Audi S4 (B5) | Pil Berani

Banyak PHer yang mengeluh tentang perbedaan antara vonis ulasan dan pengalaman dunia nyata mereka tentang mobil yang bersangkutan. Putus hubungan yang sama dapat terjadi pada pengulas profesional. Saya tahu ini karena Audi S4 generasi B5 sangat mirip dengan yang ini.

Sebagai penguji teaboy-cum-road untuk majalah mobil pada waktu itu, saya terlibat dengan beberapa cerita yang melibatkan Audi saat masih mengkilap dan baru. Dua adalah tes perbandingan, dan S4 gagal dalam keduanya, dikalahkan oleh BMW 330i generasi E46 dan Subaru Legacy GT-B impor abu-abu.

Itu karena, untuk mempertahankan profesi saya, pada kualitas yang langsung terlihat seperti rasa kemudi dan keseimbangan sasis, Audi sangat kurang. Itu adalah binatang buas yang tampan, kabinnya bagus, dan memiliki pegangan yang lebih kuat daripada konvensi teknisi pendukung kamera film. Tapi itu terasa dinamis dan – kata Audi yang sangat cepat – klinis jika dibandingkan dengan mobil dengan lebih banyak semangat dan karisma. Itu cepat tetapi tidak menyenangkan selama drive back-to-back menghukum yang digunakan untuk pengujian jalan komparatif. Ini juga tidak hanya berlaku untuk majalah saya. S4 yang malang dipukuli seperti keledai berambut merah oleh hampir setiap kritikus. Kantor pers pasti berakhir dengan laci penuh sendok kayu.

Tapi kemudian saya punya satu untuk pinjaman yang lebih lama dan pendapat saya berubah secara dramatis. Ini selama tiga minggu selama Natal 2000 dan memasuki Tahun baru, dengan rencana perjalanan saya yang penuh aksi – sebagian besar didasarkan pada akomodasi gratis – termasuk schlep dari London ke Edinburgh, kunjungan ke Kirriemuir dan Ballachulish dan kemudian kembali ke Manchester untuk belokan yang sebenarnya milenium, diikuti oleh lari kembali ke London empat-up. Cuaca buruk sepanjang perjalanan, dengan hujan, hujan es dan salju di Skotlandia dan banjir di Barat Laut. Tapi Audi menangani 2.500 mil tanpa keluhan, benar-benar aman dalam kondisi berbahaya namun tenang dan nyaman saat melaju dengan kecepatan tinggi. Pada akhir liburan, saya benar-benar tidak dapat menominasikan mobil kontemporer yang akan menangani perjalanan dengan lebih baik.

Namun S4 generasi B5 menjalani kehidupan selanjutnya dalam bayang-bayang kritis RS4 yang lebih ramping dan lebih berotot, RS4 yang duduk di lengkungan melebar dan menggunakan Cosworth mengembangkan V6 2,7 liter untuk membuat apa yang terasa seperti 380hp yang mustahil – 115hp lebih dari S4 – dan hanya datang sebagai Avant yang tampak keren. RS4 segera membuat mobil yang lebih rendah tampak agak lambat dan masuk akal, yang tidak diragukan lagi apa yang ada dalam pikiran departemen pemasaran Audi, namun di balik buih itu tidak berarti bahwa RS4 secara objektif lebih baik. Itu pasti lebih cepat – memang itu adalah perkebunan produksi tercepat di dunia ketika diluncurkan – tetapi juga jauh lebih keras dan lebih keras, menjadikannya pendamping yang jauh lebih tidak menenangkan dalam perjalanan panjang.

Tapi sementara harga B5 RS4 telah naik selama bertahun-tahun – ada 105.000 mil di iklan baris seharga Β£ 26.995 – S4 masih relatif terjangkau. Ya, mereka lebih murah di masa lalu daripada Β£ 8.995 yang diminta untuk Pil Berani kami, tetapi dengan standar pasar neo-klasik yang terlalu panas, mereka terlihat seperti nilai yang mengejutkan saat ini, terutama mengingat mereka jauh lebih jarang daripada generasi S4 yang datang setelahnya.

Pil kami terlihat sangat baik digosok. Mengenakan Nogaro Blue yang selalu menjadi warna populer untuk ini, dan telah menempuh jarak 150.000 mil, sebuah angka yang tentu saja tidak terlihat menakutkan jika dibagi dengan 23 tahun usianya. Dealer mencambuk itu bukan apa yang Anda sebut pedagang detail halus, iklan tersebut memiliki sedikit info di luar dasar usia dan jarak tempuh, ditambah kehadiran velg, jendela listrik dan pemutar kaset radio. Tapi klaim iklan bahwa “98 persen saham kami di bawah nilai pasar” selalu menggembirakan. Ini untuk Β£ 8.995, dan meskipun relatif murah tidak mungkin untuk menegaskan – itu menjadi satu-satunya B5 S4 saat ini di situs – itu terlihat menarik dengan harga standar 2022.

Gambar-gambar menunjukkan cat bebas noda dan apa yang tampak seperti satu set paduan asli yang sangat segar – cukup berkilau untuk direstorasi baru. Di dalam jok kulit menunjukkan tanda-tanda keausan dan usia, seperti yang cenderung dilakukan Audi, dan roda kemudi telah berbutir karena penggunaan. Di luar semua itu terlihat segar dan asli.

Memang, sejarah MOT tidak kekurangan poin diskusi – paling tidak fakta bahwa, saat kami menerbitkan ini, hanya tersisa dua hari tiket. Catatan online menunjukkan rekomendasi yang sehat untuk ban, rem dan komponen suspensi, ditambah beberapa kerusakan yang lebih serius untuk subframe dan korosi lengan suspensi, meskipun tidak disebutkan sejak 2017. Seorang optimis mungkin juga merasa nyaman dengan fakta bahwa lintasan terbaru mencatat rekor saran untuk “di bawahnya telah disegel”, salah satu yang belum disebutkan oleh penguji sebelumnya dan kemungkinan bukti pekerjaan perbaikan baru-baru ini. Atau terlalu optimis?

Apakah cukup berisiko untuk memenuhi syarat sebagai pemberani? Itu akan tergantung pada pertanyaan kunci: apakah itu masih standar secara mekanis. Karena meskipun powertrain S4 dasar secara luas dianggap tangguh – sebagaimana dibuktikan oleh angka yang telah melewati dua ton – keduanya juga mudah dan murah untuk disetel. 265hp standar selalu tampak seperti keluaran yang pemalu dan pemilik segera menemukan bahwa relatif mudah untuk meningkatkannya dengan margin yang signifikan, sesuatu yang lebih cenderung dilakukan ketika mobil semakin tua dan lebih murah. Meskipun tidak diragukan lagi menyenangkan, jumlah yang lebih besar cenderung memiliki efek negatif pada masa pakai banyak komponen, terutama turbo – dan jika salah satunya dilepas, Anda mencari lebih dari Β£4k untuk yang baru.

Tidak ada yang menyarankan bahwa mobil ini adalah Max’d, tentu saja – secara visual tampak seperti saat meninggalkan pabrik, tidak memiliki alat pengukur tambahan atau pengontrol boost yang sering kali datang dengan perolehan daya yang lebih besar. Tetapi iklan tersebut juga tidak menjanjikan standar keperawanan; penelitian lebih lanjut diperlukan oleh siapa pun yang tertarik untuk menarik pelatuknya.

Kelangkaan B5 S4 sedemikian rupa sehingga mereka benar-benar sulit dilacak akhir-akhir ini. Bahkan bergerak di luar iklan baris PH – bukan sesuatu yang kami anjurkan untuk dilakukan siapa pun – hewan pengerat internet elit kami hanya dapat menemukan dua saloon lain untuk dijual di Inggris saat ini, salah satunya adalah penghapusan Cat C. Sangat jarang bahwa nilai untuk generasi B6 dan B7 selanjutnya turun ke tingkat yang sama – dan beberapa bahkan lebih murah. Mereka lebih maju dan lebih cepat dari B5, tentu saja – tapi itu tidak membuat mereka lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *