Renaultsport Megane R26.R | Tutul

Jarang dibuat mobil cepat yang mentah, fokus serius, dan terjangkau secara samar-samar, jadi kita harus selalu bersyukur bahwa Renault telah tiga kali mencoba Megane dua kursi. Itu benar-benar ide yang sangat gila, dan menciptakan trio hot hatch yang luar biasa. Tapi juga sulit untuk tidak merasa kasihan pada Renault secara keseluruhan; yang pertama berjuang untuk menjual, namun kembali lagi, dan bahkan ketika iterasi terakhir akan menelan biaya puluhan ribu lebih dari standar, ia menawarkan 30 kepada pelanggan Inggris. Ya, Trophy R terbaru adalah uang yang banyak, tapi sepertinya kita akan menuntut mobil semacam itu, berapa pun harganya, dalam waktu dekat. Renault layak mendapat banyak pujian atas kegigihannya dengan Megane yang dilucuti.

Saat ini, tentu saja, kami terbiasa dengan catatan putaran penggerak roda depan baru setiap bulan dan langkah-langkah penghematan berat yang drastis diterapkan tampaknya cukup sederhana. Namun, ketika Megane R26.R memulai debutnya di pameran mobil London pada tahun 2008, tidak ada yang pernah melihat yang seperti itu. Mini GP juga dijual tanpa bangku belakang, tapi tidak separah Megane. Focus RS yang juga memukau penonton di acara itu lebih berat seperempat ton. Megane R26.R dapat mengungguli Nordschleife dalam waktu 8:08, yang tidak akan mengejutkan pada tahun 2022 – saat itu kecepatannya lebih cepat daripada BMW M5.

Renault melakukan hal yang ekstrem sehingga mengejutkan penumpang mendapat tempat duduk. (Namun, mereka dibuat untuk melepaskan kantung udara.) Jendelanya terbuat dari polikarbonat, banyak kedap suara, ember Sabelt menghemat 25kg dan daftar opsi termasuk ban Toyo R888 dan knalpot titanium. Itu semua yang Anda harapkan dari mobil balap paling serius itu, hanya saja itu adalah Megane. Namun itu dibuat untuk mobil jalan raya yang lebih baik daripada R26 standar (setidaknya dalam kondisi yang tepat), karena bobot trotoar yang dikurangi memungkinkan suspensi yang sedikit lebih lembut tanpa kehilangan ketenangan. R26.R adalah pengalaman B-road yang epik, menggabungkan kinerja, keterlibatan, dan jenis kualitas sasis yang jarang terlihat pada mobil seharga Β£25k.

Tapi itu tidak cukup. Pada tahun 2008 banyak yang tidak menjual ide hatchback dua kursi (beberapa masih tidak), dan bencana ekonomi yang membayangi membuat mobil tanpa kompromi menjadi penjualan yang sulit. Saat ini mobil terjual habis sebelum diumumkan, hanya sekitar 160 R26.R yang terjual di sini (ketika 230 dialokasikan) tetap sangat luar biasa. Tidak diragukan lagi itu adalah rasa yang didapat, dan tidak cukup banyak orang yang tertarik.

Cukup luar biasa, bahkan dengan begitu sedikit – dan bahkan dengan ulasan pers yang hangat – Megane terdepresiasi. Pada tahun 2012 Anda bisa mendapatkannya hanya dengan Β£14k. Tapi kemudian peruntungannya berubah, karena Renault dan pabrikan lain mengambil supremasi penggerak depan dengan lebih serius dan menciptakan palka hardcore mereka sendiri. Hanya R26 yang sering dikembalikan sebagai tolok ukur untuk hiburan belaka, bahkan saat waktu putaran mobil-mobil selanjutnya melemahkannya. Maka nilainya mulai naik…

Ini adalah salah satu R26.R terbaik yang pernah kami lihat, hanya menempuh jarak 10.000 mil sejak 2009. Ini tidak dimodifikasi, yang jarang ditemukan, dan meskipun cat hitamnya bukan salah satu warna yang paling diinginkan – karena lebih sulit untuk melihat kap karbon – yang ini mendapatkan knalpot titanium, yang merupakan opsi baru yang mahal. Cambelt juga diganti pada awal tahun 2021, yang menghemat pekerjaan besar bagi pemilik baru.

Seperti yang diharapkan mengingat jarak tempuhnya, R26.R ini terlihat hampir baru – tali pengaman depan terlihat seperti belum pernah dibuka. Karbonnya sempurna, rodanya murni, dan Megane berbaris di dealer di samping 997 RS 4.0 liter yang sama sekali tidak terlihat aneh. Itu hanya mobil semacam itu. Sedihnya, seluruh dunia juga tahu betapa istimewanya Megane gila yang asli sekarang, bukan hanya kutu buku Nurburgring, itulah sebabnya yang seperti ini sekarang akan berharga Β£ 50rb. Yang mengatakan, seperti banyak ikon dua kursi, baik penggerak depan, belakang, atau empat roda, yang tidak akan terjadi lagi adalah apa yang menjaga nilai tetap kuat. Dan jika itu adalah pengalaman berkendara tak terlupakan yang Anda kejar, Megane pasti memilikinya.

SPESIFIKASI | RENAULT SPORT MEGANE R26.R

Mesin: 1.998cc, segaris empat, turbo
Penularan: Manual 6 percepatan, penggerak roda depan
Tenaga (hp): [email protected]
Torsi (lbΒ·ft): [email protected]
MPG: 33.2
CO2: 199g/km
Pertama kali terdaftar: 2009
Jarak tempuh yang tercatat:10.000
Harga baru: Β£24.040 (sebelum opsi)
Milik Anda untuk: Β£47.995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *