Dijual Mazda MX-5 Le Mans Edition

PH memiliki beberapa sejarah dengan mobil ini. Kami tidak hanya menampilkannya sebagai yang terlihat sebelumnya, tetapi Dan T benar-benar mengendarainya kembali pada hari itu (apa pun yang lebih dari sepuluh tahun yang lalu memenuhi syarat sebagai ‘hari’, bukan?) untuk fitur Pahlawan PH. Apakah Edisi Le Mans benar-benar memenuhi syarat sebagai pahlawan yang sah dalam mengemudi mungkin merupakan poin diperdebatkan – karena, setidaknya secara konseptual, itu pasti tepat untuk uang.

Untuk satu hal, itu dibangun untuk merayakan kemenangan Mazda di Circuit de la Sarthe pada tahun 1991, yang signifikan karena sejumlah alasan. Ya, itu adalah kemenangan pertama Mazda, tapi yang lebih penting, ini adalah kemenangan keseluruhan pertama yang pernah diraih oleh pabrikan Jepang di ajang balap ketahanan paling terkenal di dunia. Ada juga cara kemenangannya, seperti yang terjadi pada 787B yang tidak disukai dengan mesin Wankel 2,6 liternya.

Sayangnya, mobil No.55 juga menjadi terkenal karena catnya yang mewah, sebuah sentuhan pemasaran untuk sponsor jangka panjang tim. Skema warna itulah yang menjadi pembeda utama Le Mans Edition – yang begitu mencolok sehingga lima pembeli dikatakan telah menolak prospek tersebut, dan mobil mereka disemprot ulang dengan satu warna.

Yang membawa kita ke eksklusivitas. Seperti yang dicatat Dan pada tahun 2011, model ini selalu dianggap sebagai barang koleksi. Tidak hanya hanya akan ada 24 contoh – titik kecil yang sangat kecil dalam produksi NA yang panjang dan sangat sukses – tetapi tidak seperti banyak MX-5 ‘edisi khusus’, Le Mans memiliki modifikasi mekanis yang diperlukan untuk membedakannya dari standar.

Yang paling utama di antaranya adalah pemasangan kit turbo BBR yang sudah populer, yang meningkatkan tenaga dari 114hp menjadi sekitar 150hp – kurang dari yang mungkin telah diekstraksi, tetapi ideal untuk keandalan dan sangat cocok untuk kelas kerb elfin NA. Selain itu, pengaturan tekanan rendah menghasilkan torsi puncak tambahan 54lb ft, yang diprediksi memiliki efek menghidupkan pada kegunaan mobil, belum lagi waktu 0-60mph, yang turun menjadi 6,8 detik. Di tempat lain Anda mendapatkan pegas dan peredam Tokico, velg OZ, dan sejumlah detail trim lainnya yang dipesan lebih dahulu dengan sertifikat keaslian yang ditandatangani oleh Johnny Herbert sendiri – pria yang tidak dapat naik podium Le Mans kembali di ’91, karena kelelahan.

Tak satu pun dari ini datang murah pada saat itu (awalnya memerintahkan premi Β£ 5k) dan, berkat pasar yang lebih luas lebih dari 30 tahun kemudian, tidak banyak yang berubah. Meskipun 91k dan apa yang tampaknya menjadi periode yang signifikan jauh dari jalan, saat ini untuk Β£ 24.995. Optimis mungkin, mengingat reputasi NA yang lebih luas untuk keterjangkauan, tetapi dengan hanya delapan contoh Le Mans yang saat ini dilisensikan, ada sedikit peluang untuk bertemu dengan yang lain. Atau tidak punya apa-apa untuk dibicarakan ketika orang ingin mendiskusikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *