2023 BMW M340i xDrive | Ulasan PH

Ada tiga perubahan yang mengganggu pada BMW M340i facelift. Mematikan bantuan jalur tetap menjadi sedikit lebih sulit, dan sekarang membutuhkan memancing melalui satu atau dua sub-menu. Memilih pengaturan DSC yang lebih sporty – untuk lebih mengeksplorasi seluk-beluk transmisi xDrive standarnya – kini melibatkan dua penekanan tombol, bukan satu. Dan mengunci otomatis delapan kecepatan standar ke mode manual melibatkan langkah tambahan yang lebih rumit, yaitu memasukkan sakelar pemilihan gigi baru ke S lalu menarik dayung untuk menandakan niat Anda. Tidak ada ketukan ke samping yang cepat dari pemilih gigi di sini.

Sebagai pengenalan mobil, itu semua sedikit mengecewakan. Perubahan utama untuk G20 LCI (pembaruan siklus hidup, obvs) adalah layar sentuh melengkung baru dengan Sistem Operasi BMW 8, dan Anda harus terlibat dengannya jika Anda ingin membebaskan diri dari penjagaan lajur dan sistem DSC. Ketakutannya, kemudian, adalah bahwa BMW berfokus pada apa yang diinginkan semua orang – tampilan yang lebih besar dan interior yang lebih chintz – dan melupakan kami orang-orang yang lebih suka bersenang-senang.

Jangan khawatir. Trio quibble itu berhenti menjadi masalah yang mengakar. Memori otot akan muncul dalam beberapa jam setelah mengambil Tiga baru Anda, pada saat itu Anda sudah lama terkejut dan senang lagi dengan betapa bagusnya hal-hal ini untuk dikendarai. Anda akan mendorong jalan Anda ke pengasuh elektronik yang lebih longgar dengan hampir tidak berpikir.

Sementara arus digitalisasi yang tak terbendung mungkin tidak segera berbicara dalam bahasa kita, BMW telah mendengarkan. Atau terutama yang dimiliki tim penanganannya. “Kami masih menjadi patokan di kelas kami, jadi mengapa kami perlu mengubah sesuatu?” Kata-kata berani Mischa Bachmann, gelar resmi Manajer Proyek Driving Dynamics, yang mengambil langkah mundur selama pembaruan G20 untuk membiarkan rekan-rekan di departemen lain mengutak-atik formula.

Jadi rupanya tidak ada yang berubah secara dinamis. Turbo enam silinder lurus 3.0 liter terus beroperasi di depan dengan output puncak 374hp pada 5.500-6.500rpm dan 369lb ft pada 1.900-5.000rpm. Belum lagi kesopanan sambutan di kota saat Anda diam-diam berhenti dengan bantuan teknologi hybrid ringan 48V (yang merayap ke lembar spesifikasi M340i di akhir tahun 2020). Otomatis delapan kecepatan seperti sebelumnya tetapi sekarang menawarkan fungsi M Boost yang memungkinkan Anda turun ke gigi serendah mungkin dengan tarikan pedal kiri yang diperpanjang. Tidak ada yang baru di dunia mobil performa, tetapi sentuhan menawan di salah satu yang pasti akan melihat lebih banyak hari tandang tim daripada trackdays.

Yang terpenting, itu masih berjalan dengan baik – lebih baik daripada yang saya ingat sebenarnya, membuat saya bertanya-tanya apakah BMW benar-benar memiliki telah mengutak-atik sedikit di latar belakang – sementara xDrive mempertahankan rasa ditinggalkannya yang persuasif. Jika Anda mengeluh setelah mengetahui bahwa itulah satu-satunya cara agar kita dapat membeli M340i, maka jangan khawatir. Sistem tahu persis kapan Anda ingin membuang tenaga di gandar belakang dan selalu siap melakukannya. Anda tidak dapat mengubahnya ke mode khusus RWD seperti M3, tetapi Anda juga tidak perlu melakukannya. Keahliannya untuk membiarkan Anda keluar dari bundaran dengan gaya luar biasa. Tidak dapat dihindari bahwa ini terasa seperti mobil besar dan berat akhir-akhir ini, tetapi fakta bahwa BMW dapat menembus tantangan massa (serta lapisan teknologi yang terus meningkat) untuk membuat penanganan yang ‘benar’ terasa mendekati luar biasa.

Dan apa powertrain. Kembali pada tahun 2019 saya tinggal dengan Z4 M40i selama enam bulan dan agak jatuh cinta pada akhirnya. Mobil itu sedikit lembut di tepinya, tetapi mesin yang menyenangkan untuk berbagi waktu setiap hari, gemuruh putaran saat start-up tidak pernah menjadi tua, atau kecenderungannya untuk berputar hingga 7.000 – dan dengan karakter nyata , juga. Ada beberapa penambahan suara yang terjadi di M340i ini, tapi lucunya itu dimatikan melalui sub-menu yang sama persis dengan gubbins lane-keep. Sudah kubilang BMW mendengarkan kebutuhan kita.

Pada catatan yang mana, LCI ini juga menandakan akhir dari mode Kontrol Gerakan. Para insinyur dengan cepat mencatat – dari penggunaan mereka sendiri, sebanyak umpan balik pelanggan – bahwa satu-satunya gerakan yang berguna atau dapat diterima secara sosial adalah memutar-mutar jari di udara untuk menyesuaikan volume, tindakan yang akan Anda lakukan begitu dekat dengan tombol volume fisik sehingga itu semua sedikit pantomim. Jadi, setelah putaran U yang luar biasa tanpa malu-malu pada teknologi yang belum genap berusia satu dekade, fokusnya sekarang adalah pada layar sentuh raksasa. Dan, jika Anda menginginkannya, beberapa fungsi Alexa bawaan.

Itu berarti tombol pengatur suhu telah diangkat dan diserap ke dalam layar, tapi untungnya tombol itu tetap di tempatnya, jadi itu jauh dari gol bunuh diri yang dicetak VW di Golf terbaru. Kontrol putar iDrive juga membuat posisi terakhirnya di sini untuk menjaga kita tetap dalam lingkaran. Namun, jangan mengharapkannya pada apa pun yang terjadi selanjutnya dalam kisah hidup 3-Series.

Anda berharap itu hanya menjadi Seri 3 generasi kedelapan, bukan? Ini tetap menjadi buku terlaris BMW dan lebih dari 16 juta telah menemukan rumah sejak E21 tiba pada tahun 1975. Para insinyur tidak akan memakukan warna mereka ke tiang mana pun ketika didorong pada masa depan jangka panjang mobil, bagaimanapun, tidak peduli berapa banyak espresso PH menghujani mereka dengan . Lihat, 2025 membawa kedatangan kedua BMW Neue Klasse. Yang asli tahun 1960-an membantu menelurkan Hofmeister Kink dan revolusi jajaran model perusahaan, sedangkan Neue Klasse 2020-an akan sepenuhnya elektrik dan fokus pada interior sederhana yang terbuat dari bahan daur ulang. Serta – semoga – dinamika tajam yang telah diberikan pada sedan BMW berukuran normal seperti ini selama bertahun-tahun keledai.

Kembali di sini dan sekarang, sekitar 15 persen dari Seri 3 yang dijual di Inggris adalah varian M Performance – M340i ini atau saudara kandungnya M340d yang minum diesel – sementara dari rekor M Division 163.541 penjualan di seluruh dunia pada tahun 2021, hanya lebih dari 70 persen adalah salah satu dari model rumah singgah ini sebagai lawan dari mobil M yang penuh lemak. Sekelompok statistik yang mengatakan, singkatnya, mobil ini tetap menjadi bisnis besar, bahkan ketika Anda mendapatkan kinerja yang hampir sama (namun biaya operasional yang lebih rendah secara spektakuler) dari plug-in hybrid 330e.

Dari awal yang mengecewakan hingga akhir yang sangat menggembirakan. Namun demikian, sementara digitalisasi belum disaring ke dalam M340i tanpa kita sadari, kesengsaraan yang dihasilkan benar-benar kecil. Ini tetap menjadi mobil yang luar biasa untuk dikendarai dan merupakan lambang dari apa yang seharusnya menjadi sedan atau perkebunan olahraga sehari-hari – setidaknya bagi kita yang masih belum siap untuk memasang mobil kita di rumah.

SPESIFIKASI | 2022 BMW M340i xDrive

Mesin: 6 silinder segaris, 2.998cc, bensin turbocharged
Penularan: otomatis delapan kecepatan, penggerak empat roda
Kekuasaan: 374hp @ 5500-6500rpm
Torsi: 369lb ft @ 1900-5000rpm
0-62mph: 4.4 detik
Kecepatan tertinggi: 155mph (terbatas)
Bobot: 1800kg
Ekonomi: 36.2mpg
CO2: 177g/km
Harga: £54.805 (Tur adalah £56.455)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *