Ford Thunderbird | Terlihat | PistonHeads Inggris

Saya tidak akan berbohong, saya sedang mencari Mustang awal seperti yang terlihat pada hari Minggu. Terutama karena yang baru telah diumumkan, jadi sepertinya tepat, dan karena: mengapa tidak? Yang asli akan selalu menjadi yang terbaik. Tapi saat saya mencari melalui iklan baris, ini muncul dari eter. Dan setelah berada di Kanada minggu lalu dan melihat Ford Thunderbird berkeliaran di jalan-jalan Vancouver, saya merasa terdorong. Maksudku, ayolah, betapa menakjubkannya ini? Bukan hanya karena itu Thunderbird, tetapi juga karena kondisinya.

Memang, ini tidak sama dengan yang saya lihat di Vancouver. Itu adalah model Mk1 asli dengan sirip yang kurang menonjol dan ban cadangan yang dipasang bergaya Continental di belakang bagasi. Ini adalah Mk2, yang tiba di ’57. Ini memiliki sirip yang lebih tajam dan boot yang lebih panjang, yang dapat menampung ban cadangan di dalamnya tetapi masih memberikan ruang bagasi yang cukup. Ini juga memiliki bumper belakang yang dibenahi, dengan port untuk knalpot di tepinya (selalu sesuatu untuk dikagumi tentang era yanks ini). Masih melengkung dan menampilkan lampu belakang bundar yang ikonik, pikiran, dan lampu depan tunggal berkerudung di depan. Setelah era ini, Thunderbird mulai mendapatkan garis yang lebih tajam, yang tidak berarti tidak menarik jika kita berbicara tentang ’61 Mk3 yang seperti panah, tetapi, seperti halnya Mustang, Thunderbird benar-benar meluncur ke dalam obesitas selama tahun 70-an. Lebih buruk lagi adalah kengerian yang membosankan di tahun 80-an.

Anda bisa berargumen bahwa mendapatkan beberapa kilogram tidak menyakiti Thunderbird sebanyak Corvette atau Mustang. Bagaimanapun, Thunderbird tidak pernah menjadi mobil sport seperti itu. Berbeda dengan Corvette, yang muncul beberapa tahun sebelumnya di tahun ’53, dan Mustang, yang muncul kemudian di tahun ’64, Ford memasarkan Thunderbird sebagai ‘mobil mewah pribadi kelas atas’. Sebuah mobil konvertibel dua tempat duduk untuk pergi berpetualang di sekitar perbukitan Hollywood dengan seseorang yang spesial.

Itu murni mobil kedua, kemudian, tanpa tujuan praktis yang nyata selain mengeksploitasi ledakan pasca-perang Amerika dan cinta yang berlebihan. Itu adalah bagian desain yang indah, baik di luar maupun di dalam, dengan dasbor aluminium yang berubah mengingatkan pada Bentley vintage, tetapi di sini dipasangkan dengan mod kontra seperti radio tombol tekan. Konon, untuk Mk2 instrumen dikelompokkan bersama dalam pod tunggal yang lebih sporty, dengan speedo bulat, bukan dial half-moon Mk1 yang lebih besar. Namun bangku depan meneriakkan cruiser ketimbang racer.

Pikiran Anda, dimuka kekuatan itu sehat. Itu dipasok oleh 312cu di V8, yang 5,1 liter jika Anda berpikir dalam metrik, melayani 245hp malas tapi cukup besar melalui tiga kecepatan mobil Ford-O-Matic. Atau, dalam hal ini, manual tiga kecepatan yang langka. Rupanya, itu semua asli juga, dengan iklan yang menggambarkannya memiliki nomor yang cocok dan bahkan karburator Holley empat barel asli. Mobil ini juga dilengkapi dengan ban serep dan dongkrak asli, dan satu set kabel tiruan yang fantastis dengan dinding putih untuk menyelesaikannya dengan sempurna.

Bahkan, kedengarannya seperti contoh mobil yang sangat manis dan tidak direstorasi, yang tiba di pantai kami dari tempat terbaik untuk ditinggali klasik: kering, cerah, California. Mungkin itu benar-benar menghabiskan waktunya di Hollywood Hills, kalau begitu? Ini jelas tidak banyak digunakan, menunjukkan hanya 26.000 mil, dan berkat cuaca cerah di sana itu digambarkan sebagai bebas karat dan tidak pernah merasakan obor las. Catnya juga berkilau dan kromnya mengkilat, dengan interior yang serasi. Ini jelas bukan mobil pertunjukan, karena baru saja melihat tantangan 1.000 mil dari Mille Miglia, jadi tidak ada kaliper yang disita atau throttle yang menempel untuk merusak kesenangan Anda. Sayang sekali bahwa musim dingin tidak jauh lagi, tetapi jika Anda cepat, harus ada beberapa hari cerah 2022 tersisa sebelum perlu kapur barus untuk musim dingin. Kemudian tarik sebuah kursi dan duduk sambil memandanginya, karena itu adalah salah satu contoh langka dari sebuah mobil yang indah dari segala sudut. Yah, menurutku begitu.

Spesifikasi | Ford Thunderbird

Mesin: 5,112cc, V8, disedot secara alami
Penularan: Manual tiga kecepatan, penggerak roda belakang
Daya (hp): 245
Torsi (lb kaki): 324lb ft
CO2: Terlalu banyak
MPG: Terlalu sedikit
Jarak tempuh yang tercatat: 26.000
Tahun terdaftar: 1957
Harga baru: $3,000 (memberi atau menerima)
Milikmu untuk: Β£99,995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *