Lamborghini Miura S Jota yang Menakjubkan untuk dijual

Ferruccio Lamborghini membenci balap. Kita semua akrab dengan bagaimana perusahaan itu muncul – atau bagaimana legenda mencatatnya setidaknya – Ferruccio bersumpah untuk menghasilkan mobil jalan yang lebih baik daripada yang dibangun oleh Enzo Ferrari yang, sangat kontras dengan Lamborghini, jauh lebih banyak berinvestasi dalam motorsport. Ini adalah etos amukan banteng (kebanyakan) menempel sampai pembentukan pakaian Squadra Corse yang didukung pabrik sedikit lebih dari satu dekade yang lalu.

Meskipun mencoba-coba (kebanyakan gagal) upaya untuk memantapkan dirinya sebagai entitas motorsport setelah meninggalnya pendirinya pada tahun 1993, minat Lamborghini dalam balap motor dapat ditelusuri kembali ke Miura. Pada tahun 1970, pengemudi pengembangan perusahaan, Bob Wallace, telah mengerjakan sebuah proyek di waktu luangnya yang akan membuat Miura memenuhi syarat untuk peraturan lampiran J FIA. Meskipun Ferruccio Lamborghini kurang diminati. Wallace diberi sasis baru, mesin, dan penggunaan peralatan perusahaan – semuanya gratis – asalkan dia mengerjakan proyek tersebut di waktu luangnya. Tanah yang beruntung.

Disebut Jota, lebih lebar, lebih ringan dan menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar daripada Miura ‘biasa’ saat itu, dan akan menjadi cetak biru untuk semua edisi khusus yang berfokus pada trek sejak saat itu. Hanya Lamborghini yang tidak pernah memasukkan Jota ke dalam produksi, menjual satu-satunya contoh kepada pembeli pribadi sebelum dihapuskan dengan cara yang spektakuler di hamparan autostrada tertutup. Alih-alih membangun Jota lain, Lamborghini malah menciptakan enam mobil SV/J yang, meski bersemangat, tidak sebrutal mobil yang mereka hormati.

Namun, selama bertahun-tahun, beberapa pemilik Miura yang sangat berani telah mengubah supercar mahal mereka yang menakutkan menjadi spek Jota dengan bantuan spesialis Lamborghini, persis seperti yang telah dilakukan oleh pemilik sebelumnya dari Miura ini. Diekspor ke Jepang sebagai Miura S pada tahun 1969, mobil tersebut kemudian mengalami kerusakan mesin beberapa dekade kemudian dan diganti dengan motor SV, yang menurut iklan tersebut adalah yang pertama dari jenisnya. Tenaga meningkat menjadi 385hp – naik 15hp di atas S – berkat penyesuaian pada cam timing dan karburator Weber yang ditingkatkan. Pekerjaan berat datang pada tahun 2013, ketika spesialis lokal mengubah mobil ke spesifikasi Jota, sepenuhnya memulihkan mobil di sepanjang jalan untuk ukuran yang baik.

Mobil Jota bermunculan sekarang dan lagi, dengan beberapa menempel erat ke bahan sumber dengan bendungan udara raksasa di bagian depan dan sayap kecil di atas penutup mesin. Namun, mobil ini sedikit lebih halus. Satu-satunya perbedaan pada Miura S adalah lampu depan tetap, lengkungan melepuh di bagian belakang, tata letak knalpot quad, penghapusan ventilasi kap mesin dan desain roda. Interior memberikannya, bagaimanapun, dengan konsol tengah, lapisan kulit dan karpet hilang, memperlihatkan casing logam kosong di sekitar tuas persneling. Dan, karena pada akhirnya meniru prototipe, dasbor terdiri dari sekumpulan tombol dan tombol pemutus besar.

Daftar belanjaan yang panjang itu membuat pemilik sebelumnya membayar Β£365.000 – atau harga Aventador SVJ modern. Tetap saja, itu perubahan bodoh ketika Anda harus membayar jutaan hanya untuk mendapatkan versi boggo. Itu membawa kita dengan rapi ke harga barang itu. Itu tidak ada. Yah, itu terdaftar sebagai POA, tetapi mengingat kelangkaannya, kami akan membiarkannya meluncur. Dibutuhkan jiwa pemberani untuk bermain-main dengan supercar yang tak ternilai harganya, tetapi jika bukan karena orang-orang seperti ini, Jota akan hilang dari sejarah – atau ditata ulang sebagai edisi khusus berbasis Aventador yang cerdik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *