2022 Porsche Macan T | Ulasan PH

Saya memiliki ‘T’ sore di Surrey kemarin. Bukan jenis teh dan scone, jenis Porsche. Karena itu adalah peluncuran Porsche Macan T baru di Inggris. Sampai sekarang, surat itu telah menjadi milik 911 dan 718, tetapi sekarang ditemukan di bagian belakang SUV terkecil Porsche – sebuah mobil yang tidak lama untuk dunia ini, dengan generasi berikutnya dari Macan listrik sedang disiapkan di sayap. Seperti yang telah kita lihat bahan-bahannya sebelumnya, Anda mungkin punya ide bagus tentang apa yang diharapkan di sini. Pada dasarnya, Macan rasa GTS dengan mesin entry-level.

Artinya tampilan lebih sporty. Dan itu terlihat bagus, tentu cukup bagus untuk mengelabui yang belum tahu agar percaya bahwa Anda memiliki sesuatu yang lebih berbuah di bawah kap mesin daripada EA888 2.0-liter VW yang terhormat. Ada segelintir Agate Grey Metallic untuk meramaikan warna bodi mobil entry-level – kaca spion, lebih banyak bagian bumper depan bawah dan juga kusen – atau mengganti apa yang hanya plastik hitam – bilah pintu dan belakang spoiler, misalnya. T juga memiliki knalpot quad hitam dan paduan titanium 20 inci gelap, yang akan menjadi opsi Β£ 2.436 jika Anda menginginkannya pada model dasar. Dan itu juga intinya: perolehan peralatan yang cukup untuk membenarkan kenaikan harga Β£5.000 di atas basis Macan. Jadi, bersama dengan Sports Chrono Pack (opsi Β£704 untuk mobil standar), Anda juga mendapatkan setir sport GT (Β£383), kursi Olahraga dengan bagian kulit, sisipan Stripe Sport-Tex dan jahitan perak.

Namun, tidak ada kekuatan lagi. Outputnya dipatok pada 265hp dan dorongan 295lb ft, yang berarti akselerasi di atas kertas hingga 62mph adalah 6,2 detik yang sigap, tetapi tidak mencengangkan. Namun, ada beberapa perubahan lain di bawahnya. Sebagai permulaan, T hadir dengan PASM sebagai standar (itu adalah tambahan Β£816 untuk Macan dasar) dan itu unik. Hanya T yang hadir dengan PASM dan gulungan baja diturunkan 15mm. Jika Anda memilih suspensi udara, ketinggian kendara turun 10 mm lagi. Ada juga anti-roll bar depan yang lebih kaku, dan pengaturan sasis yang disetel ulang untuk memanfaatkan mesin 58,8kg yang lebih ringan daripada V6 di Macan S. Karena ini dimaksudkan untuk penggemar yang lebih fokus berkendara, Porsche Traction Management juga telah tweak untuk membuat T lebih bias belakang. Hal-hal yang indah.

Yang pertama dikatakan adalah bahwa menghabiskan Β£1.044 lagi untuk suspensi udara tampaknya tidak ada gunanya. Jika Anda mengharapkan Macan dengan pegas baja dan ketinggian pengendaraan yang lebih rendah untuk dikendarai seperti keledai rematik tanpa pelana, itu tidak terjadi. Ini berjalan sangat baik, sebenarnya. Ya, Macan T memiliki jenis kontrol sabuk dan penyangga yang berarti tidak mengikat dirinya sendiri di atas medan on-road yang menantang, tetapi suspensinya cukup canggih sehingga masih dapat menahan duri dari hampir semua gangguan. Itu tidak tersandung benda tajam dan menyerap dampak awal dari gumpalan yang lebih besar, seperti polisi tidur, kemudian mengontrol efek samping dengan luar biasa juga.

Faktanya, ini adalah seni gelap penyetelan suspensi yang terbaik. Ini diatur dengan sangat terampil sehingga Anda dapat menjalankannya di Sport +, yang merupakan mode paling kuat, dan T tetap tidak akan menghancurkan tulang belakang Anda. Bahkan di jalan-jalan di sekitar Chobham, di Surrey, di mana saya menemukan diri saya menjelajah, dan yang saya tahu dari pengalaman bertahun-tahun dapat membuat segalanya terasa sedikit brutal. Jalan-jalan ini lebih kasar daripada cockney bermulut pispot, namun T mengisolasi Anda dari kebisingan suspensi atau butiran permukaan dengan sangat baik. Bahkan tidak ada banyak suara angin, jadi rasanya seperti produk berkualitas.

Lalu ada kontrol tubuh. Itu sangat luar biasa untuk mobil yang hanya seberat dua ton. Terlepas dari massanya, gerakan vertikal diperiksa dengan cukup cemerlang bahkan dalam keadaan terberat sekalipun. Dan lagi, jalan yang sedang kita bicarakan bisa saja dirancang untuk mengungkap kelemahan apa pun. Apa yang Anda temukan adalah bahwa Anda dapat memasuki sudut dengan mengetahui dengan baik bahwa jika ada ketidakrataan di tengahnya, T akan menanganinya dan tidak menyimpang dari jalur. Ini sangat meyakinkan. Terutama ketika Anda menambahkan kemudi khas Porsche, yang berbobot baik dan diarahkan dengan bijaksana. Satu-satunya keluhan di sana adalah bahwa itu juga sama membosankannya dengan Audi Q5 dua generasi yang menjadi dasarnya dalam hal rasa. Tetap saja, ini terasa seperti masalah kecil. Kesan utama adalah SUV yang sangat memuaskan dan menyenangkan untuk mengatasi B-roads dengan tujuh per sepuluh.

Tapi ada perbedaan penting: ‘pada tujuh persepuluh’. Karena jika Anda benar-benar mulai menekan – bersandar pada rem sedikit lebih banyak atau hanya membawa sedikit kecepatan ke tikungan – Macan T mengecewakan. Saya akan menunjukkan sebelum saya terjebak ke dalam mengapa itu, ini adalah hari yang panas. Sekitar 30 derajat, jadi aspal yang terbakar matahari akan jauh lebih panas. Mungkin terlalu panas untuk ban Pirelli P Zero untuk mencengkeram dengan benar, dan mungkin Michelin Latitude Sport 3s, yang saya catat dipasang ke T lain pada pengujian, akan bekerja lebih baik. Saya tidak tahu, karena saya tidak bisa mengendarai mobil itu dan itu bukan pilihan yang bagus. Anda mendapatkan apa yang Anda dapatkan dari apa yang tersedia ketika setiap mobil melewati jalur produksi, rupanya.

Apa yang bisa saya katakan adalah bahwa mobil ini – pada hari tertentu – tidak memiliki grip depan. Itu hanya melayang ke understeer ho-hum pada kecepatan yang sangat rendah. Lalu bagaimana dengan bias belakang itu? Nah, untuk semua penyesuaian pada manajemen traksi dan opsi biaya tambahan dari Porsche Torque Vectoring Plus yang dipasang pada mobil yang saya kendarai, juga tidak ada buktinya. Itu tidak main-main. Sekali, sekali saja, saya merasakan bagian belakang bergerak di bawah tenaga. Dan itu datang dengan kecepatan sangat lambat, keluar dari pertigaan, dan tidak lebih dari kedutan. Sisa waktu Anda hampir tidak bisa merasakan drive dikirim ke belakang di bawah kekuasaan, sehingga jenis oversteer yang tersedia untuk pemilik Macan S sama sekali tidak ada. Sekarang, saya tidak mengatakan ini adalah hal yang penting untuk semua orang, tapi saya pikir itu layak ditunjukkan sebelum ada yang pergi dan memesan T dengan ilusi bahwa itu akan menjadi SUV dengan penanganan terbaik yang pernah ada. Aku takut yang satu ini tidak.

Namun, saya memiliki kecurigaan saya bahwa panas dan ban adalah faktor, karena bahkan pengereman tampaknya tidak memenuhi standar Macan yang biasa. Pedal terasa cukup padat pada kecepatan lambat tetapi menjadi agak lunak dan mati saat ditekan lebih keras, tapi itu masih baik-baik saja. Apa yang tidak, adalah ketika ABS tampaknya memicu secara tak terduga dengan mudah. Aku tidak melakukan pemberhentian darurat, aku janji. Hanya mengerem sedikit lebih keras, konsisten dengan drive yang biasanya bersemangat.

Ini tidak seperti mobil ini menggelegar hingga tikungan setelah mengerahkan tenaganya yang besar. Kecepatan garis lurus sangat memadai, dan T juga sangat dapat dikendarai – kurva torsi EA888 yang selalu datar, seperti biasa, berarti ia naik dan berjalan cukup banyak kapan pun Anda membutuhkannya. Mungkin karena torsinya agak terlalu merata, karena tidak pernah terasa begitu menarik atau sangat cepat dari belakang kemudi. Dan juga tidak terdengar hebat. Yang bisa Anda nikmati hanyalah empat silinder, serak berkerikil di obrolan penuh. Ini sangat menyenangkan tapi, sama-sama, sedikit membosankan. Ada pilihan knalpot sport, tetapi mobil ini tidak memilikinya dan saya akan terkejut jika itu transformatif. Tentu, basa-basi yang membosankan dari keempat knalpot itu akan lebih keras, tetapi adakah yang lebih merdu? Aku meragukan itu.

Jadi begitulah. Porsche Macan T terlihat sangat istimewa, dan nyaman dan halus dan sangat indah untuk dikendarai, sampai titik tertentu. Sekarang, jika itu tidak mengganggu Anda, maka saya rasa Anda akan cukup jengkel dengan mobil standar dan tambahan Β£ 5.000 di rekening bank Anda. Namun jika Anda mencari lebih banyak dari SUV sporty Anda – ingin memanfaatkan legenda Macan yang telah Anda dengar berkali-kali – maka, dari apa yang saya alami, saya pikir Anda akan sedikit kecewa. Jadi, Anda harus membuang Β£1.000 lagi untuk masalah ini. Pilih Macan S yang jauh lebih cepat, terdengar lebih berbuah dan, dari pengalaman terakhir saya, Macan S yang jauh lebih menyenangkan.

Spesifikasi | Porsche Macan T

Mesin: 1.984cc, empat silinder, turbocharged
Penularan: Kopling ganda 7 kecepatan otomatis, penggerak roda belakang
Daya (hp): 265 @ 5.000-6.500rpm
Torsi (lb kaki): 295 @ 1.800-4.500rpm
0-62mph: 6,2 detik
Kecepatan tertinggi: 144mph
Bobot: 1,865kg (DIN)
MPG: 27,7 (WLTP)
CO2: 230g/km (WLTP)
Harga: Β£55.800 (Β£64.766 saat diuji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *