BMW 3.0 CSL 2023 terungkap

Siaran pers untuk BMW 3.0 CSL panjang. Sangat lama, tapi itu bisa diterima jika mencakup model yang dipesan lebih dahulu dengan tujuan tunggal untuk merayakan ulang tahun ke-50 M. Meskipun di awal ada paragraf ini:

‘BMW 3.0 CSL diproduksi dalam edisi yang sangat terbatas. Untuk menandai hari jadi, tepat 50 unit model khusus yang diberi nomor berurutan akan mulai dijual. Sejak awal, ini memberi BMW 3.0 CSL status langka yang akan menemukan tempatnya di koleksi kendaraan penggemar setia dan antusias merek BMW M.’

Apakah itu agak memalukan? Maksud saya, untuk memulai tampaknya mengakui bahwa mobil-mobil ini akan berakhir di koleksi mobil brankas, tidak pernah terlihat lagi. Saya kira itulah dunia yang kita tinggali sekarang. Ada juga banyak pembicaraan tentang bagaimana ini adalah mobil buatan tangan. Tentang bagaimana masing-masing membutuhkan waktu 10 hari untuk menyelesaikannya, oleh tim yang terdiri dari 30 teknisi khusus yang berkualifikasi dan berpengalaman yang berbasis di pabrik BMW Dingolfing di Moosthenning – pabrik yang antara lain membuat panel bodi untuk Rolls-Royce.

Finishing tangan meluas ke cat, dan penerapan garis-garis dan huruf M berwarna khas itu, bersama dengan panel bodi ringan yang membentuk lengkungan roda dan sayap belakang yang berlebihan. Oh, sayap itu. Ini mungkin elemen paling jelas yang mengikat CSL 3.0 2023 ini dengan aslinya. ‘Batmobile’ asli yang, tentu saja, merintis jalan di Kejuaraan Mobil Touring Eropa, memenangkan gelar pada tahun 1973 – musim perdananya – dan mengulanginya lima kali berturut-turut, antara tahun ’75 dan ’79, di tangan hebat seperti Toine Hezemans, Hans-Joachim Stuck, Chris Amon dan Niki Lauda.

Di antara semua gertakan pers, ada beberapa poin penting. Misalnya, CSL 3.0 2023, yang didasarkan pada M4 saat ini, menghasilkan 560hp. Itu menjadikannya mesin enam lurus produksi paling kuat yang pernah diproduksi BMW hingga saat ini – sama seperti mesin enam lurus 3.0 CSL asli 206hp yang ada di tahun ’73. Dan seperti itu, CSL ini juga hadir dengan gearbox manual. Benar, tidak ada mobil delapan kecepatan di sini; hanya manual enam kecepatan dengan rasio yangidealnya cocok dengan karakteristik kinerja ‘ dari mesin. Anda bahkan mendapatkan pola-H terukir pada kenop persneling putih yang dipesan lebih dahulu.

Satu-satunya sentuhan modern adalah CSL terbaru ini memiliki opsi pencocokan putaran dan mengirimkan tenaganya melalui Active M Differential. Ini menawarkan penguncian variabel terus menerus – hingga 100 persen torsi mengalir ke satu sisi – dan, jika Anda bertanya-tanya, torsi hanya mengalir ke dua roda belakang. Untuk membantu Anda mengaturnya, ia hadir dengan sistem kontrol traksi M yang dapat disesuaikan 10 arah.

Twin-turbo ‘six’ juga menghasilkan total torsi 406lb ft, dan, menurut BMW, memiliki akar teknologi yang sama dengan unit daya mobil pemenang DTM saat ini.’ Ini mencapai 7.200rpm dan memiliki bak mesin yang sangat kaku dalam desain dek tertutup tanpa lengan, poros engkol ringan yang ditempa, dan inti kepala silinder yang menampilkan teknologi pencetakan 3D.’

Seperti halnya mesin, suspensi didasarkan pada M4. Di depan berarti penyangga pegas sambungan ganda, sedangkan di belakang ada pengaturan lima tautan khusus untuk M3 dan M4. CSL mengusung redaman adaptif, alih-alih beralih ke suspensi yang dapat disetel secara manual, dan mempertahankan kemudi M Servotronic dengan rasio variabel. Cakram keramik karbon dipasang di sekeliling – 400 mm untuk gandar depan dengan kaliper enam pot; kaliper tetap piston tunggal dengan cakram 380 mm di belakang. Kaliper selesai dalam warna merah, dan ada dua pengaturan tipikal M untuk nuansa rem yang disesuaikan melalui sistem infotainment.

Saat itu, ke tubuh yang sebagian besar buatan tangan itu. Beberapa di antaranya terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon, tetapi atap, kap mesin, tutup bagasi, apron depan dan belakang, kusen samping, diffuser belakang, dan spoiler belakang adalah serat karbon murni. Elemen penghemat berat lainnya termasuk peredam belakang titanium yang mengurangi bobot sekitar 4,3kg di atas baja, meskipun belum ada bobot keseluruhan. Roda Y-spoke terbuat dari alloy ringan tempa (20 inci di depan, 21 inci di belakang). Mereka adalah roda pengunci tengah, yang dengan bangga ditunjukkan oleh siaran pers diperketat menjadi 686lb ft – nilai tertinggi untuk kendaraan produksi BMW Group.’ Nah, semoga berhasil mengganti roda di pinggir jalan kalau begitu. Mereka juga selesai dengan warna emas tahun 70-an yang sangat menarik, dan bersepatu dengan ban Michelin Pilot Sport 4 S yang unik untuk mobil ini; ada ’50’ tercetak di dinding samping untuk menunjukkan fakta itu.

Ada banyak penghematan berat di dalamnya juga. Misalnya, CSL memiliki insulasi suara yang lebih sedikit, panel pintunya CFRP, dan jok depan dapat disesuaikan secara manual dengan ember penuh M Carbon. Kursi belakang tidak ada; sebagai gantinya, Anda mendapatkan kompartemen penyimpanan untuk dua helm tabrakan. Seperti yang Anda duga, ada banyak Alcantara hitam, termasuk di jok dan roda kemudi, bersama dengan trim karbon matt dan jahitan kontras yang mencerminkan pewarnaan bodywork eksterior. Dan setiap mobil diberi nomor secara berurutan, dari #01/50 hingga #50/50.

Harga? Belum tahu, atau apakah semuanya sudah terjual. Kami telah menanyakan kedua pertanyaan tersebut kepada BMW tetapi belum menerima jawaban. Saya tidak akan bertaruh bahwa jawaban itu (a) banyak, dan (b) ya. Dan dengan asumsi mereka semua telah tersentak, sayang sekali banyak yang mungkin tidak akan pernah terlihat lagi sampai saatnya menghasilkan uang. Semoga saja tidak, ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *