Tesla Roadster | Terlihat | PistonHeads Inggris

Sangat mudah untuk mengabaikan Tesla Roadster ketika diam-diam menyelinap pada kami pada tahun 2008. Selalu ada aliran olahraga dan supercar buatan rumah, terutama di tahun-tahun awal. Beberapa di antaranya sukses besar, seperti Noble M12, sementara banyak lainnya membual tentang material zaman ruang angkasa dan mesin berdaya tinggi hanya untuk gulung tikar sebelum memproduksi prototipe.

Sekilas, Tesla Roadster masuk dalam kategori kedua. Di sini kami memiliki mobil sport berbasis Lotus Elise yang ditenagai secara eksklusif oleh listrik. Tidak hanya ide mobil performa senyap yang tidak masuk akal pada saat itu, tetapi mobil listrik memiliki reputasi yang benar-benar sampah. Lambat, berat, terlihat murahan, dan sangat buruk dalam menahan muatan, EV berada jauh di belakang rekan-rekan mereka yang bertenaga piston. Pengubah permainan diperlukan untuk konsep bertenaga baterai untuk masuk ke arus utama – dan, sebagian untuk apa yang mengikutinya, Tesla Roadster dapat mengklaim sebagai mobil itu.

Ini membahas dua kritik utama yang dikenakan terhadap mobil listrik pada saat itu. Menampilkan motor listrik induksi tiga fase yang dipasang di belakang yang mengembangkan 252hp dan torsi 200lf ft dalam bentuk standar, angka Roadster sejalan dengan apa yang kami harapkan dari mobil sport kecil bermesin tengah seperti Elise. berdasarkan. Tapi perbedaan krusial, tentu saja, adalah torsi hampir instan yang sekarang sudah dikenal, yang mengarah ke angka akselerasi yang sangat konyol. Tesla mengklaim Roadster dapat melaju dari 0-60mph dalam 3,7 detik – hanya sepersepuluh dari Porsche Carrera GT.

Jadi itu adalah kinerja yang diurus, tetapi berapa kisarannya? Nah, mari kita ambil contoh Reva G-Wiz dari mobil listrik mid-noughties untuk konteksnya. Itu bisa mengumpulkan 50 mil yang diklaim dengan muatan penuh, yang baik-baik saja untuk berlari di sekitar London tetapi tidak berguna setelah mengemudi selama berjam-jam. Roadster, sementara itu, mengemas baterai 53kWh yang mampu memberi daya pada dua tempat duduk hingga 244 mil (menurut peringkat EPA Amerika). Ya, mereka adalah dua mobil yang sangat berbeda, tetapi pasar mobil listrik hampir tidak ada pada saat itu dan perbandingannya mengatakan banyak tentang seberapa jauh Tesla telah menggerakkan permainan bersama dengan perjalanan pertamanya.

Hebatnya, itu dijual dalam jumlah yang layak juga. Diperkirakan sekitar 2.450 Roadsters diproduksi, sebagian besar ditemukan di jalan masuk pengusaha teknologi di California meskipun sejumlah kecil dijual di Inggris – dan di drive kanan. Tak perlu dikatakan, tindak lanjut Tesla untuk Roadster, Model S, membuktikan EV dapat hidup berdampingan dengan mobil yang ditenagai oleh jus dinosaurus (jika Anda kesulitan memasang infrastruktur Anda sendiri). Dan seperti iPhone asli (lihat di eBay), Roadsters telah menjadi barang kolektor dan nilainya melonjak. Jadi cobalah untuk tidak meringis saat melihat label harga contoh 2012 ini. Ini Β£225.000.

Untuk EV berbasis Elise? Betulkah? Yah, jelas vendor yakin bahwa tempat model dalam sejarah sudah terjamin, dan dengan menjadi salah satu contoh terakhir yang diproduksi, itu harus menjadi mobil yang diinginkan untuk diehard Tesla. Ini jelas telah diurus oleh pemilik sebelumnya dan satu-satunya, dengan jok kulit (yang sangat mewah) dalam kondisi mint dan pembacaan odometer hanya 4.750 mil. Selain itu, pencarian cepat mengungkapkan ada beberapa pemilik di AS yang mencoba mendapatkan lebih dari satu juta dolar untuk milik mereka. Yang terdengar tidak masuk akal (itu adalah tidak masuk akal), tetapi itu membuat Anda berpikir, bukan?

SPESIFIKASI | TESLA ROADSTER

Mesin: Motor listrik tunggal
Penularan: Penggerak roda belakang otomatis satu kecepatan
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected]
MPG: T/A
CO2: 0g/km (emisi lokal)
Tahun terdaftar: 2012
Jarak tempuh yang tercatat: 4.750
Harga baru: Β£88,000
Milik Anda untuk: Β£225.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *