De Tomaso memperkenalkan track-only P900 V12

Gagasan tentang supercar khusus trek tampaknya sangat dibuat-buat belum lama ini. Siapa yang akan menghabiskan jutaan pound untuk mobil yang hanya bisa dikendarai dalam waktu singkat di sirkuit? Banyak orang, ternyata. Orang-orang seperti Ferrari FXX-K dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro telah membuktikan adanya keinginan untuk hypercar tanpa batas yang hanya dapat dinikmati di lintasan balap – dan De Tomaso ingin beraksi.

Jadi itu menciptakan P900: rakasa trek bergaya Le Mans berdasarkan hypercar P72 yang cantik. Berbeda dengan mobil jalanan, yang ditenagai oleh Ford V8, P900 mendapatkan mesin V12 6.2 liter naturally aspirated yang menghasilkan 900hp. Nama itu sedikit giveaway. De Tomaso mengatakan itu adalah mesin yang dipesan lebih dahulu, dibangun dalam kemitraan dengan raksasa teknik Jerman Capricorn, mengirimkan tenaga secara eksklusif ke roda belakang melalui gearbox sekuensial enam kecepatan dan putarannya mencapai 12.300 rpm. Ini akan menjadi screamer mutlak, kemudian, dengan batas putaran yang lebih tinggi daripada Valkyrie bertenaga Cosworth dan GMA T.50.

Itu juga ringan. De Tomaso mengatakan mesinnya adalah V12 teringan dan terpendek yang pernah dibuat, dengan berat hanya 220kg. Ditambah dengan bak serat karbon dan bodywork, itu berarti P900 memiliki bobot hanya 900kg. Itu juga dipenuhi dengan winglet, splitter depan yang lebih dalam, diffuser raksasa di belakang dan sayap yang membuat sebagian besar mobil Le Mans memerah. Dan untuk jalan lurus, ada sistem DRS yang dapat digunakan pengemudi untuk mengaktifkan kecepatan warp.

Track-only spesial tidak terbatas pada batasan undang-undang emisi yang dimiliki mobil jalan raya, tetapi masih merupakan tugas yang sulit untuk mengembangkan V12 baru tanpa elektrifikasi dalam iklim saat ini. Tapi De Tomaso mengklaim mesin baru ini adalah “V12 netral karbon pertama di dunia” karena hanya dapat dijalankan dengan bahan bakar sintetis.

β€œSebagai penggemar otomotif yang bersemangat, sulit bagi saya untuk menerima masa depan yang digerakkan oleh EV secara diam-diam”, kata kepala perusahaan Norman Choi. β€œKami percaya bahwa alternatif memang ada, dan pengembangan platform baru kami, yang digerakkan oleh bahan bakar sintetik, adalah solusi kami untuk menjaga semangat bersama ini untuk teater mesin pembakaran tetap hidup. Usaha ke bahan bakar sintetik ini, mewakili komitmen kami untuk mengejar masa depan mobilitas tanpa emisi tanpa mengorbankan elemen penting yang sangat kita sayangi – jiwa dan simfoni sebuah mesin.”

Apa pun yang menjauhkan mesin V12 yang disedot secara alami dari tumpukan sampah adalah pemenang dalam buku kami. Untuk 18 orang yang sangat kaya, mereka akan mengalami batas putaran setinggi langit P900 secara langsung. Masing-masing akan membawa banderol harga $3 juta (atau Β£2,5 juta), dengan penyimpanan dan pemeliharaan di fasilitas baru perusahaan Nurburgring tersedia bagi mereka yang membutuhkannya. Bagi kita manusia biasa, kita harus bisa melihatnya – dan mendengarnya – di salah satu pameran motor besar musim panas mendatang. Lebih baik pesan tiket Goodwood Festival of Speed ​​​​2023 itu segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *