BMW Z4 M Roadster (E85) | Pil Pemberani

Porsche Cayman S berkaki panjang tapi murah minggu lalu menerima banyak cinta kritis dalam komentar, dan bahkan membujuk pemilik pertamanya untuk mendaftar ke PH untuk berbagi beberapa cerita di balik tingkat perolehan jarak tempuh yang spektakuler. Semuanya mungkin (atau mungkin tidak) berhasil membuatnya ditandai sebagai terjual hanya pada pukul 11 ​​​​pagi pada hari Sabtu pagi. Jadi mari kita lihat apakah petir dapat menyambar dua kali dengan pil lain yang memiliki kesamaan yang signifikan.

Ya, ada beberapa perbedaan yang jelas. Penawaran minggu ini memakai baling-baling berputar daripada lambang Stuttgart, mesinnya berada di ujung yang berlawanan dan tidak memiliki atap. Tapi ini masih mobil sport Jerman tahun 1990-an yang tampak cerdas, menghasilkan lebih dari 300hp dan mengarahkan daya tembak ke poros belakang. Label harga £ 9.990 membuatnya hanya sepuluh pound lebih murah daripada Cayman S, dan meskipun jarak tempuh 132.000 cukup untuk dianggap berkaki panjang di bagian pasar ini, itu masih hanya dua pertiga dari apa yang berhasil diraih oleh Porsche. Itu semua berarti tawar-menawar, bukan?

Tentu saja, mereka yang sebelumnya mengharapkan nilai Z4M melonjak memiliki banyak waktu untuk menumbuhkan janggut abu-abu yang panjang karena harga tetap sama dengan bagian Norfolk yang kurang menarik secara topografi. Dibandingkan dengan kriteria untuk mobil M yang paling diinginkan, baik versi coupe maupun roadster dari Z4M memiliki hampir semua kekurangan: volume terbatas, desain keren, dan salah satu pembangkit tenaga paling menonjol di divisi ini – dalam hal ini S54 six-338hp. silinder bersama dengan E46 M3. Namun itu masih berada dalam bayang-bayang residu yang dilemparkan oleh Z3M yang secara dinamis lebih rendah, bahkan dengan contoh yang tampak kasar dari roadster sebelumnya ditawarkan lebih dari dua kali lipat dari Pill kami, dan rata-rata meminta Z3M Coupe di iklan baris di utara £ 40.000.

Itu bisa berarti – karena crypto-bros masih meyakinkan kita – bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk membeli, bung! Tapi kemungkinan juga pengakuan pasar bahwa Z4M selalu menjadi mobil yang lebih mudah disukai daripada hidup bersama, berasal dari era ketika Divisi M menganggap prinsipnya sebagai hal yang sakral. Memasukkan mesin M3 lama ke dalam Z4 yang ringan menciptakan pesawat roket saku dengan kemampuan untuk mengalahkan Cayman S kontemporer dan mengungguli Mercedes SLK 55 AMG yang lebih babi. Insinyur M bahkan melakukan upaya yang cukup besar untuk memasang pipa di power steering hidrolik dengan alasan bahwa rak berbantuan listrik Z4 biasa tidak dianggap cukup komunikatif. Siapa yang membutuhkan lebih dari tingkat dedikasi itu?

Kebanyakan pembeli potensial, ternyata. Gairah Divisi M tidak bisa menutupi kekurangan mendasar Z4 bagi mereka yang mencari sedikit kepraktisan. Peluncuran pers Inggris asli untuk Z4M diadakan di Carolina Selatan, menggunakan mobil penggerak kanan langsung dari pabrik di Spartanburg yang membuatnya. Jurnalis diberi ini selama beberapa hari untuk pergi dan melakukan petualangan fotogenik – saya memiliki ide yang tidak orisinal untuk menuju Ekor Naga di Carolina Utara. Sayangnya ruang bagasi roadster yang remeh berarti bahwa fotografer tempat saya bekerja harus bepergian dengan tas kameranya yang cukup besar diletakkan di pangkuannya sejauh 200 mil, dengan tripod terjepit di ruang antara kursi dan lingkaran guling sehingga atap tidak bisa. ditutup. Tetap saja, saya turun dengan ringan – kru dari majalah lain kedapatan melanggar batas kecepatan dengan selisih sedemikian rupa sehingga mereka mendapat malam di sel dan telah diolok-olok dengan lelucon Duel Banjo sejak saat itu.

Sementara kepraktisan terbatas dibagikan dengan Z4 biasa, versi senior juga tidak memiliki banyak penanganan yang menyenangkan bagi pengemudi yang diharapkan oleh pembeli awal abad ke-21 dari lencana M. Ini mencengkeram dengan kuat dan berbelok dengan antusias, tetapi mendorong terlalu keras membuatnya tajam dan menggigit di mana M3 kontemporer mulus dan progresif, dan pengendaraannya juga bisa sangat keras. Margin antara “Saya sudah mendapatkannya” dan “itu punya saya” hampir tidak lebih lebar daripada di Z3M yang sama-sama cerewet.

Tapi masalah terbesar adalah harga. Saat diluncurkan, M Roadster berharga £42.750, yang mungkin terlihat seperti nilai yang luar biasa di masa-masa yang meningkat ini, tetapi berarti BMW empat kali lebih mahal daripada Boxster S pada tahun 2003. Ya, Z4 lebih cepat, tetapi tidak bisa menandingi Porsche. pada kemahiran atau kepraktisan dinamis – dan tidak mengherankan, kurva depresiasi BMW menyerupai lintasan lemming yang tertekan. Jauh sebelum contoh paling awal mencapai ulang tahun kesepuluh mereka, mereka sering turun menjadi £10.000 atau bahkan kurang. Yang cukup banyak di mana yang satu ini hampir satu dekade lagi.

Memang, uang yang diminta untuk Z4M yang lebih mengkilap dan jarak tempuh yang lebih rendah telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi meskipun Pill kami adalah yang paling murah saat ini di iklan baris, label harga empat digitnya tidak menjadikannya outlier terhadap pasar yang lebih luas. Penilaian dealer mungkin ditanggung oleh fakta bahwa yang satu ini telah menempuh jarak 132.000 mil, yang jauh melampaui sebagian besar saudara kandungnya yang dimanjakan. Namun dengan janji iklan akan riwayat layanan lengkap yang tidak perlu menimbulkan kekhawatiran yang tidak semestinya. Juga, sejujurnya, fakta bahwa ia telah memiliki enam pemilik dalam 16 tahun – ini adalah jenis otomotif yang akan membuat banyak orang menggaruk dengan cepat sebelum pindah.

Sejarah MOT kekurangan kejutan. Seperti kebanyakan mobil M, yang satu ini jelas berat pada rem, ban, dan komponen suspensi untuk dinilai dari saran semi-sering dan sesekali gagal. Tapi tidak ada yang menakutkan dalam catatan dan Pill kami tampaknya memperoleh jarak tempuh dengan kecepatan tetap, catatan resmi menunjukkan bahwa Pill telah berada di jalan tanpa gangguan. Singkatnya, ini terlihat seperti mobil M yang berharga baik dan dapat digunakan dari jenis yang semakin menipis untuk uang seperti ini akhir-akhir ini. Apakah nilainya akan naik? Mungkin – tetapi apakah penting jika tidak? Mulailah menggambar lingkaran Venn di sekitar ‘mobil M abad ke-21’, ‘terjangkau’ dan ‘bukan SUV raksasa’ dan Z4M adalah satu-satunya mobil yang tersisa di tempat teduh. Untuk alasan itu saja harus menjadi pemenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *