Audi R8 Coupe V10 GT RWD | Ulasan PH

Saya selalu menjadi penggemar Audi R8. Saya tahu saya juga tidak sendirian dalam hal itu. Setiap orang memiliki alasan untuk menyukainya, tetapi bagi saya, salah satu kekuatannya yang menarik adalah menawarkan alternatif yang kredibel untuk keajaiban mesin belakang Ferdinand – dan saya berbicara sebagai anggota klub penggemar 911 yang dibayar penuh. Langsung dari blok, R8 generasi pertama membuktikan bahwa itu tidak ada hanya untuk membuat angka: itu ada di dalamnya untuk menang.

Model V8 asli itu masih dipandang oleh banyak orang sebagai yang terbaik karena kombinasi mesin V8 yang relatif ringan dan ringkas serta kotak persneling manual. Saya selalu lebih suka penampilan penggantinya. Meskipun hanya V10, R8 generasi kedua sebenarnya berakhir sedikit lebih pendek secara keseluruhan dan terlihat di mata saya. Dan meskipun kehilangan filosofi less-is-more dari manual V8 itu, ayolah: Lamborghini V10 yang disedot secara alami bukanlah tamparan di wajah, bukan? Tetap saja, apa pun pendapat Anda tentang teka-teki itu, sekarang bukan waktunya untuk bertengkar. Saatnya bersatu, karena R8 sedang berjalan. Untuk selamanya.

Tidak sulit untuk melihat ini datang, tentu saja. Aspirasi alami telah lama menjadi pengecualian daripada aturannya, dan, saat kita melangkah lebih jauh menuju masa depan baru yang berlistrik ini, menjaga agar aspirasi atmosfer tetap hidup seperti memalu pasak persegi yang semakin besar ke dalam lubang bundar yang semakin mengecil. Untuk memberikan R8 pengiriman yang tepat, Audi Sport telah merilis edisi terakhir yang terbatas. Namanya Audi R8 CoupΓ© V10 GT RWD. Hanya 333 yang akan dibuat dan, ya, semuanya telah diambil, meskipun harganya masing-masing sekitar Β£200.000.

Ada beberapa perubahan berarti untuk membenarkan harga yang lumayan itu, dimulai dengan paket aero baru. Ini mematok kecepatan tertinggi GT di 199mph, bukan 205mph di puncak Kinerja R8 Quattro, tapi itu karena ia memiliki lebih dari dua kali lipat downforce – dan karena itu lebih banyak drag. Rata-rata, R8 GT menghasilkan 300kg barang, yang, jika Anda terus mengikuti 911 GT3 RS baru, mungkin terasa agak lemah. Tidak. Squish 860kg GT3 RS itu aneh, dan untuk membuktikan bahwa penghitungan R8 GT hanya 60kg di bawah Ferrari 296 GTB – dan itu adalah model yang sama sekali baru, ingat, dengan bit flappy aktif. R8 GT tidak memilikinya. Ini berjalan dengan cara kuno, dengan sayap belakang tetap leher angsa yang lebih besar, ditambah diffuser belakang yang lebih besar, splitter depan dan kusen samping. Oh, dan ada beberapa strakes di depan roda depan dan bilah udara di belakang belakang.

Ceritanya sama dengan suspensi. Itu sekolah tua juga. Coilovers KW Automotive sebagai pengganti peredam yang dapat diatur secara magnetis. Anda masih dapat menyesuaikannya, tetapi Anda memerlukan beberapa kunci pas. Dengan pengaturan pabrik mereka menurunkan ketinggian berkendara 10mm di atas R8 standar, tetapi untuk pekerjaan trek Anda dapat menurunkannya 10mm lagi dan juga, tentu saja, mengubah pengaturan pantulan dan kompresi. Inti dari coilovers bukan untuk mengurangi bobot – meskipun R8 GT lebih ringan sekitar 20kg dari RWD Performance – tetapi untuk meningkatkan pengendalian. Penghematan berat berasal dari ketersediaan roll bar depan serat karbon, jok bucket karbon, dan cakram keramik, meskipun tidak ada yang eksklusif GT.

R8 GT juga mendapatkan mesin Quattro, yang berarti 620hp penuh. Torsi turun sedikit pada 417lb ft, itu bagus; mobil ini tidak semua tentang angka. Seperti halnya kecepatan tertinggi, GT lebih lambat hingga 62mph daripada Quattro (3,4 detik, bukan 3,1) tetapi karena akan mencapai nol hingga 124mph dalam 10,1 detik, Anda hampir tidak bisa menyebutnya lambat. Tapi seperti yang saya katakan, lupakan barang ‘milikku lebih cepat dari milikmu’: R8 terakhir ini lebih tentang bersenang-senang.

Itu sebabnya ia memiliki sesuatu yang disebut mode penggerak Torsi Belakang. Anggap saja ini seperti kontrol traksi variabel, tetapi tidak seperti sistem serupa yang akan Anda temukan di Ferrari, ini lebih tentang memperpanjang drift Anda daripada menurunkan waktu putaran Anda. Anda mendapatkan tujuh pengaturan untuk memvariasikan jumlah selip, yang Anda sesuaikan dari roda kemudi. Ini adalah sistem yang cerdas, karena tidak seperti kontrol traksi murni, sistem ini dirancang khusus untuk membuat R8 GT dapat diprediksi dan mudah digantung saat mengibaskan ekornya. Jumlah kontrol selip berubah tergantung pada kecepatan Anda: hingga 22 mph kendali sangat longgar, tetapi menyatu secara progresif dan mati (karena ada lebih banyak kontrol traksi, jika Anda menangkap saya, err, drift) seluruhnya pada 90 mph – karena , dan saya mengutip para insinyur di sini, “kebanyakan orang tidak ingin melayang di kecepatan 144kph”. Mereka ada benarnya, Anda tahu.

Perubahan lainnya termasuk gearbox dual-clutch tujuh kecepatan S tronic. Ini dari R8 pra-bensin-partikulat-filter, dan yang memiliki rasio roda gigi lebih pendek. Rupanya, ketika PPF diperkenalkan, para insinyur menjadi konservatif karena mereka khawatir rasio yang lebih pendek (dan peningkatan putaran) akan menghambat homologasinya. Sejak itu mereka menjadi sedikit lebih berani dan membuatnya bekerja, ditambah lagi mereka telah men-tweak perangkat lunak untuk mengurangi waktu shift dan juga membuat ‘kotak berubah turun pada putaran yang lebih tinggi – jika itu mencatat Anda kesulitan mengerem. Itu bagus, karena respon gearbox selalu menjadi titik lemah R8.

Audi sangat ingin kami mencoba semua mainan baru R8 GT. Kami memiliki beberapa waktu trek di Sirkuit Monteblanco, dekat Seville, dan ada jalur drifting yang disiapkan dengan, tampaknya, 800 PS4 Michelin baru tersedia untuk dihancurkan selama peluncuran. Siapa bilang produsen mobil kekurangan uang akhir-akhir ini?

Saya melakukan hal-hal trek terlebih dahulu, yang biasanya saat basah dan bahkan berkabut di beberapa tempat. Bukan kondisi yang sempurna untuk mobil penggerak roda belakang 620hp, dan bukan cara yang ideal untuk menilai perbedaan antara ini dan versi biasa. Namun demikian, saya melakukan tugas saya dan mencobanya, tetapi tanpa mobil standar sebagai pembanding, ini benar-benar tes yang terisolasi.

Pertama-tama, ada kebisingan. Ini sama seperti biasanya di R8, dan itu tidak merendahkan: V10 R8 selalu memainkan nada yang keras. Jika Anda belum pernah mendengarnya dalam perjalanan ke 8.400rpm, izinkan saya mencoba menjelaskan sensasinya. Ini menyajikan jenis drama yang Anda dapatkan dari salah satu badai petir pertengahan musim panas yang tepat. Saat badai jauh, itu dalam dan bergemuruh, begitulah suara V10 pada putaran rendah. Saat badai semakin dekat, intensitasnya meningkat dan guntur semakin keras dan mulai mengguncang segalanya. Itulah V10 di kelas menengah. Dan ketika badai tepat di atas kepala – dan semuanya terjadi, dengan hujan yang begitu deras sehingga seperti batu-batu kecil menghantam atap dan setiap sambaran petir menghasilkan retakan yang memekakkan telinga – itulah V10 pada putaran tinggi. Hanya memekakkan telinga yang tidak terputus-putus. Dan lebih keras. Dan tahukah Anda? Di setiap tahapan, di setiap titik putaran, itu sangat brilian. Saya sangat menyukai mesin ini.

Ini juga cepat, saat Anda bisa menurunkan daya dengan benar – tidak diberikan dalam kondisi licin seperti ini. Rasio yang lebih pendek itu membantu, karena mempertahankan intensitas, dan perubahan perangkat lunak agak memperhalus pergeseran, meskipun kotak S tronic masih belum ada PDK. Tapi siapa peduli? Mengeluh tentang hal itu saat kita menyaksikan pergolakan kematian seorang legenda sama seperti mengatakan Anda tidak menikmati penampilan live terakhir Elvis karena dia agak tomboi. Detail ini menjadi tidak relevan. Ini tentang gambaran yang lebih besar.

Terutama karena ada begitu banyak hal lain untuk dinikmati. Mobil-mobil trek menjalankan penurunan ketinggian 20mm penuh, yang berarti sangat sedikit ramping dengan tampaknya tidak ada kehilangan kepatuhan. Yang mengatakan, saya tidak terlalu menyimpang jauh ke trotoar yang licin dan dicat dan kami tidak pernah berkelana di jalan, sayangnya, jadi saya belum bisa 100 persen pada karakteristik kendara mobil dulu. Itu sebabnya saya meminta Audi untuk mencoba lagi di Inggris ketika demonstrannya tiba, tetapi saya akan terkejut jika itu tidak bagus. R8 Performance RWD yang kami uji baru-baru ini melawan 911 Carrera GTS melaju dengan sangat baik sehingga jelas Audi Sport tahu cara membuat suspensi, dan perangkat keras KW bukanlah barang dengan harga sewa rendah, jadi pertimbangkan beberapa bentuk keajaiban.

Karena kondisi tersebut, lampu traksi sering berkedip-kedip, jadi saya berpikir untuk melonggarkannya dan mencoba mode Belakang Torsi. Sekarang, pada titik ini mereka tidak menjelaskan kepada saya bahwa itu lebih bebas dan lebih mudah pada kecepatan rendah dan lebih mengendalikan saat Anda bepergian lebih cepat, atau itu sebenarnya bukan kontrol traksi variabel. Saya berharap mereka punya. Anda lihat, R8 GT terasa sangat stabil melalui kecepatan yang lebih tinggi, jadi saya terus menjadi lebih berani dengan throttle dan sedikit yang terjadi – itu terpaku. Jadi menjelang jepit rambut berikutnya, saya memutar kontrol torsi lebih jauh lagi dan, dengan unsur frustrasi, memberi R8 GT boot yang lebih besar saat keluar.

Yah, itu berjalan dengan baik. Saya berakhir sepenuhnya di kunci berhenti dan hanya menghindari putaran yang memalukan. Jadi saya sendiri mengetahui dengan cepat bahwa intervensi sistem bergantung pada kecepatan jalan, dan setelah saya mempelajari nuansa itu, saya menemukan ada sasis yang bagus dan menyenangkan di sini. Cengkeraman rendah dan Cup 2 (opsi yang dicentang untuk mobil trek) masih membutuhkan kehalusan – untuk menghindari setumpuk understeer yang tiba-tiba berubah menjadi setumpuk oversteer – tetapi input yang lebih lembut diterjemahkan menjadi momen yang menyenangkan. Terutama karena Anda bisa merasakan semuanya terjadi. Itu semua dalam cara R8 GT berbicara kepada Anda seperti supercar yang bagus: melalui kemudi dan jok.

Setelah makan siang, waktunya untuk drifting – untungnya sekarang musim kemarau. Ini membuktikan tidak hanya seberapa besar cengkeraman yang dapat dihasilkan R8 GT di permukaan yang kering (dan kami kembali ke PS4 sekarang), tetapi juga betapa mudahnya untuk mengontrol saat Anda berada di luarnya. Seperti yang saya temukan di trek, Kontrol Torsi tidak akan menyelamatkan Anda dari pemintalan, terutama di awal selip. Anda masih perlu menyeimbangkan throttle dan kemudi dengan perosotan, tetapi begitu mobil diatur ke sudut dengan sikap, ini membantu Anda mempertahankan selip dengan mudah. Sampai-sampai Anda dapat menyematkan throttle – saat Kontrol Torsi berada dalam pengaturan yang paling aman – dan hanya melakukan sedikit penyesuaian melalui roda. Saya memang menurunkan sistem menjadi minimal, hanya untuk merasakan bagaimana sasis bereaksi, dan saya beri tahu Anda: untuk mobil bermesin tengah 620hp, R8 GT adalah hal yang sangat mudah untuk digeser. Dan Anda ingin tahu sesuatu yang lain? Sebagian besar dari itu berkat respons throttle yang dapat diprediksi dan disedot secara alami, membuatnya sangat mudah untuk menggantung ekornya dan menghasilkan Joes berasap berkecepatan tinggi yang mudah. Itu sebabnya, tuan dan nyonya, kita akan sangat merindukan hal-hal semacam ini.

Anda tahu saya mengatakan R8 GT lebih menyenangkan daripada waktu putaran? Baik itu. Dan saya pikir itu memenuhi singkatnya dengan cemerlang. Saya tidak sepenuhnya yakin bahwa suku cadang aero menambahkan sesuatu pada tampilannya, tetapi menurut saya suku cadang tersebut membantunya tetap pada jalurnya saat tidak ada yang lain. Seperti yang saya katakan, tanpa mobil standar untuk perbandingan itu sulit ditentukan, tapi saya tidak peduli. Seb Vettel pensiun dari F1 akhir pekan lalu, dan tidak peduli bagaimana balapan terakhirnya berakhir, Anda tidak akan membiarkannya menentukan kariernya yang spektakuler dan sukses. Begitu pula dengan R8. Betapa jauh lebih baik R8 GT ini secara objektif tidak terlalu penting bagi saya, dan saya juga tidak yakin itu bagi Anda. Maksud saya, mari kita hadapi itu, label harga Β£ 200.000 yang menaikkan alis saja mungkin sudah cukup untuk menghitungnya ketika Anda memikirkan barang-barang jalan dan trek yang sangat berhasil lainnya yang membeli Anda. Namun, seperti Vettel, karier R8 yang luar biasa hingga saat ini adalah yang membuatnya mendapatkan garis-garisnya; R8 GT ini hanyalah perayaan itu. Seperti yang terjadi, Vettel memang mengendarai balapan terakhir yang luar biasa. Dia mencetak poin meskipun strategi pit stop yang mengerikan yang mengacaukan balapannya. Dengan cara yang sama, skor R8 GT juga. Ya, itu digagalkan oleh legislator, tetapi dengan lebih banyak tenaga dan dua roda lebih sedikit untuk mengirimkannya, ditambah sasis yang lebih responsif dan mode drift yang bodoh tapi luhur, itu memang cara yang pas untuk mengucapkan selamat tinggal. Selamat tinggal mobil yang luar biasa: mobil yang akan meninggalkan lubang besar di hati kita.

Spesifikasi | Audi R8 Coupe V10 GT RWD 2022

Mesin: 5.204cc, V10, disedot secara alami
Penularan: Otomatis kopling ganda tujuh kecepatan, penggerak roda belakang
Tenaga (hp): 620 @ 8.000 rpm
Torsi (lbΒ·ft): 417 @6.400-7.000rpm
0-62mph: 3,4 detik
Kecepatan tertinggi: 199mph
Bobot: 1.570kg
MPG: 18,8 (WLTP)
CO2: 340g/km (WLTP)
Harga: Β£200.000 (perkiraan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *