Praga mengungkapkan hypercar Bohema yang menakjubkan

Jika supercar modern terlalu berat, terlalu besar, dan terlalu umum, Praga Bohema baru akan menjadi angin segar. Ini dijelaskan oleh pembuatnya di Ceko sebagai ‘performa tinggi, volume rendah, mobil yang ditata dengan indah… mampu melakukan performa sangat tinggi di trek yang menargetkan waktu putaran mobil balap GT3 dengan Pirellis yang semi apik’. Yang merupakan langkah pembuka yang menggembirakan.

Meskipun hanya pada tahap prototipe untuk saat ini, tujuan yang ditargetkan dan detail konkret sejauh ini sangat, sangat serius. Bohema akan ditenagai oleh evolusi dari mesin V6 twin-turbo 3,8 liter milik Nissan GT-R; mesin apa yang lebih baik untuk menyetel kinerja mega daripada VR38DETT yang terkenal dapat di-tweak? Selain itu, telah ditingkatkan oleh Litchfield – sekali lagi, tidak ada yang lebih baik untuk mengerjakan mesin GT-R. Dilucuti dan diubah menjadi pelumasan bah kering untuk mendapatkan massa yang lebih rendah, Bohema harus menghasilkan 700hp dan 535lb ft. Mobil balap penuh keren dijamin dengan gearbox sequential Hewland, yang dilengkapi kopling robot untuk penggerak semi-otomatis. Praga mengatakan bahwa mesin dan kotak persneling terpisah dari sasis karbon untuk mencegah terlalu banyak resonansi dan getaran. Meskipun terlihat liar, hampir seperti Zonda, Bohema dimaksudkan untuk memuat dua orang serta barang bawaan mereka, yang terakhir terletak di pod samping. Ini dimaksudkan untuk menjadi ‘nyaman dan praktis untuk perjalanan darat yang memukau’, tidak kurang, dan tidak ada yang mau melakukannya di garpu tala V6.

Lampu paket terbaik. Praga menargetkan bobot basah tanpa bahan bakar sebesar 982kg, yang sedikit lebih dari setengah bobot GT-R yang berbagi mesin. Dan sementara bobot yang ditargetkan paling baik diperlakukan dengan hati-hati, Praga memang memiliki sejarah dengan konstruksi kelas bulu – pembalap R1 kurang dari 650kg. Untuk membantu ambisi itu, Bohema terbuat dari serat karbon, di sekitar karbon monocoque. Praga menghitung seluruh kokpit akan berbobot hanya 34kg dan hanya ada 180kg massa unsprung, misalnya. Yang terakhir didukung oleh suspensi pushrod yang dipasang secara horizontal. Paduan magnesium dan titanium juga digunakan secara luas. Remnya keramik, tentu saja, dan berada di belakang roda kunci tengah 18 inci di depan (19 detik di belakang). Jika pembeli menginginkan, 18s dapat dipasang secara keseluruhan untuk kompatibilitas dengan karet spek FIA GT3. Jika Trofeo R standar tidak cukup lengket…

Secara alami, downforce dan performa aerodinamis telah memainkan peran besar dalam pengembangan Bohema. Menurut Praga, bekerja di terowongan angin tim F1 telah menghasilkan lebih dari 900kg downforce pada 155mph, dengan kecepatan tertinggi lebih dari 186mph. β€œYang terpenting, teknik mobil yang terinspirasi dari aerodinamis tidak menghilangkan desain bodywork yang elegan dan menarik untuk memastikan mobil terlihat kencang, dan terlihat bagus”, tambah siaran pers tersebut.

Mungkin informasi paling menarik terkait Bohema sejauh ini adalah pernyataan Praga bahwa ini benar-benar akan menjadi mobil jalan raya yang bisa digunakan. Ini berbicara tentang pengendaraan yang luwes berkat penyetelan suspensi dan bobot yang ringan, kemampuan untuk menempatkan sepasang orang dewasa setinggi dua meter dalam kenyamanan ber-AC, kait derek dengan kamera belakang terintegrasi, dan kaca spion di non- sayap depan struktural ‘untuk memberikan struktur bergaya dan aerodinamis dengan pandangan belakang yang sangat baik tanpa getaran atau halangan’. Bahkan ada penyimpanan interior, dan dudukan telepon. Sangat asing bagi hypercar 700hp per ton dengan gearbox berurutan. Setir yang dapat dilepas dikatakan tidak kurang dari ‘sebuah karya seni’.

Praga telah mempekerjakan Romain Grosjean sebagai penggerak pengembangan untuk Bohema. β€œSaya kagum dengan performa Bohema yang luar biasa di trek, aksesibilitasnya di jalan raya, dan kemudahan transisi di antara keduanya,” katanya. β€œPraga benar-benar memenuhi tantangan saya! Di jalan raya, Anda mendapatkan pengendaraan yang mulus, mobil menghilangkan benturan, Anda dapat mengobrol dengan penumpang, dan semuanya tenang dan baik-baik saja. Kemudian cukup alihkan fokus dan Anda berada di trek. Pakaian yang sama, mobil yang sama, tetapi perasaan berubah dan Anda mendorong batas dan mengumpulkan waktu putaran yang luar biasa berulang kali, menemukan kemungkinan yang tidak dapat dipercaya di Bohema. Dan kami masih memiliki beberapa bulan untuk menyempurnakan kepatuhan di jalan raya dan waktu putaran di trek!” Kedengarannya cukup keren, tapi tentu saja dia akan mengatakan itu.

Akan ada 89 Bohema yang dibuat, mencerminkan 89 tahun sejak Praga memenangkan balapan jalanan Cekoslowakia tahun 1933 1000 mil. Telah dalam pengembangan selama lima tahun dan sekarang menerima tanda tangan, Praga mengatakan kita akan melihat mobil produksi pada paruh pertama tahun 2023. Rencananya membuat 20 setahun setelah tahun depan (ketika bertujuan membangun 10), dengan Bohemas tersedia di seluruh dunia, dari Australia hingga Amerika Serikat. Harganya Β£1,1 juta. Orang-orang di Inggris yang menginginkannya juga akan mendapatkan kabar baik lainnya, karena ada pusat merek global untuk pembukaan Praga di Inggris tahun depan. Harapkan lebih banyak tentang Bohemia di awal ’23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *