MX-5 ‘Naked Monoposto’ terungkap dengan 184hp

Mazda telah menggoda ide roadster MX-5 sejati selama bertahun-tahun sekarang, sepanjang jalan kembali ke Superlight tahun 2009. Ini mengikuti mobil itu dengan Speedster 943kg untuk SEMA pada tahun 2015, dan kembali setahun kemudian dengan 898kg ( !) Speedster Evo. Sayangnya, tidak ada yang begitu ekstrem yang membuat produksi terbatas, jadi sudah menjadi tugas aftermarket untuk mewujudkan fantasi MX-5 kolektif. Pekerjaan yang cukup bagus juga telah mereka lakukan.

Yang terbaru adalah ini, Gorgona Cars MX-5 NM (Naked Monoposto), terungkap di Monza sebagai bagian dari acara Mazda Italia. Ini menggabungkan evolusi bentuk NA dengan roda gigi berjalan dari ND 2.0 baru, hasilnya dikatakan sebagai ‘kesenangan berkendara analog murni’.

NM adalah gagasan insinyur David Galliano dan jurnalis Omar Abu Eideh, keduanya penggemar MX-5 dan ingin memberi penghormatan kepada model asli ikonik itu dengan sesuatu yang istimewa. Selain konsep yang disebutkan di atas, Mazda juga menciptakan speedster generasi pertama dan kedua; mobil-mobil ini – Miata M Speedster 1995 dan Miata Mono-Posto dari 2000 – yang ingin dibangkitkan NM dengan tampilan yang memukau (dan wajah yang memukau).

Jelas, kursi tunggal membuatnya cukup dramatis dan Gorgona mempertahankan ini adalah ‘barchetta’ sejati karena tidak ada kaca depan. NM lebih dari sekadar potongan atap, dengan bagian bawah yang rata, splitter depan, diffuser belakang, dan bentuk tetesan air mata ke punuk samping pengemudi yang membantu aero juga. Bentuk fungsi berikut adalah ‘sayang desain Italia’, mereka bersikeras.

Selain itu, sementara mesin 2.0 liter 184hp dan manual enam kecepatan adalah standar (meskipun power kit 225hp telah disebutkan), ada banyak hal tentang NM yang menunjukkan bahwa itu adalah MX-5 yang spektakuler untuk dikendarai. Yang paling jelas adalah bobotnya; Gorgona menganggap mobil ini dari 830kg, meskipun angka itu kering dengan bit karbon opsional bahkan lebih ringan, dalam tradisi Italia terbaik. Ini mungkin masih akan menghemat lebih dari NA standar, dan pasti banyak dibandingkan model terbaru.

Yang juga menarik adalah perubahan sasis yang tidak dapat dilihat, karena MX-5 asli bukanlah contoh dari kekakuan struktural. Dan itu bisa sedikit merusak kesenangan. NM menawarkan kekakuan torsi kira-kira dua kali lipat dari NA biasa, berkat kusen yang lebih tinggi yang mencapai setengah jalan di mana pintu dulu berada dan bala bantuan yang dilas di bawahnya. Pintu baru jauh lebih kecil dan lebih ringan, yang menjadi jelas ketika Anda benar-benar melihat; tidak terlihat seperti itu akan menjadi yang paling mudah untuk masuk. Tapi setidaknya tidak ada penumpang yang perlu dikhawatirkan. Punuk menyembunyikan perlindungan rollover, dan kedua subframe juga telah diperkuat. Seharusnya cukup tangguh sekarang untuk membuat MX-5 yang mengemudi sebaik tampilannya.

Upgrade tambahan untuk Monoposto termasuk coilover yang dapat disesuaikan dalam kompresi dan rebound ditambah rem baru. Velg Enkei RPF1, yang sangat populer di era MX-5 ini, berdiameter 15 inci di sini dan menggunakan ban Yokohama AO52. Perbedaan selip terbatas terbawa dengan mesin dan girboks dari mobil ND.

Semua terdengar bagus, bukan? Restomod MX-5 yang menjadi impian, dengan tampilan baru yang menakjubkan dipasangkan dengan pengalaman berkendara yang lebih tajam? Sekarang tinggal dibuat saja. Gorgona sedang mengumpulkan ekspresi ketertarikan sekarang, dengan tujuan untuk mendapatkan homologasi NM dan produksi seri kecil sedang berlangsung. Jadi mungkin masih agak jauh, tetapi konsep kerja ini sepertinya cara yang bagus untuk mengumumkan niat Anda. Harga indikatif diperkirakan sekitar 70.000 euro ditambah PPN dan mobil donor NA. Dan mereka tidak menjadi lebih murah. Ini akan menjadi investasi besar, tetapi dengan Mazda yang masih enggan untuk memproduksi Speedster sendiri, ini mungkin satu-satunya cara untuk pergi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *