem dengan presisi yang lebih tinggi, dan kotak manual yang lebih keren (kami telah membuatnya menjadi sebuah kata) . Tidak terasa lebih cepat, tentu saja, meskipun itu tetap berarti akselerasinya sangat cepat, dengan rasio pendek untuk membuat Anda tetap terhibur. Pengendaraan yang sedikit lebih lentur dipadukan dengan kontrol tubuh yang lebih ketat dan stabilitas yang lebih baik, dan kegembiraan pengoperasian yang menjadi ciri pengalaman sebelumnya bahkan lebih berlimpah. Sebenarnya Honda menginginkannya. Tipe R yang baru luar biasa hanya untuk berjalan-jalan dan lebih menginspirasi untuk mengemudi dengan cepat saat Anda mendapat kesempatan.

Tapi tidak jauh lebih menakjubkan – itulah kuncinya. Mungkin semua putusan ini akan terbukti tidak relevan, mengingat betapa sedikitnya Civic yang diharapkan masuk dan betapa putus asa para penggemar untuk mengambilnya, meskipun perlu ditunjukkan bahwa ini jelas bukan pengalaman £ 47.000. Ini meningkatkan pengalaman £ 36.000 beberapa tahun yang lalu, hanya saja tidak sampai tingkat itu. Untuk mengganti persneling, menggunakan interior, membelokkan mobil ke tikungan dan mengerem sekuat yang Anda berani adalah semua pengalaman yang lebih menyenangkan di sini daripada di mobil tua, hanya saja tidak dengan margin yang pasti muncul dari label harga tinggi itu. Ya, itu terlihat lebih baik dan lebih mampu, tidak diragukan lagi; kelangkaan yang diprediksi pasti akan diperhitungkan dalam mendukung FL5 di tahun-tahun mendatang juga. Ultimate Sports 2.0 telah menghasilkan Civic Type R sebaik yang kami harapkan, mengambil apa yang benar-benar luar biasa dan membuatnya sangat luar biasa dalam beberapa hal, meskipun dengan harga Ultimate Sports 3.0 (atau 4.0). Bahkan £42.000 akan dapat diterima untuk bakat nyata yang ditawarkan dan biaya saingan. Namun, ketika Championship White Civic Type R mendekati £50.000 daripada £45.000, ada yang tidak beres. Pada akhirnya, dalam cuaca dingin, keras, redup, dan hujan di hari musim gugur Portugis, FK8 tua dengan semua uang yang dihemat – atau sebagian diinvestasikan untuk memperbaikinya – terasa lebih baik menggunakan begitu banyak uang. Dan itu sangat disayangkan, karena ini adalah evolusi besar dari sebuah mobil brilian, dan pantas untuk dinikmati oleh sebanyak mungkin orang. Tapi itu tidak akan terjadi. Bukan berarti siapa pun yang dapat menangkap salah satu dari beberapa ratus orang yang datang mungkin akan peduli; salah satu hot hatch terbaik yang pernah ada sekarang pasti akan menjadi investasi yang aman juga.

SPESIFIKASI | HONDA CIVIC TIPE R GT (FL5)

Mesin: 1.996cc, turbo empat silinder
Penularan: Manual 6 percepatan, penggerak roda depan
Tenaga (hp): [email protected]
Torsi (lb·ft): [email protected]
0-62mph: 5,4 detik
Kecepatan tertinggi: 170mph
Bobot: T/A
MPG: TBC
CO2: TBC
Harga: £ 46.995 (sebagai standar dengan Sonic Grey Pearl; Rallye Red, Crystal Black Pearl, Racing Blue Pearl dan Championship White cat semuanya £ 650. Paket Karbon terdiri dari spoiler sayap Serat Karbon, panel konsol tengah serat Karbon dan trim ambang pintu Serat Karbon adalah £ 3.265. Paket Iluminasi terdiri dari lampu kaki depan dan bawah kursi, iluminasi pelapis pintu, iluminasi Cup holder dan Konsol, dan proyektor pola Illuminated Type R seharga £1.110)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *