HM Ratu Elizabeth II 1926 – 2022

PH tidak terbiasa berhenti. Bagi kami, hari libur bank hanyalah hari lain dalam seminggu, dan Natal hanyalah alasan untuk merenungkan mobil favorit kami tahun sebelumnya. Tapi hari ini, jelas, bukan sekadar hari libur bank. Apakah HM Ratu Elizabeth II berarti apa-apa bagi Anda secara pribadi atau politik atau bahkan budaya, tidak dapat dikatakan bahwa dia menduduki posisi mendasar dalam tatanan bangsa ini. Bangsa ini, tentu saja, akan terus berjalan tanpa dia. Tapi tentu tepat jika kita berhenti sejenak pada hari pemakamannya untuk bersama-sama mempertimbangkan warisannya dan memberikan penghormatan kepada kehidupan yang ditentukan oleh kewajiban.

Winston Churchill, dalam menutup pidatonya kepada ayahnya, Raja George VI, mencatat: “Terkenal adalah pemerintahan ratu kita. Beberapa periode terbesar dalam sejarah kita telah dibuka di bawah tongkat kerajaan. Sekarang kita memiliki Ratu Elizabeth kedua, juga naik Tahta di tahun kedua puluh enam, pikiran kita dibawa kembali hampir empat ratus tahun ke sosok megah yang memimpin dan, dalam banyak hal, mewujudkan dan mengilhami keagungan dan kejeniusan zaman Elizabeth.”

Sejauh mana Elizabeth Windsor datang untuk mewujudkan usianya yang luar biasa mungkin masih bisa diperdebatkan. Dia memerintah begitu lama – seperempat abad lebih lama dari Elizabeth I – sehingga sulit untuk menggambarkannya sebagai usia yang dapat dikenali sama sekali. Namun, bakatnya untuk keseimbangan dan pertimbangan yang tulus bagi orang lain tidak hanya memberikan contoh yang layak untuk menjadi tokoh utama, tetapi juga pijakan bagi hati nurani nasional yang muncul dari tahun-tahun pascaperang dan bergegas menuju abad baru. Tidak seperti namanya, itu bukan tugasnya untuk menggunakan kekuasaan yang sebenarnya, namun dia dicontohkan semacam kepemimpinan di luar kewenangan atau kapasitas dari sebagian besar pejabat terpilih, dan dalam keceriaan, ketenangan, kasih sayang dan ketabahan, rakyatnya diundang untuk melihat yang terbaik. dari diri mereka sendiri. Banyak jika tidak sebagian besar, lakukan.

Secara alami, itu juga merupakan posisi hak istimewa tertinggi, tetapi fakta itu tidak melemahkan atau melebihi beban yang dibebankan pada anak berusia dua puluh enam tahun, atau meringankan kewajiban seumur hidup. Tugas khidmatnya terhadap negara dianggap suci sejak saat pertama, dan begitulah cara dia menjalankannya selama tujuh puluh tahun berikutnya. Mustahil beberapa orang, kami dengan rendah hati berpendapat, telah begitu jelas mendapatkan beberapa jam kontemplasi hormat – dan dua menit penuh keheningan di forum.

Sebuah pemerintahan yang terkenal, memang. Kami akan kembali besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *