Dijual Citroen CX GTI Langka (dan sangat krem)

Setelah lebih dari beberapa tahun yang membosankan, mobil Prancis telah menikmati kebangkitan ringan akhir-akhir ini – terutama berkat Alpine A110. Tetapi munculnya elektrifikasi membuka segala macam peluang bagi pabrikan Prancis untuk melakukan yang terbaik, yang sama sekali tidak seperti orang lain.

Renault 5 kembali sebagai EV sama seperti dunia membelakangi city car konvensional; versi nyata dari DS E-Tense Performance yang menakjubkan juga tidak dikesampingkan; dan Peugeot 9X8 tanpa sayap unik di dunia balap mobil sport. Dari pelarian ke mobil balap, tampaknya tiga besar perlahan tapi pasti kembali menjadi Prancis yang benar lagi. Dan itu pasti kabar baik.

Karena ini adalah jenis mobil yang dipikirkan orang ketika ikon Prancis siap untuk didiskusikan – Citroen CX. Citroen CX yang berani, inovatif, futuristik, dan khas. Citroen besar sejati yang terakhir, beberapa orang akan mengatakannya. Ini diluncurkan hampir 50 tahun yang lalu, pada tahun 1974, dengan tugas yang tidak menyenangkan untuk menggantikan DS. CX akan berjalan sampai tahun 1991 ketika digantikan oleh XM sebagai mobil keluarga Citroen yang besar, unik, dan ditangguhkan secara hidropneumatik.

Masih sulit untuk memahami mobil yang berani datang selama ini. Nama itu sendiri, CX, adalah simbol Prancis untuk koefisien drag, seperti itulah fokus Citroen pada aerodinamika. Terkenal, jendela belakang cekung untuk menghilangkan kebutuhan akan wiper belakang; bahkan memiliki mobil penggerak roda depan bermesin melintang adalah hal baru di pertengahan tahun 70-an; CX tiba pada waktu yang sama dengan Mk1 VW Golf. Dan seluruh fitur terpisah dapat dipesan untuk interior. Cukuplah untuk mengatakan roda berbicara tunggal, tidak adanya batang kolom dan dial drum yang berputar terlihat tidak kalah aneh beberapa dekade kemudian. Mereka yang benar-benar membenci kesukaan modern untuk roda kemudi yang dihiasi dengan kancing harus menyukainya, setidaknya, karena hampir tidak ada roda kemudi sama sekali.

Meskipun proses produksi yang panjang dan jumlah yang layak dibuat, menemukan CX yang baik adalah sebuah tantangan. DS adalah Citroen yang lebih ikonik, dan tampaknya lebih banyak yang bertahan. Gabungkan itu dengan beberapa keistimewaan mahal (banyak panel utama CX dilas, misalnya) dan faktanya produksi berakhir lebih dari 30 tahun yang lalu dan mudah untuk melihat mengapa begitu banyak yang jatuh di pinggir jalan.

Namun, bukan yang ini – yang ini mulia. A 1979, Seri 1 CX 2400 GTI di Beige Opal dengan pelapis velour Brun, ini pasti sebagus yang didapat Citroen CX sekarang. Dimiliki selama 35 tahun oleh Monsieur Andre Gilbert di Mirande, mobil itu selalu di garasi dan tidak pernah hujan. Itu dijual ke dealer Citroen pada tahun 2014, dan menemukan jalannya ke Inggris pada tahun 2017. Masih menunjukkan hanya 58.000 km, atau 36.000 mil, dan diyakini sebagai salah satu dari hanya 10 yang tersisa di Inggris, itu adalah Citroen tua yang spektakuler.

Tidak ada mobil yang sempurna, tetapi sulit membayangkan banyak yang hadir sebaik ini setelah lebih dari 40 tahun. Setiap aspek dari CX tampaknya telah digunakan dengan sangat hemat dan penuh perhatian, tidak ada yang benar-benar melelahkan seperti yang Anda harapkan. Iklan tersebut berbicara tentang ‘banyak pengeluaran baru-baru ini’, jadi mungkin itu saja; apa pun masalahnya, itu terlihat luar biasa. CX juga dijual dengan setumpuk sejarah, termasuk dokumen dari dealer asli.

Berapa biayanya? Tidak tahu. Apakah ada yang tahu? Citroen terdaftar di POA, CX telah menghargai akhir-akhir ini dan CX Athena biasa dijual di sini dengan harga Β£ 10k – tapi itu semua petunjuk yang kita miliki. Apakah Β£20k? Β£50k? Lagi? Setiap masukan dipersilahkan. Yang kami tahu adalah bahwa CX ini brilian, dan kami sangat menyukainya. Bawa bertenaga baterai, 50th remake ulang tahun datang 2024…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *