Jaguar XJ6 Sovereign (XJ40) | Pil Berani

Aneh, tapi benar – Brave Pill sebelumnya tidak pernah menampilkan contoh apa pun, menurut pengakuan populer, adalah salah satu Jaguar paling berisiko dan paling rawan bork dalam warisan kebanggaan marque dalam memproduksi mobil berisiko dan rawan bor. Sebuah kelalaian yang dengan ini dikoreksi dalam bentuk gaya XJ40 pertama kami. Fakta yang satu ini adalah Sovereign juga merupakan pengakuan hormat dari berita sedih minggu ini.

Untuk semua potensi kesalahannya, hanya sedikit orang yang pernah menuduh XJ40 sebagai mobil yang jelek. Orang-orang sinis dapat berargumen bahwa Jaguar punya banyak waktu untuk memperbaikinya. Bekerja untuk menciptakan apa yang akan menjadi XJ generasi baru untuk menggantikan yang asli tahun 1968 dimulai sedini tahun 1972, yang menjadi 14 tahun penuh sebelum mobil yang dikenal sebagai XJ40 benar-benar mulai dijual. Namun pertimbangan hati-hati yang jelas telah diberikan pada desainnya, terlepas dari kesederhanaan anggaran pengembangan Jaguar selama era tersebut, berarti mobil yang dihasilkan secara halus memperbarui posisi dan proporsi XJ asli dengan cara yang sangat tampan. Itu mirip, tetapi berbeda.

Setelah menerima sesuatu yang mendekati liputan positif secara universal ketika pertama kali diluncurkan pada 1986 – salah satu majalah Inggris bahkan memuat judul Jingoistic ‘England Expects – and Jaguar Delivers’, XJ baru tampaknya menguasai dunia. Itu jauh lebih maju daripada mobil yang digantikannya, dikemas dengan teknologi mutakhir dan juga harganya sangat terjangkau. Jaguar telah dengan cerdik mencuri perhatian para pesaing yang kurang bergengsi dengan meluncurkan XJ dengan pilihan mesin enam silinder lurus 2,9 liter entry-level yang dibandrol dengan harga mahal dibandingkan dengan spesifikasi teratas Ford Granada V6 Ghia X dan Rover 825 Sterling. Memang, boggo XJ cukup lambat untuk membutuhkan lebih dari 10 detik untuk mencapai 60mph, dan memiliki kabin berlapis kain dan dasbor yang dikemas dengan pelat kosong. Tapi itu Jag, dan itu masih kartu truf di pertengahan tahun delapan puluhan.

Tidak banyak dari 2.9 yang berani benar-benar terjual. Itu adalah perangkap madu yang dirancang untuk memikat prospek ke ruang pamer, di mana sebagian besar segera memutuskan untuk menggali lebih dalam untuk enam lurus 3,6 liter yang jauh lebih berotot yang duduk di atasnya. Ini menghasilkan 221hp – lebih dari banyak saat itu – dan menggabungkan respons rendah yang lembut dengan jenis otot mid-range yang mengubah prosa banyak pengulas menjadi ungu. Waktu 0-60mph 8,2 detik mungkin satu detik di luar kinerja Autobahn-storming E32 BMW 750i, tetapi Jaguar lebih halus dan nyaman.

Ia memiliki keanggunan, ia memiliki kecepatan – tetapi ia berjuang sedikit lebih banyak dengan ruang. Meskipun dimensi eksteriornya cukup besar, XJ40 dasar memiliki kabin belakang yang pas, sebagian besar karena ukuran boot dan kap mesin yang XL. Dilaporkan bahwa menteri pemerintah yang kurang penting yang diangkut dengan Rover 800s empat silinder menikmati lebih banyak ruang untuk kaki saat dikemudikan daripada rekan-rekan mereka yang lebih senior di XJs. Tapi ini adalah masalah kecil dibandingkan dengan masalah yang jauh lebih besar yang membuat Jaguar baru segera menjadi terkenal – masalah listrik.

Pada saat XJ40 diluncurkan, orang-orang telah membuat lelucon tentang sirkuit rawan kegagalan Jaguar selama beberapa dekade. Namun itu berhasil meningkatkan standar lebih jauh, dengan banyak fitur berteknologi tinggi yang telah memenangkan pujian dalam tes jalan awal ternyata sangat rentan terhadap borkage. Iklan pil kami meninggalkan gambar untuk melakukan sebagian besar pembicaraan. Tetapi yang menonjol adalah yang menunjukkan pemandangan dasbor bagian-digital, yang secara mengesankan bebas dari banyak lampu kesalahan dan pembacaan diagnostik awal XJ40 yang terkenal. Seorang teman pernah membeli contoh hampir-memo seharga Β£ 500, sebuah banger yang layak tetapi untuk urutan pesan kesalahan yang tak terbendung yang berputar di layar sebelah kanan, yang semuanya salah melaporkan hal-hal yang sebenarnya tidak salah.

Pil kami dijual di Irlandia Utara, iklannya lebih besar di blarney daripada detail sebenarnya tentang mobil itu. Gambar menunjukkan cukup banyak patina, seperti yang Anda harapkan untuk apa pun yang berusia 34 tahun. Di dalam dasbor bawah terlihat sebagian terpaut, kulit magnolia kotor atau sedikit berubah warna dan pandangan dari sisi penumpang menunjukkan apa yang tampak seperti sepetak karat di bagian dalam lengkungan roda depan – meskipun mungkin berlumpur. Ada juga beberapa lecet dan bantingan kecil dan plastik pudar bisa dilakukan dengan beberapa buffing-up: beberapa orang biasa merekomendasikan selai kacang untuk plastik tahun delapan puluhan yang gelap – apakah itu masih ada?

Namun di luar itu, ada banyak hal yang disukai tentang bukti visual yang ditawarkan oleh bidikan, dengan cat yang bagus dan kehadiran meyakinkan dari apa yang tampak seperti satu set ban Dunlop yang serasi di setiap sudut. Ya, Β£3.500 menandai peningkatan yang signifikan pada harga yang ditawarkan mobil serupa belum lama ini – XJ40 yang lusuh hampir memiliki nilai negatif di awal ‘noughties. Tapi Β£3,500 hampir tidak curam dibandingkan dengan pasar yang lebih luas, dan XJ yang disortir dengan baik masih merupakan tempat yang sangat bagus untuk menghabiskan waktu.

Plus, itu adalah Penguasa. Pencitraan merek itu menunjukkan trim standar yang ditingkatkan daripada peningkatan kinerja, tetapi itu membawa banyak barang dan dibedakan dari mobil reguler kelas pro dengan elemen lampu depan tunggal di setiap sisi daripada balok ganda yang disegel. Sovs juga mendapat kulit standar, trim walnut, AC, suspensi belakang self-levelling dan rem anti-lock. Pemilik pertama Pill kami tampaknya telah lebih meningkatkannya dengan kursi depan berpemanas yang dioperasikan dengan daya yang mewah dan ‘sunroof leccy.

Bahkan PHer yang paling gagap sekalipun pasti tidak dapat membantah bahwa apa yang tampak sebagai XJ40 sejarah-lite mewakili jumlah risiko yang memacu adrenalin. Sorotan dari potensi lowlight termasuk kecenderungan mesin enam silinder untuk mengemil gasket kepala, kebiasaan suspensi self-leveling runtuh mahal dan kerentanan tinggi terhadap korosi. Itu sebelum mempertimbangkan listrik, dengan masalah yang sering terjadi karena masuknya air, modul kontrol yang mahal gagal atau hanya keburukan umum. Mengubah XJ40 yang buruk menjadi yang bagus akan menjadi proyek yang sangat mahal – pikirkan dalam hal memanaskan rumah Anda dengan membakar uang kertas.

Sejarah MOT online terbatas pada satu tes pada Mei tahun lalu. Ini, secara meyakinkan, disahkan dengan tidak lebih dari nasihat untuk semak peredam kejut depan yang aus di kedua sisi – yang sangat bersih untuk ‘tahun delapan puluhan Jag. Kurangnya catatan lebih lanjut bisa jadi karena perubahan registrasi, atau bisa juga karena mobil ini ada di NI. Tapi sementara itu hanya menempuh 250 mil sejak tiket terakhir, ini habis pada bulan Mei – jadi siapa pun yang ingin mengirimnya kembali ke Inggris dan ke dalam lingkup VOSA perlu melakukan tes lain.

Jaguar yang lebih langka dan lebih mahal mendapatkan banyak cinta, dan daftar mobil yang sekarang bernilai cukup uang untuk membenarkan restorasi mahal terus bertambah. Sepuluh tahun yang lalu orang akan mengira siapa pun yang membuang uang tunai serius ke XJ-S awal atau bahkan XJ Coupe agak gila, tetapi sekarang mereka terlihat seperti klasik yang bonafid. XJ40 belum mencapai tahap itu, tetapi dengan jumlah yang menipis, dan apresiasi yang meningkat untuk mobil tahun delapan puluhan, Anda pasti dapat membenarkannya sebagai taruhan gaya pada minat dan nilai yang meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *