Nissan Skyline RS | Tutul

Anda tidak bisa menyebut Nissan Skyline tanpa memikirkan GT-R. Dari akhir 1980-an hingga milenium, Skyline GT-R adalah salah satu mobil berperforma paling berteknologi maju di planet ini, memberikan supercar dengan nilai dan tenaga yang jauh lebih besar saat menghadapi serangkaian tikungan. Dan, pada akhirnya, mereka membuka jalan bagi Nissan GT-R yang menguasai segalanya – minus nama Skyline – yang telah merusak hari-hari trek selama satu setengah dekade.

Tapi kita sering lupa bahwa garis keturunan Skyline yang panas mendahului R32 GT-R beberapa dekade. ‘Hakosuka’ asli menggebrak formula enam silinder yang menjadi bahan pokok GT-R, sementara generasi kedua yang sangat langka pindah ke siluet coupe yang lebih ramping yang dibentuk setiap generasi sejak saat itu. Hanya ini yang akan menjadi GT-R terakhir untuk bagian terbaik dari dua dekade, dengan Nissan mencoba sesuatu yang sedikit berbeda dengan formula R30 di awal 1980-an.

Segera setelah peluncuran Skyline generasi keenam pada tahun 1981, Nissan merilis versi performa untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh GT-R. Tapi sementara GT-R mengutamakan tenaga, model sport baru, yang dijuluki RS, akan lebih fokus pada bobot ringan. Nissan mengambil filosofi klub olahraga, bisa dibilang. Dengan berat hanya 1.130kg, RS akan menjadi 300kg lebih ringan dari R32 Skyline GT-R yang menggemparkan dunia pada akhir dekade ini. Namun, ini dilakukan dengan mengorbankan kekuasaan. RS diluncurkan dengan mesin 2.0 liter empat silinder aspirasi alami yang menghasilkan 150hp, menyamai Hakosuka GT-R 12 tahun lebih muda. Model turbocharged tiba tak lama kemudian, meningkatkan output menjadi 190hp, tetapi, dalam skema besar, output pabrik mulai menjadi tidak berarti dengan munculnya toko tuning independen.

Hanya ada satu cara untuk membuat coupe 80-an berbentuk kotak terlihat sedikit lebih racikan – membuatnya lebih berbentuk kotak. RS menerima bumper yang lebih tebal di bagian depan dan belakang, bersama dengan side skirt yang lebih dalam dan lampu belakang melingkar yang terbungkus selubung persegi panjang raksasa. Bagian bawah mobil diberi warna hitam – sebuah tren desain yang benar-benar harus kembali lagi – dengan nama model tercetak di depan lengkungan roda belakang. Ini mungkin saja menjadi salah satu desain otomotif paling keren sepanjang masa yang, sayangnya, hampir dilupakan berkat GT-R yang mengikutinya – sebuah mobil yang tidak akan pernah ada jika bukan karena kesuksesan RS.

Dan, fakta menariknya, R30 Skyline dan Rolex Daytona memiliki kesamaan. Keduanya memiliki edisi Paul Newman, dan masing-masing dianggap paling diinginkan dari barisnya masing-masing. Hanya Paul Newman R30s yang tidak akan membuat Anda mengembalikan ratusan ribu pound. Itu semua terjadi karena pembalap yang datang sebagai aktor adalah seorang pembalap pabrik Nissan pada saat itu dan merupakan wajah dari materi promosinya, jadi perusahaan berpikir akan menjadi ide yang bagus untuk mencantumkan namanya di Skylines spesifikasi teratasnya. . Dalam semua keadilan, satu-satunya perubahan signifikan adalah pelapis interior yang berbeda, tetapi itu cukup untuk membuatnya lebih dicari.

Itulah yang kami miliki dengan mobil di sini. Ini adalah contoh tahun 1984, lengkap dengan lampu depan berbentuk kotak dari mobil pra-facelift dan interior Paul Newman. Iklan tersebut mengklaim memiliki mesin FJ20 turbocharged, dan sesuatu yang pasti mengatakan ‘Turbo’ di bawah kap mesin, meskipun grafik eksteriornya masih untuk mobil yang disedot secara alami. Either way, itu sedang mengalami penyegaran mesin dan akan matang untuk penyetelan jika suasana hati membawa Anda. Semuanya seharga Β£24.995. Tidak bisa dikatakan tentang banyak Skyline klasik hari ini, bukan?

SPESIFIKASI | NISSAN SKYLINERS

Mesin: 1.990cc empat silinder
Penularan: Manual 5 kecepatan, penggerak roda belakang
Tenaga (hp): [email protected]
Torsi (lbΒ·ft): [email protected]
MPG: T/A
CO2: T/A
Tahun terdaftar: 1984
Jarak tempuh yang tercatat: T/A
Harga baru: T/A
Milik Anda untuk: Β£24.995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *