De Tomaso Pantera GTS | Tutul

De Tomaso memiliki semua bakat sebagai pembuat mobil Italia yang hebat. Pendirinya, Alejandro de Tomaso, melarikan diri dari tanah airnya di Argentina ke Modena di usia dua puluhan setelah dikaitkan dengan rencana untuk menggulingkan pemerintah Argentina. Dari Italia, dia membuat beberapa penampilan cameo di Formula 1, membeli sekelompok perusahaan mobil seperti Ghia dan Vignale, dan memulai perseteruan dengan legenda balap AS Carol Shelby.

Faktanya, secara umum dianggap bahwa Mangusta (bahasa Italia untuk luwak) adalah ‘milikmu’ bagi Shelby setelah keduanya berpisah dalam proyek motorsport, dengan luwak – makhluk kecil yang menggemaskan – terkenal karena membunuh ular. Dan sementara Pantera tindak lanjut tidak begitu, eh, kecil seperti Mangusta, itu bisa dibilang mobil yang menempatkan De Tomaso di peta dunia.

Seperti Mangusta, rumah desain Italia Ghia akan dipanggil untuk menata Pantera. Tapi sementara Giorgetto Giugiaro menangani tampilan yang pertama, desainer Amerika Tom Tjaarda dipanggil untuk Pantera. Dan meskipun memutuskan hubungan dengan Shelby, De Tomaso masih bisa mengamankan Ford V8 untuk ditempatkan di tengah. Menjadi mobil tahun 1970-an, mesin dipotong dan diubah secara teratur, dengan tenaga dan perpindahan yang sangat bervariasi di banyak varian berbeda yang diproduksi De Tomaso antara tahun 1971 dan 1992.

Namun, di antara yang paling langka adalah mobil yang kami miliki di sini. Pantera GTS pada dasarnya adalah homologasi khusus untuk memungkinkan Pantera memasuki balap Grup 3 pada awal 1970-an. Itu berbagi Ford Cleveland V8 5,8 liter yang sama dengan Pantera biasa, meskipun tenaganya meningkat menjadi 350hp berkat intake manifold aluminium yang ditempa, karburator yang lebih besar, dan header knalpot yang ditingkatkan.

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, itu juga sangat lebar. Dan itu tidak dilakukan hanya untuk menakut-nakuti pesaing dari jalan, baik. Di bawah lengkungan yang melebar itu terdapat komponen suspensi yang ditingkatkan dengan tingkat pegas yang dapat disesuaikan, dan bersembunyi di balik roda piringan dalam itu adalah rem yang lebih kuat. Rak kemudi yang lebih cepat juga dimasukkan untuk drive yang lebih responsif dan, jika Anda memiliki kesabaran untuk itu, Anda bahkan dapat menyesuaikan rasio roda gigi. Terbaik dari semuanya? De Tomaso tidak melucuti interiornya, jadi Anda mendapatkan kulit di hampir semua hal, kursi bergaya touring dan bahkan panel kayu di konsol tengah.

Contoh khusus ini adalah salah satu mobil tahun 1979 yang diluncurkan tepat sebelum De Tomaso menjadi gila dengan sayap, bendungan udara, dan rem samping. Akibatnya, itu menyentuh semua tempat yang tepat. Hasil akhir hitam merah-matte benar-benar mengancam dan kontras sempurna dengan tulisan ‘Pantera’ emas di sisi-sisinya. De Tomaso memproduksi lebih dari 7.000 Pantera selama dua dekade masa pakainya, tetapi hanya segelintir yang memiliki spesifikasi GTS. Iklan tersebut menunjukkan mobil ini adalah salah satu dari hanya dua contoh kemudi kanan yang diproduksi pada tahun 1979.

Seperti yang kita ketahui, terlepas dari cerita asal yang hebat, De Tomaso memudar menjadi ketidakjelasan setelah produksi Pantera selesai. Upaya untuk meluncurkannya kembali menemui hambatan pada pertengahan 2010-an ketika pendukung utamanya dipenjara karena penipuan dan penggelapan, meskipun kebangkitan terbarunya sebagai merek hypercar butik tampaknya berjalan ke arah yang benar dengan P72 bergaya retro. Itu akan menghabiskan jutaan pound, tapi Pantera GTS ini? Hanya Β£124.995. Bandingkan dengan Lamborghini Countach yang setara atau Ferrari 512 BB dan, yah, Pantera tampil sedikit mencuri.

SPESIFIKASI | DE TOMASO PANTERA GTS

Mesin: 5.763cc V8
Penularan: Manual 5 kecepatan, penggerak roda belakang
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected]
MPG: T/A
CO2: T/A
Tahun terdaftar: 1979
Jarak tempuh yang tercatat: 35.000
Harga baru: T/A
Milik Anda untuk: Β£124.995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *